Teknik apa yang paling efektif dalam melakukan identifikasi risiko ?

Teknik untuk mengidentifikasi risiko ada berbagai macam cara. Lalu apa teknik yang paling efektif dalam identifikasi risiko ?

Teknik Identifikasi risiko yang kuat dimulai dengan Root Cause Analysis. Root Cause Analysis (RCA) adalah proses sistematis untuk mengidentifikasi “akar penyebab” masalah atau kejadan untuk meresponnya. RCA didasarkan pada gagasan dasar bahwa manajemen yang efektif memerlukan lebih dari sekedar “putting out fires” untuk masalah yang berkembang, namun diperlukan cara untuk mencegahnya.

Teknik identifikasi risiko yang paling efektif berfokus pada Root Cause, yang dapat memberitahukan megapa sebuah peristiwa terjadi. Mengidentifikasi akar penyebab risiko memberikan informasi tentang apa yang memicu kerugian dan di titik mana organisasi mengalami rentan terhadap risiko. Menggunakan root source categories dapat memberikan umpan balik yang berarti :
Langkah apa yang harus diambil untuk mengurangi risiko secara efektif ?
Mengidentifikasi risiko berdasarkan efek atau hasil sering menyebabkan kegiatan mitigasi yang tidak efektif.

Kegiatan mitigasi harus ditujukan pada akar permasalahan dan akan berbeda tergantung pada sumber risiko. Dengan mendapatkan pengetahuan mengenai sumber risiko, maka kita bisa secara proaktif mengelola risiko dan menghindari kejadian berisiko di masa depan.

Sumber :