Teknik menggunakan pisau dapur

Tekhnik memotong merupakan salah satu ketrampilan dasar dalam memasak. Cara memegang pisau yang benar akan menentukan kenyamanan, hasil potongan yang lebih baik dan kecepatan dalam memasak.

image

apakah ada tips lain?

sumber:
https://bekelicious.com/2014/08/18/cara-menggunakan-pisau-dapur/

  1. Beli pisau serbaguna.
    Jika Anda hanya memiliki ruang untuk satu pisau di dapur Anda, gunakan pisau standar. Pisau ini bagus untuk memotong, mengiris, dan menghasilkan berbagai jenis potongan lain. Pisau serba guna yang berkualitas adalah alat paling praktis yang dapat Anda gunakan di dapur. Meskipun peralatan Anda yang lain merupakan peralatan murah dan tidak bagus, satu pisau dapur yang bagus dapat membuat Anda terus memasak.

Tidak ada istilah “pisau terbaik” atau pisau yang sempurna untuk urusan dapur. Jika Anda berada di pasar untuk membeli pisau, pertimbangkan untuk membeli satu pisau yang bagus dan pisau tambahan lainnya yang lebih murah. Anda dapat memotong dalam berbagai cara di dapur hanya dengan menggunakan sebuah pisau standar, dengan panjang sekitar 12,7 cm, berbentuk segitiga, dan terbuat dari logam anti karat atau bahan lainnya.

  1. Gunakan pisau koki untuk memotong dan mengiris.
    Pisau koki juga biasanya disebut sebagai “pisau dapur” dan digunakan untuk pekerjaan berat. Bagi beberapa koki, pisau koki yang bagus adalah satu-satunya peralatan yang dibutuhkan di dapur, yang berguna untuk memotong buah kecil-kecil, menghancurkan bawang putih, dan memotong bawang merah.

Pisau dapur dapat terbuat dari keramik, logam, atau campuran polycarbonate dalam jenis yang bervariasi. Pisau dapur gaya Barat biasanya lebih lebar dan digunakan untuk memotong, sementara pisau dapur gaya Jepang lebih ramping dan biasanya bahan yang digunakan adalah logam yang kuat.

  1. Gunakan pisau kupas untuk mengupas buah dan sayuran.
    Pisau kupas adalah alat dapur yang umum, biasanya berukuran sedikit kecil dan digunakan untuk mengupas dan mengiris. Tetapi, pisau ini tidak digunakan untuk memotong atau melakukan pekerjaan berat di dapur yang membutuhkan pisau.

Pisau kupas cocok digunakan untuk buah segar serta berguna untuk mengupas apel, pir, atau buah dengan satu biji.

Masih banyak tips lainnya pada link di bawah ini: