Tanda-tanda apa saja yang menunjukkan bahwa persalinan dimulai?

Persalinan adalah proses melahirkan bayi secara alami dengan adanya kontraksi rahim ibu dan dilalui dengan pembukaan untuk mengeluarkan bayi.

Tanda-tanda apa saja yang menunjukkan bahwa persalinan dimulai ?

Tanda-tanda bahwa persalinan mulai berlangsung: adanya kontraksi rahim yang berkala dengan lama dan kekuatan tertentu.

Biasanya lama kontraksi antara 45 - 75 detik.

Berikut tanda-tanda lainnya yang menandakan bahwa proses persalinan akan dimulai :

  1. Kekuatan kontraksi: semakin lama akan bertambah kuat. Saat mulas, jika kita menekan dinding perut dengan telunjuk akan terasa perut mengeras.

  2. Jarak antar kontraksi: akan bertambah sering, permulaan 10 menit sekali, kemudian menjadi semakin sering.

  3. Keluarnya bercak darah bukan petunjuk akurat ibu akan segera melahirkan. Namun ibu perlu waspada terhadap hal tersebut, jika perdarahan banyak, ibu perlu segera ke polindes/puskesmas tanpa perlu menunggu hingga kontraksi yang terjadi mulai teratur dan bertambah kuat kekuatannya.

  4. Pecahnya kantung ketuban.

  5. Mulas-mulas yang teratur timbul semakin sering dan semakin lama

  6. Keluar lendir bercampur darah dari jalan lahir

  7. Keluar cairan ketuban dari jalan lahir

terima kasih banyak atas nasehat anda!Aku 30 minggu sekarang, aku sedikit takut dan aku mencari jawaban di mana-mana. Anda menjelaskannya dengan sangat baik, dan saya sangat berharap saat persalinan akan dimulai, saya akan siap / saya mencoba memahami bagaimana bereaksi dan apa yang harus dilakukan untuk merasa lebih baik! Selama persalinan dan sesudahnya juga. Dulu saya punya beberapa masalah sebelum hamil dan saya harus menggunakannya adderall Saya benar-benar takut akan hal itu, saya tidak tahu apakah itu bisa mempengaruhi bayi saya atau tidak!