Tanpa kita sadari seringkali kita melakukan food waste, lalu bagaimana cara menguranginya?

Pernah gak sih teman-teman Youdics membuang sisa makanan yang ada dipring? entah itu karena sudah kekenyangan atau mengambil porsi yang tidak sesua dengan biasanya lalu membuangnya. Nah, hal seperti itu termasuk kepada perilaku yang tidak baik loh menambah-nambah food waste yang ada. Yuk kita simak!

Berdasarkan data yang ada sekitar 300 Kg di buang oleh masyarakat Indonesia di setiap harinya. Wow, angka yang sangat mengejutkan ya padahal masih ada 2,5 Juta penduduk Indonesia yang masih belum cukup asupan gizi disetiap harinya. Sangat menyedihkan sekali ya Youdics

Untuk itu aku akan kasih tips kepada teman-teman Youdics semua agar bisa mengurangi Food Waste, yaitu sebagai berikut:

  1. Membuat makanan di rumah. Teman-teman bisa membuat makanan dengan selera makanannya masing-masing di rumah dan membuatnya sesuai dengan kebutuhan.
  2. Simpan makanan dengan benar. Ini penting karena sangat berpengaruh pada tingkat keawetan makanan.
  3. Kreatif dalam mengelola sisa bahan pangan. Makanan yang belum busuk masih bisa di olah menjadi makanan pendamping lainnya.
  4. Bijak dalam mengkonsumsi makanan. Makan dengan sesuai porsinya tentu dapat mengurangi terbuangnya sisa makanan.

Perlu teman-teman Youdics ketahui bahwa membuang sisa makanan rumah tangga akan berakibat sangat fatal loh! Rumah tangga tempat kita tinggal adalah salah satu penyumbang fenomena “Food Waste” terbesar secara global. Center of Environmental, Social & Governances Studies menyebutkan mengenai data pada tahun 2019 makanan yang dibuang oleh setiap rumah diperkirakan mencapai 79 Kg pertahunnya.

Hmmm… sunguh merupakan hal yang sangat ironis bukan?
Jadi, teman-teman Youdics yuk kita mulai untuk mengurangi sampah makanan kita! :blush:

Pemborosan makanan atau biasa yang disebut food waste memang banyak terjadi khususnya di Indonesia. Food waste ini bukan hanya tidak etis tetapi juga berdampak pada ketahanan pangan dan efek negatif pada lingkungan. Ada beberapa tips dari saya untuk mengurangi hal tersebut yang bisa dimulai dari kita sendiri seperti merencanakan menu dan porsi yang akan kita makan, tidak lapar mata terhadap makanan karena sering sekali kita hanya menginginkan makanan tersebut karena dalam kondisi lapar, tetapi setelah itu tidak dihabiskan dan menjadi sampah. Selain itu dengan mengingat bahwa ada jutaan orang di belahan dunia yang masih belum mendapatkan makanan yang layak seperti kita.

1 Like

Food Waste atau pemborosan makanan ini memang sangat dekat sekali dengan kehidupan sehari-hari kita. Bahkan, terkadang kita juga melakukan hal tersebut. Untuk menguranginya, saya dapat memberi beberapa tips :

  1. Membeli bahan makanan atau makanan sesuai dengan kebutuhan kita;
  2. Mengambil porsi makanan sesuai porsi kita;
  3. Tidak lapar mata terhadap makanan hanya karena menarik;
  4. Apabila terdapat sisa makanan dapat untuk diolah kembali dengan kreasi yang berbeda atau dapat dikombinasi dengan jenis makanan lainnya, sehingga dapat membuat makanan terasa berbeda dari sebelumnya;
  5. Mengingat bahwa terdapat beberapa juta orang yang kelaparan. Dari data yang diberikan tersebut menunjukkan bahwa masih banyak penduduk Indonesia yang masih belum cukup asupan gizi, sehingga kita, sebagai orang yang bisa mendapatkan asupan gizi tersebut perlu untuk tidak melakukan pemborosan makanan.
1 Like

Seperti yang sudah disebutkan teman-teman sebelumnya, cara paling efektif dan mudah untuk mencegah food waste adalah dengan membeli dan mengkonsumsi makanan secukupnya sesuai dengan kebutuhan kita. Jika memang ada makanan yang kurang disukai oleh kita maupun anggota keluarga, lebih baik jangan dibeli.

Food waste sebenarnya bukan hanya terjadi dalam rumah tangga. Hal ini juga banyak terjadi pada pedagang makanan yang produknya kurang laku. Jika disimpan lagi maka akan basi dan tidak layak konsumsi, namun jika dibuang akan rugi modal. Ini menurut saya yang juga perlu diperhatikan.