Tahukan Anda tentang pelukis dunia, Paul Jackson Pollock?

Pelukis adalah seseorang yang menciptakan karya seni 2 dimensi berupa lukisan. Tidak hanya di Indonesia, tapi di dunia ini ada banyak sekali nama-nama pelukis yang terkenal salah satunya adalah Paul Jackson Pollock. Karya-karya mereka mampu menginspirasi banyak orang dan memunculkan kekaguman yang dalam. Tahukan Anda tentang pelukis dunia, Paul Jackson Pollock?

Paul Jackson Pollock

Dari apa yang saya ketahui, Paul Jackson Pollock adalah pelukis dunia yang lahir pada 28 Januari 1912 dan meninggal pada 11 Agustus 1956. Paul Jackson Pollock adalah seorang pelukis Amerika Serikat yang cukup berpengaruh dan merupakan tokoh utama dalam gerakan abstrak espresionis. Ia meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil di dekat rumahnya di Long Island, New York.

Seniman Abstrak Ekspressionisme yang paling terkenal adalah Jackson Pollock. Pollock mendapat pengaruh dari tulisan Carl Jung dan ia menakankan pada archetype emphasized text(pola dasar). Ia juga mendapat pengaruh dari seni lukis pasir Navajo. Sejak tahun 1947 Pollock mendapat inspirasi dari teknik seni lukis drip Hofmann, yang pindahkan dalam ukuran lukisan yang sangat besar. Lukisan Pollock merupakan all-over composition (semua bagian permukaan lukisan memiliki peranan yang sama, tanpa pusat perhatian).

Lukisan Pollock berjudul Autumn Rythm (1950) dan One (1950) merupakan contoh gaya Abstrak Ekspressionisme. Dalam lukisan ini Pollock sangat agresif dalam meneteskan, menuangkan, dan mencipratkan cat (cat rumah) pada kanvas yang digelar di lantai. Pollock is sering disebut sebagai Action Painter (istilah yang diberikan oleh kritikus seni rupa Harold Rosenberg). Action Painting menerapkan penekanan gerak tubuh, yaitu gerak lengan di atas permukaan kanvas. Dapat dikatakan bahwa Pollock melibatkan seluruh dirinya dalam proses melukis.