Tempat Tinggal Tebing Indah di Mesa Verde, Colorado

Mesa Verde, yang dalam bahasa Spanyol berarti meja hijau, adalah daerah yang menempati bagian dari Dataran Tinggi Colorado, di Colorado barat. Tempat ini terkenal karena banyak situs arkeologinya, termasuk 600 tebing tempat tinggal. Pada tanggal 29 Juni 1906, Presiden Theodore Roosevelt menciptakan Taman Nasional Mesa Verde untuk membantu melindungi ini dan sekitar 5.000 situs arkeologi lainnya yang ditemukan di sana.



Ancestral Puebloans lived on the Mesa Verde from about 550 to 1300, long before Europeans explored North America. For nearly 600 years, they and their descendants flourished in this area, primarily living on the mesa tops.



Mereka terampil bertani tanpa irigasi, juga disebut pertanian lahan kering. Mereka berhasil menggunakan metode ini untuk menanam jagung, yang mulai mereka tanam di 450. Anehnya, baru pada akhir tahun 1190-an mereka mulai membangun dan tinggal di rumah tebing yang sangat populer saat ini.



Biasanya, Puebloans membangun struktur ini dekat mata air dan di ceruk yang terjadi secara alami di tebing. Ini memberi mereka perlindungan dari unsur-unsur serta dari penyusup. Bangunan-bangunannya berkisar dari unit penyimpanan satu kamar ke desa-desa yang memiliki lebih dari 150 kamar.



The Ancestral Puebloans menggunakan plaster warna-warni di bagian dalam dan luar dinding mereka untuk mencerahkan mereka. Beberapa menggunakan kuas atau jari mereka untuk melukis desain. Mereka adalah pedagang dan juga seniman. Bukti perdagangan dengan suku-suku lain termasuk penemuan artefak seperti pirus dari New Mexico, lonceng tembaga dari Meksiko dan cangkang dari Teluk California.



Selain di Colorado, ada juga nih tempat yang mungkin dulunya dijadikan tempat tinggal dengan . berlokasi di tebing bukit. Tempat ini adalah Guyaju . Kadang-kadang disebut labirin terbesar Cina, Guyaju adalah rumah gua kuno yang terletak sekitar 92 kilometer (57 mil) dari Beijing. Tidak ada catatan yang akurat tentang itu, jadi tidak ada yang tahu asal muasalnya. Rumah itu dipahat dari tebing terjal yang menghadap Kota Zhangshanying. Kompleks rumah yang menarik memiliki lebih dari 110 kamar batu, dan merupakan tempat tinggal gua terbesar yang pernah ditemukan di Cina.


image


image


image


Keren banget ya?