Tips apa saja yang dibutuhkan oleh programmer pemula?

Pengertian Dasar Program adalah rangkaian instruksi-instruksi dalam bahasa komputer yang disusun secara logika dan sistematis.

Sebagai programer pemula , tentu banyak sekali hal yang perlu diketahui untuk meningkatkan kemampuan dalam programmin. Apalagi jika kita tidak pernah bertemu atau mengenal bahasa pemprograman,maka kita harus belajar dari dasarnya sekali.

Ada beberapa tips yang dibutuhkan oleh programmer pemula :

  1. Tentukan skill apa yang kamu inginkan
    Ketika kita memutuskan untuk menjadi seorang developer, kita harus benar-benar fokus pada satu hal dan menghindari yang umum. Memang tidak ada salahnya jika kita mengetahui banyak bahasa pemrograman, tapi sebaiknya di tahap awal fokuslah pada salah satu bahasa pemrograman yang benar-benar kita sukai.

  2. Pelajari dasar-dasar pemrograman
    Sebagai programmer pemula , janganlah terburu-buru untuk membuat program dengan fitur canggih. Pelajarilah pemprograman dari dasarnya dan bertahap , karena percuma kita buat program tanpa mengetahui apa dasarnya.

  3. ATM ( Amati , Tiru , dan Modifikasi )
    Salah satu cara cepat untuk memahami bahasa pemprograman adalah dengan melihat contoh program yang sudah ada kemudian analisa codenya. Amati , pelajari dan pahami apa yang ada didalam code dan luangkan sedikit waktu untuk mencoba membuatnya sendiri. Dengan cara ini kita lebih mudah untuk mengasah dan memperluas pemahanam kita tentang bahasa pemprograman.

Sumber : http://php.co.id/7-hal-penting-yang-harus-diketahui-programmer-pemula/

Programmer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan dan keahlian dalam membuat, merancang dan menyempurnakan suatu program. Programmer juga dapat diartikan sebagai seseorang yang dapat membuat sesuatu atau sebuah program yang sangat bagus dan teratur. Programmer membuat program di komputer untuk memajukan perkembangan teknologi dan membuat dunia teknologi menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Untuk menjadi programmer tidak diharuskan melalui jalur pendidikan formal. Kebanyakan programmer belajar secara otodidak sehingga semua orang juga dapat menjadi seorang programmer. Berikut adalah tips apa saja yang dibutuhkan para pemula dalam mempelajari pemrograman dasar:

1. Cari Sample Project, Code yang Sederhana

Pertama, mencari sampel atau contoh beberapa project atau kode yang sederhana. Banyak situs web yang menyediakan berbagai project gratis. Sebab itu, Anda harus pastikan untuk melihat, mencoba dan memahami setiap kode yang ada. Coba pahami apa fungsi dari kode-kode yang ada itu. Dari sanalah awal-mula kita membuka pemikiran terhadap bahasa pemrograman.

2. Jangan hanya membaca dan menjalankan contoh program saja

Terkadang ketika kita sudah mendapatkan sebuah contoh kode pemrograman, kita sering beranggapan bahwa kita sudah tahu akan program tersebut dan jalannya akan bagaimana. Jangan salah, kemungkinan itu hanya kemauan kita untuk memanfaatkan contoh project itu tanpa memahami setiap baris kodenya. Oleh sebab itu, coba ketik ulang dan pahami setiap baris dan prioritaskan bagian yang diperlukan saja.

Mungkin memerlukan waktu yang cukup lama untuk memahami suatu contoh project. Tak jarang, pemula harus dihadapkan dengan permasalahan yang cukup sederhana dalam suatu contoh project. Salah satu contoh kasus adalah kamu mendapatkan pesan error. Di sinilah Anda diberikan cobaan yang cukup membingungkan untuk memecahkan masalah tersebut. Cari-cari di internet sampai ketemu sampai akhirnya permasalahan itupun terpecahkan dan pemahaman pun akan semakin meluas.

3. Luangkan waktu untuk belajar menulis kode buatan sendiri

Luangkanlah waktu untuk menulis kode buatan Anda sendiri. Setelah memahami sesuatu tentang bahasa pemrograman atau bahkan jika kamu masih kebingungan ide apa yang harus dituangkan, balik lagi ke nomor dua. Lihat, Baca dan Pahami. Pada bagian ini kamu akan dihadapkan dengan beberapa tantangan. Hal ini tentu akan mengasah dan memperluas pemahaman kita terhadap bahasa pemrograman.

4. Lihat Kesalahan-kesalahan yang diberikan oleh Debugger

Biasanya di sebuah IDE terdapat sebuah panel “Error List” yang menampilkan beberapa kesalahan-kesalahan pada project yang sedang Anda buat. Disana Anda akan mengetahui tentang masalah-masalah apa saja yang harus diselesaikan. Hal itu akan menjadi tantangan yang diberikan oleh sistem pemrograman. Untuk memecahkan masalah-masalah tersebut, Anda dapat mencari referensinya dari internet melalui keyword sesuai dengan pesan kesalahannya.

5. Cari Sumber-sumber yang membahas permasalahan kode

Apabila ada masalah yang tidak dapat dipecahkan atau tidak dipahami, kunjungilah forum-forum para programmer yang banyak dijumpai di internet atau media sosial yang Anda miliki.

Referensi:

Di zaman sekarang pemrograman menjadi hal yang disukai oleh banyak orang khususnya anak muda. Alasan yang paling banyak adalah “karena suka bermain game dan ingin membuat game sendiri”. Mulai banyak institusi dan blogger yang menawarkan pelatihan menjadi programmer dengan cara yang mudah dan efisien. Namun apakah itu sudah cukup menjadi seorang programmer?
Berikut hal yang dibutuhkan oleh seorang programmer pemula :

1. Penasaran dan tidak gampang menyerah
Pada dasarnya programmer akan selalu dihadapkan pada persoalan yang kompleks untuk menyelesaikan bahasa pemrogramman untuk menghasilkan output maksimal. Demikian kompleksnya persoalan yang harus dipecahkan menuntut konsistensi kita untuk tidak putus asa dan selalu ingin tahu.

2. Rajin, Tekun dan Ulet
Belajar bahasa pemrograman tidaklah mudah karena begitu banyak macam bahasa pemrograman yang perlu dikuasi belum lagi dihadapkan pada kasus kasus tertentu yang mengharuskan seorang programmer memeras otak menciptakan suatu aplikasi terbaru dan lain daripada yang lain. Bahasa pemrograman tersebut antara lain HTML, PHP, Java, Python, ASP, C++ dan masih banyak lagi.

3. Mencintai Pemrograman
Jika sudah cinta sesuatu atau seseorang, apapun pasti akan kita lakukan, bukan? Nah, sama halnya dengan menjadi programmer, kalau sudah cinta kita akan sukarela dan tidak merasa terpaksa mempelajari kerumitan yang ada pada bahasa pemrograman.

1. Pilih bahasa pemrograman yang dikuasai. Seperti misalnya pemrograman desktop seperti java, c++, c, dan masih banyak lagi. Selain itu bisa juga bahasa pemrograman web seperti php dan yang lainnya. Namun bagi pemula disarankan untuk belajar coding bahasa pemrograman java.

2. Sering-seringlah berlatih mengutak-atik coding. Dengan kata lain coding-coding tersebut akan diketahui dengan mudah dan juga akan terbiasa dengan yang namanya coding.

3. Kesalahan atau error adalah hal yang wajar ketika belajar. Tentu siapapun orangnya pernah mengalami yang namanya salah dan mengakibatkan error.

4. Untuk bisa menguasai coding bisa dengan mencari buku atau tutorial yang bisa anda dapatkan baik melalui buku, internet, atau sumber-sumber belajar lainnya.

5. Luangkan untuk berlatih coding. Dengan terbiasa melakukan hal tersebut, maka lama-lama anda dengan mudah akan mampu melakukan coding.

6. Supaya lebih efektif lagi, anda bisa bergabung di forum-forum programing yang bisa anda dapatkan ilmu-ilmu gratis yang dishare para master coding.

Ada beberapa kunci agar kita sukses menjadi programmer dimulai dari pemula :

1. Kuasai bahasa Inggris, paling tidak bisa membaca dokumen, kalau masih belum bisa belajar secara bertahap, gunakan kamus online, gunakan translate online seperti google translate, semua gratis dan dengan mudah anda dapatkan di internet.

2. Pelajari Materi Pokok, atau mata kuliah pokok yaitu Belajar coding, mulai dari logika sederhana yaitu menampilkan kata “Hello Word”, baik untuk program dekstop mauapun untuk web programming.

3. Mulai lebih banyak melakukan praktek, jangan hanya mempelajari teorinya saja.

4. Pelajari sesuai target, kalau ingin buat website terprogram kuasai saja PHP. di internet materi ini tersedia melimpah ruah. Buat program sederhana dulu, dan semua ada contoh, ikuti dan coba praktekkan.

