Tanpa memiliki keterampilan Coding, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar Bahasa Pemrograman?

pemrograman

(nindy arahmah ) #1

Pemikiran ini terkadang muncul dalam benak saya, saya tidak memiliki keahlian sama sekali dalam dunia coding dan programming, tetapi saya berkeinginan membuat sebuah aplikasi seperti Snapchat yang dapat dilihat sangat bagus dan memiliki pengguna banyak dalam waktu singkat.

Berapa lamakah waktu yang saya butuhkan agar dapat mahir dalam belajar coding? Apakah ada cara khusus dalam belajar coding dengan waktu yang relatif singkat?


(Rizal Setya Perdana) #2

Well, berangkat dari permaslahan bagaimana belajar koding dengan benar, secara praktis apabila seseorang ingin memiliki skill dalam membuat perangkat lunak/aplikasi maka yang harus pertama dipahami adalah algoritma. Apa itu algoritma? sebenarnya kita sudah menggunakan algoritma dalam kehidupan sehari-hari. Contoh paling sederhana adalah algoritma memasak mie instan. Dalam memasak mie instan pastinya harus mengikuti urutan dan logika yang logis, apakah mungkin kita mencampur bumbu mie instan sebelum kita rebus mie di dalam panci? tentu tidak. Maka yang harus ada pertama kali adalah algoritma yang isinya adalah bagaimana sebuah aplikasi berjalan secara logis dan berurutan. Setelah kita mengetahui algoritma dari jalannya aplikasi tersebut, pelajari bahasa pemrograman yang akan digunakan. Tidak perlu membaca seluruh tata cara penulisan (syntax) yang dimiliki bahasa pemrograman tersebut, cukup cari referensi tentang apa yang saat ini kita butuhkan. Misalkan kita ingin membuat aplikasi berbasis android, pertama kali kita akan membuat halaman login yang berisi form login username dan password. Maka kita fokus pada “how to create form login in android” dan begitu pula untuk langkah selanjutnya. Semoga bermanfaat.