Tingkat Pengangguran Terdidik Semakin Tinggi, Apakah Kuliah Masih Dibutuhkan?

Indonesia memiliki angkatan kerja yang semakin meningkat setiap tahun, sayangnya pertumbuhan jumlah angkatan kerja tidak diiringi dengan pertumbuhan lapangan kerja. Hal tersebut kemudian menyebabkan jumlah pengangguran di Indonesia semakin meningkat.

Pengangguran seakan-akan telah menjadi polemik berkepanjangan yang tak pernah usai di negara berkembang seperti Indonesia. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, berikut ini jumlah pengangguran terbuka menurut tingkat pendidikan di tahun 2019-2020.

Dari tabel diatas dapat disimpulkan bahwa jumlah pengangguran terdidik atau pengangguran dengan tingkatan pendidikan SMA sederajat, Diploma dan Strata sangat tinggi jika dibandingkan dengan pengangguran non terdidik.

Hal tersebut kemudian menimbulkan stigma keraguan di masyarakat untuk meneruskan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi, mereka ragu karena menganggap saat ini banyak lulusan sarjana yang tidak bekerja padahal telah menghabiskan biaya yang tak sedikit.

Menurut Youidic sekalian, bagaimana respon terhadap stigma tersebut? Apakah kalian setuju atau tidak dan bagaimana solusinya?

Summary

Jurnal Fahreza Ferdian. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengangguran terdidik tahun 2018”

Badan Pusat Statistik