5. Pelajari dan kuasai Database

6. Pelajari dan Kuasai jaringan Komputer dan Internet.

7. Pelajari dan Kuasai Desain seperti photoshop.

8. Diperlukan ketekunan dan kesabaran dalam mempelajari pemrograman. Untuk mengusai minimal satu bidang dibutuhkan minimal 1 tahun, dan master 4 tahun, dan jika kita serius maka semakin lama semakin mantap, dan semakin banyak orang yang menawari anda.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk belajar programming.

1. Mengenal bahasa pemrograman

Ada sekitar 700 bahasa pemrograman yang tersedia di seluruh dunia, tapi kamu tidak perlu mempelajari semuanya. Beberapa bahasa pemrograman yang paling populer dan bisa dijadikan acuan adalah C, C++, Java, dan Python.

C++ memiliki keunggulan bagi pemula. Bahasa pemrograman ini tidak sulit, tapi juga tidak terlalu sederhana. C++ juga cukup cepat dan dilengkapi dukungan pustaka yang memadai. Keunggulan inilah yang menjadikan C++ sesuai bagi pengembang aplikasi, game , dan pengguna data.

2. Menekuni dasar-dasarnya

Kesalahan yang paling sering dilakukan saat belajar programming adalah melewati materi dasar dan langsung beralih ke materi yang lebih sulit. Ini merupakan langkah yang salah, sebab kamu akan kesulitan di tengah pembelajaran dan harus menghabiskan waktu ekstra untuk meninjau kembali materi dasar.

Tekuni terlebih dulu pengenalan dan dasar-dasar setiap bahasa pemrograman yang kamu pelajari. Pahami istilah-istilah seperti syntax , tipe data, loops , arrays , dan variabel. Ikuti pula tutorial yang ada hingga kamu benar-benar menguasainya.

3. Belajar sekaligus praktik

Cara terbaik untuk belajar programming adalah dengan mengikuti prinsip learning by doing . Sambil mempelajari suatu materi, cobalah menerapkannya secara langsung agar kamu memiliki pemahaman yang lebih dalam.

Caranya, buatlah sebuah proyek bebas begitu kamu mulai belajar. Praktikkan setiap materi yang kamu pelajari dalam proyek tersebut. Ikuti langkah demi langkah hingga berhasil sebelum kamu beralih ke materi selanjutnya.

4. Menulis kode dengan tangan

Walaupun proses coding dilakukan dengan komputer, berlatih menulis kode dengan tangan ternyata sangat disarankan. Menulis berbeda dengan menggunakan komputer, sebab kamu tidak bisa memeriksa di tengah penulisan apakah kode yang ditulis sudah benar.

Kamu dapat menggunakan media berupa kertas, papan tulis, atau apa pun yang kamu kehendaki. Berlatih secara rutin menggunakan cara ini bermanfaat untuk meningkatkan kecermatan dan ketelitian kamu dalam menyusun kode.

5. Manfaatkan sumber pembelajaran online

Saat ini, materi terkait programming dapat diakses dengan mudah melalui berbagai sumber yang terdapat di internet. Sumber pembelajaran tersebut amat beragam, tapi kamu bisa menyesuaikannya berdasarkan preferensi pribadi maupun rekomendasi dari komunitas programming .

Selain situs spesifik seperti Hackr.io, materi mengenai programming juga bisa diperoleh dari blog, video pada YouTube, maupun forum-forum online . Sesuaikan materi yang kamu pelajari dengan kemampuanmu saat ini. Lalu, mulailah mengembangkannya sedikit demi sedikit.

6. Belajar dari bugs

Bugs adalah kecacatan dan kesalahan dalam sistem maupun program komputer yang menyebabkan kegagalan pada hasil akhir programming . Tidak hanya mengatasi, kamu juga perlu menguasai kemampuan mendeteksi bugs agar kesalahan yang sama tidak terulang.

Ada belasan debugger yang dapat kamu gunakan untuk menangani masalah ini. Menentukan jenis debugger yang paling sesuai memang memakan waktu, tapi kinerjamu akan menjadi lebih efektif begitu kamu terbiasa mengatasi masalah ini.

Agar upayamu dalam belajar programming semakin efektif, teruslah berlatih dengan merancang proyek-proyek baru. Pelajari juga sumber-sumber relevan yang tersedia secara online maupun offline .

Jangan takut terhadap kegagalan maupun kesalahan yang mungkin muncul saat eksekusi program. Hal ini justru membantu mengasah kemampuanmu dalam programming serta mengentaskan masalah yang terdapat di dalamnya.

Referensi

https://www.ekrut.com/media/belajar-programming
https://www.codingdojo.com/blog/7-tips-learn-programming-faster
https://hackr.io/blog/how-to-learn-programming
https://simpleprogrammer.com/critical-programming-tips/