TH Tung dan Ted HSU - Pendiri ASUS


(Firly Wahyudi) #1

Sekarang ini kita udah ada di zaman dimana hampir apapun yang kita lakuin, tidak akan jauh dari peran teknologi. Bahkan saya pun menulis cerita ini menggunakan laptop, temen - temen disini juga pasti kalau melihat cerita ini menggunakan pc atau handphone, tablet dan lain lain.

TH Tung dan Ted HSU, mereka adalah 2 dari 5 nama penting dalam sejarah berdiri nya asus. memang nama - nama tersebut masih sangat asing di telinga kita, bahkan saya sendiri saat mencari info tentang sejarah asus, nama tersebut benar - benar baru saat itu saya dengar. namun walaupun tidak terlalu terkenal dibandingkan Steve Jobs dengan Apple nya, atau Bill Gates dengan microsoft nya, produk asus sama sekali tidak bisa diremehkan. bahkan bisa dibilang produk hardware asus lebih dapat ditemui dimana mana. Mulai dari komponen pc seperti motherboard, kartu grafis, kemudian laptop dan pc, dan saat ini asus telah merambah ke dunia smartphone android dengan berbagai jajaran tablet dan handphone.

TH Tung dan Ted HSU mendirikan Asus pada tahun 1980 di Taipei, Taiwan. pada saat itu, mereka bekerja di perusahaan milik Acer di divisi hardware engineering. Nama Asus sendiri diambil dari 4 huruf terakhir dari kata “Pegasus”, yaitu sejenis kuda bersayap dalam mitos Yunani. Pegasus melambangkan Spirit, Strength, Purify. dan itulah yang menjadi pedoman mereka dalam mendirikan perusahaan ini.

Pada awal - awal sejarah asus, mereka hanya berbasis di sebuah apartmen kecil di taipei. kemudian pada akhir tahun 1980an, mereka berhasil memenuhi pesanan motherboard dari Intel sebanyak 480 unit. hebatnya, saat ini asus adalah produsen motherboard yang memiliki market share terbanyak diseluruh dunia, yaitu sekitar 40%. jadi, jika disederhanakan, di setiap 10 motherboard yang ada di dunia, 4 diantaranya adalah ciptaan dari perusahaan ini. pada tahun 2008, sekitar 24 juta motherboard berhasil terjual.

Dalam opini saya, salah satu kesuksesan asus adalah keberanian mereka merambah semua bidang yang terkait dengan teknologi. yang pada awalnya hanya memproduksi motherboard, saat ini asus memiliki berbagai produk di tiap - tiap jenis teknologi yang ada saat ini. Faktor lainnya adalah mereka berani bersaing dengan harga yang berkompetisi tanpa mengurangi kualitas dari produk yang mereka ciptakan.

Terimakasih untuk teman - teman yang sudah membaca tulisan saya ini, mohon maaf jika ada kesalahan. jangan sungkan untuk memberikan masukan kepada saya di kolom komentar :wink:

Sekian…