Tidak Ada Keberhasilan Tanpa Kegagalan

Dictio

Saat ini hampir semua orang sepakat bahwa frasa kegagalan merupakan salah satu ungkapan yang memiliki makna dan dampak negatif bagi kehidupan seseorang. Orang yang gagal bahkan diidentikkan dengan kelemahan dan ketidakmampuan diri dalam suatu hal atau bidang tertentu.

Inilah letak kesalahan sistem berpikir manusia yang terlalu canggih. Kita terlalu mendambakan kesuksesan sehingga kita lupa bahwa dalam setiap kesuksesan ada pelbagai kegagalan yang harus diterima dan dipelajari. Kita membuat suatu tembok pemisah yang besar antara kegagalan dan kesuksesan. Padahal keduanya adalah realitas yang tak terpisahkan.

Konon dikisahkan bahwa Thomas A. Edison (penemu bola lampu) gagal 1.000 kali dalam eksperimennya sebelum berhasil menemukan bola lampu. Bilangan 1.000 bukanlah angka yang kecil dalam suatu eksperimen. Namun berbeda dengan mentalitas masyarakat zaman ini, Thomas A. Edison tidak melihat 1.000 kali percobaan sebelumnya sebagai kegagalan.

Justru 1.000 kegagalan dalam eksperimen sebelumnya merupakan keberhasilannya dalam menemukan 1.000 cara yang tidak boleh ditempunya lagi dalam percobaan selanjutnya. Ia mengetahui bahwa ada 1.000 cara yang tidak dapat digunakan untuk membuat bola lampu. Untuk itu tidak ada satupun kegagalan dalam eksperimen Thomas A. Edison. Ia melihat 1.000 percobaan yang pernah dilakukakannya sebagai keberhasilan-keberhasilan kecil yang akan mengantarkannya pada suatu keberhasilan yang lebih besar.

3 Likes

Ada istilah yang mengatakan demikian “seseorang hanya dapat menikmati bagaimana rasanya kenyang apabila ia sudah pernah merasakan rasa lapar” . Kiranya filosofi ini juga berlaku bagi mereka yang mendambakan kesuksesan. Untuk dapat menikmati indahnya kesusksesan, kita harus mencicipi pahitnya kegagalan. Tidak ada kesuksesan tanpa kegagalan. Keberhasilan hanyalah setitik emas yang terletak di puncak gunung kegagalan.

Maka jika ingin kesuksesan menghampiri hidup kita, carilah kegagalan sebanyak-banyaknya. Ada baiknya bila kita merayakan kesuksesan namun lebih penting lagi bila kita mengambil pelajaran dari kegagalan karena dari sanalah akan datang pelbagai kesuksesan berikutnya.

2 Likes

Sedikit tambahan, kegagalan ini adalah pelajaran yang tidak kita lihat. Sejatinya kalau bahwasanya seorang takut gagal dan tidak mau mencoba, ya dia tidak akan pernah tau karena dia tidak akan pernah belajar. Belajar dari kegagalan.

referensi
‘Tika Kalah Kenapa Kita Resah?

1 Like

Istilahnya keren nan unik. Hanya dengan melewati rasa pahit lalu kita bisa mencicipi rasa manis. Adalagi istilah serupa lainnya:

Berakit-rakit kehulu berenang-renang ketepian,
Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudain

atau

Sehabis gelap terbitlah terang

Ini sama-sama memaparkan bagaimana ada keberhasilan setelah kegagalan.
Mungkin itu saja dari saya, semoga ini jadi manfaat bagi pembaca silahkan berdiskusi
sekian terima kasih!

1 Like