The World Press Photo Foundation

Salah satu referensi terbaik untuk contoh foto jurnalistik adalah World Press Photo Awards. Ajang bergensi tersebut diselenggarakan setiap tahun.

Ketika kita berbicara tentang photojournalism, selalu ada konotasi penderitaan manusia atau perang. Tetapi photojournalism lebih dari sekadar mendokumentasikan area krisis atau memproduksi seri yang menggambarkan sisi negatif kehidupan.

Berikut 11 kategori yang terdapat di World Press Photo Award pada tahun 2018.

1. Isu Kontemporer
Gambar tunggal (CI) atau cerita (CIS) yang mendokumentasikan masalah budaya, politik atau sosial yang memengaruhi individu atau masyarakat.

2. Lingkungan Hidup
Gambar tunggal (EN) atau cerita (ENS) yang mendokumentasikan dampak manusia, positif atau negatif, terhadap lingkungan.

3. Berita Umum
Gambar tunggal (GN) atau cerita (GNS) yang melaporkan topik berita dan akibatnya.

4. Proyek Jangka Panjang
Sebuah proyek dengan satu tema yang telah dipotret setidaknya selama tiga tahun berbeda.

5. Alam
Gambar tunggal (NA) atau cerita (NAS) menunjukkan flora, fauna, dan lanskap dalam keadaan alami mereka.

6. Orang-orang
Gambar tunggal (PO) atau cerita (POS) individu atau kelompok baik dalam potret yang diamati atau dipotret.

7. Olah raga
Gambar tunggal (SP) atau cerita (SPS) yang menangkap olahraga individu atau tim.

8. Berita Spot
Gambar tunggal (SN) atau cerita (SNS) menyaksikan momen berita atau peristiwa langsung.


Berikut adalah hasil dari photojournalism :

Oleh Kevin Frayer

Photojournalism ini terlihat seperti film tetapi menunjukkan orang-orang nyata di depan pembangkit listrik tenaga batubara.

Oleh Vadim Ghirda

Pada bulan Maret 2016, krisis berada pada titik terburuknya. Di sini, para pengungsi mencoba meninggalkan kamp pengungsi Yunani yang penuh sesak untuk mencapai Makedonia.

Oleh Cameron Spencer

Gael Monfils dari Prancis menyelam untuk melakukan forehand, selama pertandingan putaran keempat melawan Andrey Kuznetsov dari Rusia, dalam kejuaraan tenis Australia Terbuka 2016 di Melbourne Park, Melbourne, Australia.

Oleh Amber Bracken

Seorang pengunjuk rasa dirawat setelah disemprot dengan semprotan merica di blokade polisi di Highway 1806.

Dakota Access Pipeline (DAPL) adalah proyek pipa minyak bawah tanah sepanjang 1.886 kilometer yang dirancang untuk mengangkut minyak dari North Dakota ke terminal pengiriman di Illinois, AS. Pada 2016, sebagian besar pipa sudah selesai, tetapi bagian yang paling dekat dengan reservasi Standing Rock Sioux masih menunggu persetujuan federal.

Oleh Tomas Munita

Toko tukang cukur di Old Havana.
Fidel Castro, mantan presiden dan pemimpin revolusi Komunis Kuba, wafat pada 26 November. Duka berkobar dan publik di seluruh negeri. Periode berkabung berlangsung sembilan hari, setelah abu Castro diambil pada rute yang mundur, secara terbalik, langkah-langkah pawai kemenangannya dari Santiago ke Havana pada tahun 1959. Ribuan orang ternyata menyaksikan prosesi itu berlalu. Castro meninggalkan Kuba dengan sistem pendidikan dan perawatan kesehatan yang sangat dikagumi, tetapi di mana embargo ekonomi AS yang lama telah menyebabkan kekurangan pasokan dasar dan kerusakan yang meluas.

Oleh Paula Bronstein

Najiba menggendong keponakannya Shabir (2), yang terluka dalam ledakan bom yang menewaskan saudara perempuannya, di Kabul, Afghanistan, pada bulan Maret. Bom meledak di bagian yang relatif damai di Kabul sementara ibu Shabir mengantar anak-anak ke sekolah.

Oleh Daniel Etter

Pengungsi Nigeria menangis di pusat penahanan yang menampung ratusan wanita di Surman, Libya. Pengungsi di tempat itu menghadapi pengawasan yang tidak terbatas. Banyak yang melaporkan kekerasan seksual dan fisik, dan kekurangan makanan dan air. Sebagian besar mencoba ke Eropa dengan diselundupkan ke Laut Mediterania.

Oleh Noel Celis

Para tahanan tidur di tangga di dalam Penjara Kota Quezon, pada malam hari di Manila, Filipina. Penjara dibangun pada tahun 1953 untuk menampung 800 orang, meskipun PBB mengatakan tidak boleh menampung lebih dari 278 orang. Pada bulan Agustus, Time melaporkan bahwa ada sekitar 3.800 narapidana di Quezon.

Oleh Ami Vitale

Ye Ye, panda raksasa berusia 16 tahun, terletak di kandang pelatihan di cadangan Wolong, Sichuan, Cina. Anaknya, Hua Yan dilepaskan ke alam liar setelah tiga tahun pelatihan.

Oleh Brent Stirton

Seekor badak hitam, ditemukan tewas di Hluhluwe Umfolozi Game Reserve, Afrika Selatan. Diperkirakan para pembunuh itu berasal dari komunitas lokal sekitar lima kilometer jauhnya, memasuki taman secara ilegal, menembak badak di lubang air dengan senapan berburu berkekuatan tinggi yang dibungkam.

Oleh Tom Jenkins

Joki Nina Carberry menerbangkan kudanya, Sir Des Champs (kiri) ketika mereka jatuh di pagar Kursi selama Grand National steeplechase, di Aintree Racecourse, Liverpool, Inggris. Seekor kuda kedua, On His Own (kanan) juga jatuh di pagar, beberapa saat sebelum Sir Des Champs berusaha untuk melompat. Tak satu pun dari kuda atau joki yang terluka.

Foto jurnalistik tidak hanya menampilkan sebuah gambar saja, tetapi mengandung unsur berita didalamnya. Nah, bagaimana menurutmu karya foto jurnalistik diatas?

Menurut saya, foto-foto diatas memberikan sebuah gambaran yang jelas tentang sebuah kejadian yang terjadi, mampu menjawab pertanyaan “How, Why, What” dalam unsur berita.

Ayo berikan pendapatmu juga :grin:

Sumber

https://streetbounty.com/photojournalism-examples/