Teknologi informasi apa yang digunakan untuk dunia perkuliahan?

dalam pembelajaran saat ini tidak melulu menggunakan buku cetak sebagai referensi belajar, tetapi bisa menggunakan internet sebagai bagian dalam belajar

Pemanfaatan teknologi untuk dunia perkuliahan tentu mencakup hal yang luas. Banyak sekali teknologi yang sudah membantu di dunia perkuliahan. Dari segi kehidupan sehari-hari, mayoritas anak kos menggunakan aplikasi Google Maps yang digunakan untuk navigasi jalan di kota baru mereka tinggal. Aplikasi ini tentu menjadi pemanfaatan teknologi yang berpengaruh besar dibanding zaman dahulu yang harus bertanya jalan pada orang lokal untuk mencari tempat. Ada juga aplikasi pencari kos yang digunakan untuk mencari kos didaerah tertentu tetapi masih jarang digunakan. Dan yang sekarang lagi marak yaitu aplikasi dari perusahaan penyedia jasa, GO-Jek. Gojek benar-benar memanfaatkan teknologi informasi dengan baik. Mereka menghubungkan pengendara ojek dengan penumpang dengan satu aplikasi. Aplikasi ini sangat sering digunakan anak kos untuk bepergian ke suatu tempat atau memesan makanan dengan salah satu fitur mereka, GO-Food. Pemanfaatan lain ada di E-banking yang biasa digunakan untuk kebutuhan seperti membeli pulsa, atau membeli baarang-barang di situs online.

Untuk pemanfaatan untuk dunia perkuliahan di kampus, di ranah Filkom sudah ada fitur untuk menyaring pengguna wifi dengan cara login menggunakan NIM. Jadi untuk mahasiswa non UB tidak bisa mengkakses internet, begitu juga dengan pembuatan Web filkom yang sangat membantu dalam mengetahui profil tentang Filkom. Ada juga SIAM yang berfungsi sebagai alat untuk dunia perkuliahan mahasiswa. Mengatur KRS cukup melalui internet dan mudah diakses oleh semua mahasiswa.

APLIKASI - APLIKASI YANG MEMUDAHKAN MAHASISWA PERKULIAHAN

  • Aplikasi - Aplikasi Microsoft Office
    Aplikasi mulai dari Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, dan aplikasi Microsoft Office lainnya sangat memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan tugasnya. Aplikasi serupa seperti WPS Office yang bisa diunduh di Smartphone juga dibutuhkan apabila ingin membaca atau bekerja sambil bergerak.

  • Alarm, Clock, dan Aplikasi Manajemen Waktu Lainnya
    Mahasiswa sering sekali menghadapi masalah yang bernama keterlambatan, entah itu keterlambatan pengumpulan tugas, keterlambatan kehadiran, dan lain - lain. Untuk itulah diperlukan aplikasi untuk memanajemen waktu mahasiswa tersebut. Tetapi, aplikasi ini akan tidak berguna jika tidak disertai dengan tekad atau semangat dari penggunanya

  • Aplikasi Messenger
    Aplikasi ini digunakan untuk berdiskusi, bertanya atau berkomunikasi dengan orang lain yang dibutuhkan secara online. Aplikasi messenger saat ini sudah ssangat bervariasi dengan fitur yang beragam, dan kebanyakan aplikasi messenger dapat diunduh secara gratis di berbagai platform.

  • Aplikasi Hiburan
    Bagi mahasiswa, aplikasi hiburan adalah hal yang wajib ada dalam setiap gadget yang mereka miliki. Ini bertujuan untuk menghindari kejenuhan rutinitas dunia perkuliahan. Namun, dalam penggunaannya juga harus tetap diperhatikan, karena tanpa adanya manajemen waktu yang benar, maka pekerjaan akan menjadi kacau. Contoh aplikasi hiburan adalah game, aplikasi untuk melakukan streaming video dan juga aplikasi sosial media.

Banyak sekali teknologi informasi yang mendukung dunia perkuliahan baik dari segi akademik, kehidupan sehari-hari, sampai hiburan. Contoh :

1) SIAM
Atau Sistem Informasi Akademik yang digunakan mahasiswa untuk melihat segala informasi mengenai pendidikannya di perkuliahan, mulai dari Biodata, NIM, KRS, dan KHS bisa dengan mudah diakses oleh mahasiswa dan dosen.

2) Aplikasi Mami Kos
sebuah aplikasi yang paling sering digunakan mahasiswa baru yang berasal dari luar kota untuk mencari tahu informasi tentang tempat kos yang dekat dengan kampus yang didalamnya berisi info kamar, harga, dan fasilitas.

3) ZTE Mash-Classroom
Adalah sebuah teknologi dari ZTE yang bekerja sama dengan FILKOM, menciptakan kelas digital dimana 1 dosen bisa mengajar di banyak kelas sekaligus, sehingga waktu dan tenaga bisa lebih hemat.

4) Aplikasi Manajemen Waktu
Aplikasi ini berguna khususnya untuk mahasiswa yang sulit untuk membagi waktu dan mahasiswa yang sangat padat aktivitas, sehingga aplikasi ini sangat tepat digunakan karena bisa membantu mengingatkan jadwal yang telah dibuat sebelumnya sehingga manajemen waktu kita menjadi lebih baik.