Tahukah Anda Apa yang Dimaksud dengan ICOR Analysis?

Salah satu tools dan technique dalam qualitative risk analysis adalah ICOR Analysis. TIndakan perbaikan, tantangan, peluang, dan risiko secara formal memusatkan perhatian tim pada smeua konsekuensi kegiatan.

Sebagai bantuan untuk interpretasi yang cepat, kuadrat hasil yang berpotensi “baik” diarsir dengan warna hijau, dan yang berpotensi “buruk” hasilnya berwarna kuning. Jika pandangan sekilas pada grafik menunjukkan lebih banyak notasi di sisi kuning, itu adalah indikasi yang cukup baik bahwa tim harus melanjutkan dengan hati-hati dan berusaha secara efektif mengelola tantangan dan risiko sehingga tidak mempengaruhi operasi negatif di tempat lain.

Lantas, ICOR Analysis itu sendiri seperti apa?

  • IMPROVEMENTS
    Di poin ini tim berpikir tentang apa yang harus diubah untuk memfasilitasi peningkatan yang besar. Dalam situasi manufaktur, peningkatan throughput juga mungkin memiliki manfaat yang mendasari pengurangan skrap, pemeliharaan mesin yang diperbaiki dan perutean yang lebih baik.

  • CHALLENGES
    Ketika tim berkembang menjadi analisis, tantangan akan menjadi lebih nyata. Mengetahui tantangan ini di awal, dan melacak bagaimana tantangan itu meningkat atau menurun sepanjang waktu, memungkinkan tim risiko untuk merencanakan apa yang menjadi penghalang dan mencoba mengelolanya secara efektif. Tim mungkin tidak tahu jawaban tentang bagaimana menyelesaikan tantangan sekarang, tetapi mengetahui pertanyaan yang akan memberi mereka keuntungan jika tantangan itu terwujud.

  • OPPORTUNITIES
    Apakah mungkin dengan sedikit perubahan mereka dapat memperoleh peningkatan dan keuntungan biaya terkait di area lain?. Itulah yang ingin diketahui tim untuk menyelesaikan bagian bagan ini. Metode yang digunakan dapat disesuaikan dengan produk serupa dan dimasukkan ke dalam strategi baru.

  • RISKS
    Poin ini merupakan penyokong yang kejam dalam hal analisis. Benar-benar tidak ada gunanya, sebagai contoh, jika untuk meningkatkan produktivitas dalam satu area maka perubahan itu akan menghasilkan penurunan produktivitas di bidang yang lain. Dalam kasus terburuk, peningkatan mungkin merugikan apabila kehilangan produktivitas di daerah lain mengakibatkan hilangnya pelanggan. Ketika ukuran organisasi atau perusahaan menurun, maka efek risiko meningkat. Hal ini membuktikan bahwa sangat penting bagi tim risiko untuk memahami risiko yang terkait dengan apa yang mereka lakukan.

SUMBER :