Tempat wisata apa saja yang ada di Jakarta Timur?

jakarta

Jakarta merupakan salah satu kota terpadat di Indonesia dengan aktivitas penduduknya yang sibuk. Apalagi di kawasan Jakarta Timur yang disebut-sebut sebagai kota administrasi Jakarta terpadat tahun 2010. Total penduduknya mencapai lebih dari 2,6 juta jiwa yang menempati lahan seluas 188 km2. Namun, Jakarta Timur bukan melulu soal kepadatan penduduk. Pesona wisata di wilayah ini rupanya tidak kalah menarik untuk dikunjungi, apa sajakah itu?

Destinasi wisata yang hanya ada di Jakarta Timur:

  1. Taman Mini Indonesia Indah
    Ketika berkunjung ke Jakarta Timur rasanya kurang afdal jika belum mampir ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). TMII menyajikan miniatur berbagai budaya dari 26 provinsi Indonesia yang ditampilkan dalam anjungan daerah. Anda juga bisa melihat bentuk muka bumi Indonesia berukuran mini yang terhampar di tengah sebuah danau. Objek wisata yang berlokasi di Ceger, Cipayung, Jakarta Timur ini terbilang cukup mudah dijangkau.

  2. Taman Anggrek Indonesia Permai
    Wisata Agro Taman Anggrek Indonesia Permai bisa dibilang surganya para penggemar anggrek dari penjuru dunia. Wisatawan bukan hanya bisa menikmati indahnya bunga anggrek yang bermekaran, tapi juga belajar tentang bagaimana membudidayakannya dengan benar. Bunga anggrek yang mendominasi di Taman Anggrek Indonesia Permai ini adalah spesies anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis). Anggrek ini bukan hanya cantik, tetapi juga memiliki nilai historis karena merupakan spesies asli Indonesia. Pemerintah Orde Baru pun telah menetapkan anggrek bulan sebagai Puspa Pesona, yaitu bunga lambang nasional Negara Indonesia.

  3. Among Skyworld
    Dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 20.000 meter persegi, Among Skyworld menawarkan berbagai keseruan dan pengalaman berkunjung ke luar angkasa. Di Among Skyworld ini, Anda bisa menikmati berbagai wahana bermain sekaligus belajar tentang astronomi, dengan berkunjung ke beberapa spot yang disediakan.

  4. Pura Aditya Jaya Rawamangun
    Pura Hindu ini berlokasi di daerah Rawamangun, Jakarta Timur. Sebelum menjadi sebuah komplek wisata religi yang cantik seperti sekarang, pura ini telah mengalami proses pembangunan hingga tujuh tahapan. Wilayah Pura Aditya Jawa Rawamangun cukup luas. Di dalamnya terdapat berbagai bangunan dengan ornamen khas Bali. Kalau Anda merasa kepanasan di tengah teriknya kota Jakarta, wana wisata ini dijamin akan menjadi lokasi yang tepat untuk berteduh. Suasana sejuk dan rindang tersaji oleh pohon-pohon besar di sekeliling kompleks.

  5. Kelenteng Kong Miao
    Wisata religi berikutnya yang patut Anda kunjungi di wilayah Jakarta Timur adalah Kelenteng Kong Miao, yang merupakan rumah peribadatan bagi Agama Konghucu. Klenteng Kong Miao terdiri atas tiga bangunan inti, yakni Tian Tan (Altar Suci), Da Cheng Dian (Kelenteng Nabi Agung) dan Qi Fu Dian (Kelenteng keberkahan). Tidak kalah menarik lagi, bangunan tersebut juga dilengkapi ornamen pendukung, antara lain: Xiang Lu (Hio Lo) atau tempat pembakaran hio, Pintu Gerbang sepasang Singa, Naga, Kilin, Patung 12 Shio, dan Kura-kura Kepala Naga yang terdapat di halaman.

Sumber:
https://www.traveloka.com/activities/indonesia/city/east-jakarta-102814