Tanaman Toga : Sereh

Sereh ( Cymbopogon citratus )adalah salah satu tanaman toga yang sering kita temukan dimana-mana, Bagaimana cara tanaman sereh dapat mengusir nyamuk ? Zat apa saja yang terkandung dalam sereh?

Cara mengusir nyamuk dengan sereh:

  1. Taruh daun sereh di kamar
    Caranya, ambil beberapa batang daun sereh. Potong tipis-tipis, kemudian letakkan di wadah terbuka. Kamu bisa membaginya dalam beberapa

  2. Mengoleskan minyak sereh ke kulit
    Sereh mengandung komponen minyak atsiri, salah satunya adalah citronella. Citronella ini telah teruji melalui banyak penelitian untuk khasiatnya sebagai pembunuh serangga alias insektisida.

  3. Gunakan minyak sereh dalam diffuser
    Caranya, cukup tuangkan 3-5 tetes minyak sereh dalam air di diffuser. Wangi minyak sereh yang menyebar ke seluruh ruangan dijamin akan membuat nyamuk tidak berani singgah ke ruanganmu.

Sumber: blog.sayurbox.com

1 Like

Cara mengusir nyamuk dengan sereh sangat lah mudah. Silahkan anda ikuti langkah-langkah seperti berikut:

  1. Silahkan Anda potong kecil-kecil beberapa potong sereh, Potong dengan ukuran dadu atau sesukanya.
  2. Simpan di wadah terbuka, Anda bisa menggunakan mangkuk atau piring sebagai tempat untuk menyimpannya.
  3. Selanjutnya, silakan Anda simpan potongan sereh tersebut di bawah ranjang atau di sudut -sudut kamar tempat dimana banyak nyamuk, Anda bisa menyimpan potongan sereh ini pada beberapa tempat.
  4. Biarkan saja beberapa hari potongan sereh tersebut, semakin kering potongan sereh tersebut maka semakin bagus untuk mengusir nyamuk.

Sumber: carapedi.id

Tanaman sereh (* Andropogon nardus* ) yang juga merupakan salah satu jenis tanaman yang berpotensi sebagai insektisida nabati. Secara umum insektisida nabati diartikan sebagai suatu insektisida yang bahan dasarnya dari tumbuhan yang relatif mudah dibuat dengan kemampuan dan pengetahuan terbatas. Pada umumnya insektisida nabati dapat dibuat dengan teknologi yang sederhana atau secara tradisional yaitu dengan cara pengerusan, penumbukan, pembakaran, atau pengepresan.

Adapun, tanaman sereh wangi (* Cymbopogon nardus* L.) yang merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat. Hasil penyulingan daun dan batang sereh wangi diperoleh minyak atsiri yang dalam dunia perdagangan dikenal dengan nama * Citronella Oil.* Minyak Citronella mengandung dua senyawa kimia penting yaitu Sitronelal dan Geranniol yang berfungsi sebagai pengusir nyamuk.

Tanaman sereh termasuk dalam salah satu tanaman penghasil minyak atsiri yang diperoleh dari batang dan daunnya. Dimana batang dan daunnya mengandung zat-zat seperti geraniol, metil heptenon, terpen-terpen, terpen-alkohol, asam-asam organik dan terutama sitronelal yang bisa dimanfaatkan sebagai penghalau nyamuk. Minyak atsiri dari berbagai spesies tanaman telah digunakan sebagai penolak hama yang sangat efektif.

Disamping itu, tanaman sereh juga dapat digunakan sebagai antibiotik, untuk menghindari kontaminasi yang dapat terjadi melalui makanan, air, udara, tanah dan lingkungan sekitar. Beberapa jenis mikroba kontaminan, diketahui bahwa bakteri merupakan salah satu jenis mikroba yang tidak kalah penting dalam menyebabkan penyakit infeksi bagi manusia dalam kondisi tertentu. Misalnya bakteri * Escherichia coli , Staphylococcus aureus, Staphylococcus epidermidis, Streptococcus mutans,* dan bakteri penyebab infeksi penyakit lainnya. Jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri-bakteri patogen tersebut sangat beragam, sesuai dengan organ yang diserang atau diinfeksi.

Maka perlu adanya penggunaan antibiotik, yang aman digunakan untuk jangka waktu yang lama. Agar tidak menyebabkan terjadinya resistensi terhadap bakteri penyebab patogen. Oleh karena itu, salah satu pilihan alternatif pengganti antibiotika dengan menggunakan obat tradisional yang berasal dari tanaman sebagai obat alternatif terhadap infeksi bakteri.

Salah satu formula yang dapat digunakan adalah juga dengan menggunakan minyak atsiri, dimana minyak atsiri berperan sebagai antibakteri dengan cara mengganggu proses terbentuknya membran atau dinding sel sehingga tidak terbentuk atau terbentuk tidak sempurna. Minyak atsiri yang aktif sebagai antibakteri pada umumnya mengandung gugus fungsi hidroksil (-OH) dan karbonil.

Referensi:
UJI EFIKASI EKSTRAK DAUN SEREH (Andropogon nardus)
DAN BIJI MAHONI (Swietenia macrophylla) TERHADAP MORTALITAS LARVA NYAMUK Aedes aegypti
sereh 1.pdf (923.9 KB)

POTENSI SENYAWA MINYAK SEREH WANGI (CITRONELLA OIL) DARI TUMBUHAN Cymbopogon nardus L. SEBAGAI AGEN ANTIBAKTERI
sereh 2.pdf (484.1 KB)

AKTIVITAS MINYAK SEREH WANGI SEBAGAI ANTI NYAMUK
sereh 3.pdf (198.1 KB)

1 Like