Teknik analisis data apa yang digunakan selama proses Quantitative Risk Analysis?

Risiko terdiri dari dua bagian: kemungkinan terjadinya sesuatu yang salah, dan konsekuensi negatif jika terjadi. Namun, risiko bisa sulit diketahui, apalagi dipersiapkan dan dikelola. Bila kita terkena konsekuensi yang tidak direncanakan, biaya, waktu, dan reputasi dapat dipertaruhkan. Teknik analisis data apa yang digunakan selama proses Quantitative Risk Analysis untuk meminimalisir terjadinya konsekuensi negatif?

Teknik analisis data yang dapat digunakan selama proses Quantitative Risk Analysis:

  • Simulation
    Analisis risiko kuantitatif menggunakan model yang mensimulasikan efek gabungan dari risiko proyek individual dan sumber ketidakpastian lainnya untuk mengevaluasi dampak potensial mereka terhadap pencapaian tujuan proyek. Simulasi biasanya dilakukan menggunakan analisis Monte Carlo. Ketika menjalankan analisis Monte Carlo untuk risiko biaya, simulasi menggunakan perkiraan biaya proyek. Saat menjalankan analisis Monte Carlo untuk risiko jadwal, diagram jaringan jadwal dan perkiraan durasi digunakan. Analisis risiko biaya-kuantitatif terintegrasi menggunakan kedua input. Outputnya adalah model analisis risiko kuantitatif. Perangkat lunak komputer digunakan untuk mengulang model analisis risiko kuantitatif beberapa ribu kali. Nilai input dipilih secara acak untuk setiap iterasi. Output mewakili kisaran hasil yang mungkin untuk proyek (misalnya, tanggal akhir proyek, biaya proyek saat penyelesaian). Output yang umum termasuk histogram yang menyajikan jumlah iterasi di mana hasil tertentu dihasilkan dari simulasi, atau distribusi probabilitas kumulatif (kurva-S) mewakili kemungkinan mencapai hasil tertentu atau kurang.

  • Sensitivity Analysis
    Analisis kepekaan membantu untuk menentukan risiko proyek individu atau sumber ketidakpastian lain yang memiliki dampak paling potensial terhadap hasil proyek. Ini menghubungkan variasi dalam hasil proyek dengan variasi dalam elemen model analisis risiko kuantitatif. Salah satu tampilan khas dari analisis sensitivitas adalah diagram tornado, yang menyajikan koefisien korelasi terhitung untuk setiap elemen dari model analisis risiko kuantitatif yang dapat mempengaruhi hasil proyek. Ini dapat mencakup risiko proyek individu, kegiatan proyek dengan derajat variabilitas tinggi, atau sumber ambiguitas tertentu. Item diurutkan berdasarkan kekuatan korelasi menurun, memberikan penampilan tornado yang khas.

  • Desicion Tree Analysis
    Pohon keputusan (Desicion Tree) digunakan untuk mendukung pemilihan yang terbaik dari beberapa alternatif tindakan. Jalur alternatif melalui proyek ditunjukkan dalam pohon keputusan menggunakan cabang yang mewakili keputusan atau kejadian berbeda, masing-masing dapat memiliki biaya terkait dan risiko proyek individu terkait (termasuk baik ancaman maupun peluang). Titik akhir cabang di pohon keputusan mewakili hasil dari mengikuti jalur tertentu, yang dapat menjadi negatif atau positif.

13