© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Tindakan apa yang dilakukan untuk menyelamatkan diri dari macan, singa atau harimau di alam bebas?

menyelamatkan dari hewan buas
Terkadang alam bebas tidak dapat diprediksi. Tindakan apa yang dilakukan untuk menyelamatkan diri dari macan, singa atau harimau di alam bebas ?

1. Cobalah tetap tenang dan berjalanlah mundur dengan perlahan. Apabila harimau mengikuti Anda atau mulai menggeram dan terlihat siap menyerang, usahakan untuk tetap tenang. Jangan menatap mata harimau, tetapi arahkan ke tubuhnya. Berjalanlah ke belakang dengan perlahan dan tahan keinginan Anda untuk membalikkan tubuh dan berlari.
Terus berjalan mundur hingga harimau menghilang dari pandangan, kemudian berbalik dan bergeraklah secepat mungkin untuk menjauh dari lokasi tersebut.

2. Buatlah tubuh Anda menjadi besar. Usahakan untuk membuat diri Anda terlihat dan merasa berani. Apa pun yang Anda lakukan, jangan lari. Lari dari hadapan harimau malah akan membuatnya menyerang Anda. Harimau yang sedang ragu-ragu akan langsung menyerang apabila Anda lari. Sambil berjalan mundur dengan perlahan, berdirilah setinggi mungkin.[2]
Berdirilah dengan tegak untuk menghilangkan kesan bahwa Anda adalah mangsa yang tidak berdaya.
Anda akan terlihat lebih lemah dan kecil jika berjongkok, dan ini bisa meningkatkan kemungkinan harimau akan menyerang.

3. Usir harimau yang menyerang dengan suara. Bahkan suara yang biasa saja dapat menakut-nakuti harimau apabila hewan tersebut tidak terbiasa dengan suara itu. Buatlah suara yang bising dengan benda apa pun yang Anda miliki, terutama apabila tindakan ini bisa menghasilkan suara yang keras atau tidak wajar.[3]
Apabila Anda mempunyai senjata api, tembakkan senjata tersebut ke udara.
Apabila Anda memiliki pistol suar (signal flare), nyalakan suarnya dan peganglah di depan tubuh Anda.
Gemerincingkan atau guncangkan benda-benda yang terbuat dari logam atau kaca.
Apabila Anda mencoba untuk berteriak ke arah harimau, lakukan tindakan ini dengan penuh keyakinan. Apabila suara Anda terlihat gugup, ini bisa mendorong harimau untuk menyerang.

4. Lakukan segala hal untuk bertahan hidup. Apabila harimau mulai menyerang secara fisik, hewan ini cenderung tidak akan berhenti. Terus buatlah kebisingan seramai mungkin, dan gunakan apa pun yang Anda miliki untuk melindungi diri dan lakukan serangan balik untuk membela diri. Jangan berpura-pura mati; apabila harimau menyerang karena memang ingin memakan Anda, hewan ini akan terus menyerang. Ingatlah bahwa peluang terbaik bagi Anda untuk bertahan hidup adalah dengan membuat harimau pergi dari tempat tersebut. Ini mengharuskan Anda untuk menakut-nakuti atau melukai harimau tersebut.[4]
Apabila Anda beruntung dapat selamat dari serangan harimau, usahakan untuk menghentikan pendarahan dan carilah bantuan medis secepat mungkin.