Tips atasi kulit kepala berminyak

Sebum, atau lemak natural yang diciptakan oleh kulit kepala, tercipta lebih banyak sebagai respon akan hormon yang berada dalam tubuh. Produksi sebum yang berlebihan bisa merupakan sesuatu yang permanen terjadi pada tubuh. Biasanya untuk wanita disebabkan oleh problem hormonal. Namun, bisa juga disebabkan karena pemilihan produk dan pola perawatan rambut yang salah. Sebenarnya apa saja tips untuk mengatasi minyak berlebihan pada kulit kepala?

Oke, kali ini aku akan share bagaimana sih tips mengatasi kulit kepala yang berminyak. Simak yuk!

  1. Keramas dengan cara dan shampo yang benar
    Pastikan Anda mencuci rambut Anda secara benar, yang berarti bilas, bilas, bilas. Anda harus membilas rambut Anda minimal 30 detik. Terkadang kulit kepala berminyak sebenarnya diakibatkan shampoo atau conditioner yang tidak terbilas secara benar dan masih tertinggal di kulit kepala. Bilas rambut Anda dengan air bersuhu normal setelah keramas. Jangan keramas pakai air hangat, karena air hangat dapat menstimulasi kelenjar yang dapat menghasilkan sebum, sementara air dingin dapat membantu menghentikannya. Membilas rambut dengan air bersuhu normal juga dapat menutup kutikula dan mengurangi kerusakan rambut Anda.

  2. Jangan sering-sering sentuh rambut
    Terkadang sering menyentuh atau memainkan rambut sehabis keramas bisa memicu rambut dan kulit kepala jadi berminya. Sentuhlah rambut Anda sesedikit mungkin jika Anda memiliki kecenderungan rambut berminyak. Semakin sering Anda memegangnya, menyisirnya, dan bahkan merapikan rambut, semakin banyak pula minyak yang Anda produksi dan membuat penampilan rambut jadi lepek.

  3. Rawat rambut dengan masker alami
    Selain menggunakan shampo anti minyak, coba Anda rawat rambut Anda dengan masker alami. Pasalnya, rambut berminyak mungkin disebabkan dari hasil berbagai produk shampo dan conditioner yang berat dengan bahan kimia. Beberapa bahan kimia juga bisa memicu kulit kepala jadi makin berminyak. Maka, coba gunakan masker rambut alami seperti masker alpukat atau masker lidah buaya, guna mengurangi produksi sebum minyak di kulit kepala.

  4. Apabila ingin hasil yang cepat, pakai dry shampo
    Rambut dan kulit kepala berminyak sebetulnya bisa diatasi depat dengan shampo kering alias dry shampoo. Gunakan dry shampo untuk menyerap minyak di kulit kepala. Aplikasikan atau semprotkan sedikit saja. Tidak hanya menyerap minyak, shampoo kering juga dapat menambah volume dan menyerap aroma dari produksi minyak berlebih rambut Anda.

Sumber: