Teknik apa saja yang dapat digunakan dalam melakukan customer research ?

penelitian terhadap pengguna

Semua hal akan mendapatkan hasil sesuai harapan dan tujuan jika dilakukan dengan suatu teknik/metode. Begitu halnya dengan kegiatan riset pengguna, diperlukan teknik-teknik khusus agar hasil yang didaptkan valid dan berguna untuk meningkatkan kualitas produk.

Teknik apa saja yang dapat digunakan dalam melakukan riset terhadap pengguna ?

Menurut website The Interaction Design Foundation, terdapat 7 teknik yang dapat dilakukan untuk menghasilkan keluaran riset pengguna yang dapat bernilai untuk meningkatkan UX pengguna. Berikut adalah teknik-teknik tersebut,

1.Teknik Pengurutan Kartu
Teknik ini sebenarnya telah ada sebelum ranah UX Research menjadi viral seperti sekarang ini. Teknik pengurutan kartu biasanya digunakan untuk riset psikologi. Dimana kita menuliskan kata atau kalimat pendek kedalam beberapa kartu, lalu kita meminta pengguna produk kita untuk mengurutkannya atau mengkategorikannya. Selanjutnya kita dapat meminta pengguna untuk memberikan label berdasar kategori yang pengguna temukan.

kenapa teknik ini bagus ?

  • karena teknik memudahkan pengguna untuk memahami
  • karena dapat dengan mudah mendapatkan masukan pengguna (bahkan validasi) untuk produk kita
  • karena murah biaya tentunya

2.Teknik Review Ahli
Teknik ini melibatkan seorang ahli yang menjajaki produk kita melalui user interface (UI) lalu menghubungkan masalah yang dipecahkan dengan design, aksesibilitas, dan usabillity dari produk kita.

Kenapa teknik ini keren ?

  • karena cuma butuh seorang ahli dalam mereview produk kita, kita dapat mendapatkan masukan banyak
  • mudah dan murah

3.Teknik Eye Moving Tracking
Teknik Eye Moving Tracking atau dalam bahasa indonesia teknik lacak pergerakan mata adalah teknik yang sangat membantu dalam menentukan tata letak konten, jenis konten dan bagaimana konten-konten aplikasi saling berkaitan. Teknik ini benar-benar ingin mengetahui bagaimana pengguna melihat sistem kita, minimal dari segi user interfacenya.

Kelebihan dari teknik ini adalah,

  • Didalam sebuah project riset pengguna, kebanyakan client sangat senang dengan teknik ini. Karena mereka menjadi tahu bagaimana pergerakan mata pengguna ketika berinteraksi dengan sistem.
  • teknologi untuk melakukan teknik ini sudah ada dan mudah untuk digunakan

4.Teknik Studi Lapangan
Teknik ini benar-benar dilakukan dengan cara terjun ke lapangan. Melakukan observasi perilaku pengguna serta melihat konteks dimana produk aplikasi kita akan digunakan. Kegiatan yang dilakukan dalam teknik ini adalah riset etnografi, wawancara dan observasi, serta menanyakan pertanyaan kontekstual.

Kenapa teknik ini bagus ?

  • Ketika dilakukan dengan benar, akan menghasilkan pemahaman yang dalam mengenai apa yang sebenarnya pengguna alami, masalah apa saja yang mereka hadapi dan bagaimana cara menyelesaikannya

5.Teknik Usabillity Testing
Teknik ini mencoba untuk membiarkan pengguna berinteraksi dengan produk kita dan kita mengamati bagaimana pengguna melakukannya.

Kenapa bisa menggunakan teknik ini ?

  • Karena hasil spesifik dari teknik ini dapat digunakan untuk melakukan aksi tertentu.
  • Secara mudah dan tidak langsung kita dapat menjadikan pengguna kita objek observasi

6.Teknik Remote Usabllity Testing
Teknik ini menguji usabliity tanpa perlu bertemu pengguna. Teknik ini sebenarnya mahal dan sulit, namun seiring berkembangnya zaman, teknik ini menjadi mudah dan sederhana.

Keuntungannya adalah,

  • Memangkas biaya pengeluaran untuk testing dan hemat waktu juga. Partisipan bisa mencakup range yang luas tanpa perlu bertemu satu persatu.

7.Teknik Persona
Persona pengguna adalah gambaran fiktif dari pengguna ideal kita. Kita dapat menjelaskan dari tujuan pengguna, karakteristiknya, maupun apa yang diharapkan pengguna terhadap produk kita.
Persona pengguna memiliki nama dan latar belakang pengguna.

Kelebihan teknik persona adalah,

  • Selangkah lebih maju dari profile pengguna yang lama dan memberikan pandangan yang lebih kepada calon pengguna kita.
  • Menggunakan teknik ini sangat menyenangkan karena mudah diingat daripada hasil keluaran teknik yang lain.

Setidaknya ada 7 teknik tersebut yang dapat digunakan dalam melakukan riset pengguna. Semoga membantu. :slight_smile:

Sumber :