Teknik apa saja ang dapat digunakan dalam melakukan perencanaan sumber daya manusia ?

sumber_daya_manusia

(Suri) #1

Dalam plan human resource management terdapat input, tools and techniques yang saling berkaitan satu sama lain. Apa saja komponen yang terdapat pada proses tools and techniques dalam plan human resource management ?


(Diva Devina) #2

Plan Human Resouce Management

Tools & Techniques
Berikut ini adalah tools and techniques dalam plan human resource management.

1. Organization Charts and Position Descriptions
Merupakan format yang ada untuk mendokumentasikan peran anggota tim dan tanggung jawab. Ada tiga jenis format yang mendominasi, yaitu hirarkis, matriks, dan orientasi teks. Grafik Hierarkis merupakan struktur bagan organisasi tradisional yang dapat digunakan untuk menunjukkan posisi dan hubungan yang ada di dalam organisasi. Matriks berbasis grafis menunjukkan proyek sumber daya yang ditugaskan untuk setiap paket pekerjaan. Hal ini digunakan untuk menggambarkan hubungan antar area kegiatan dan tim proyek. Format beorientasi teks merupakan deskripsi rinci yang ditampilkan dalam bentuk tulisan. Terkadang dalam bentuk outline dan dokumen yang dapat digunakan sebagai template untuk proyek masa depan, dan dokumen ini dapat dijadikan pelajaran.

2. Networking
Merupakan interaksi formal dan informal dengan orang lain di dalam organisasi atau lingkungan profesional. Networking dapat meningkatkan pengetahuan dan akses ke aset sumber daya manusia seperti kompetensi yang kuat, peluang kemitraan eksternal dan pengalaman khusus.

3. Organizational Theory
Teori organisasi memberikan informasi mengenai cara tim atau individu dalam organisasi berperilaku. Salah satu contoh teori organisasi yaitu menunjukkan gaya kepemimpinan yang dapat menyesuaikan dengan perubahan tingkat kematangan tim proyek.

4. Expert Judgement
Dalam plan human resource management, expert judgement digunakan sebagai daftar kebutuhan awal untuk keterampilan yang dibutuhkan, menentukan tingkat upaya awal dan jumlah sumber daya yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan proyek, mengidentifikasi risiko yang terkait dengan akuisisi staf, retensi dan rencana rilis. Juga mengidentifikasi dan merekomendasikan program dalam mematuhi pemerintah yang berlaku juga kontrak serikat, dan sebagainya.

5. Meetings
Meeting atau rapat berpengaruh terhadap kombinasi alat dan teknik lain yang untuk membuat seluruh anggota tim manajemen proyek mencapai tujuan plan human resource management.

Referensi :