Sudah empat tahun jerawat saya tak kunjung menghilang, padahal saya rajin merawat kebersihan muka. Apakah faktor yang menyebabkan jerawat tak kunjung hilang?

Menjadi problematika tersendiri memiliki jerawat dalam waktu yang cukup lama. Langkah tepat yang saya lakukan pada masa itu hanyalah dengan selalu merawat kebersihan muka saya. Namun, hasil yang saya peroleh tidak maksimal, pertumbuhan jerawat tidak dapat dikondisikan. Dibalik ini, adakah faktor khusus yang menyebabkan sulitnya jerawat hilang

Beberapa hal yang menjadi penyebab jerawat, yuk disimak!

  1. Adanya faktor keturunan/genetik
    Ini menjadi penyebab yang sedikit sulit dihindari. Coba lihat apakah kedua orangtua anda memiliki masalah jerawat yang serupa. Bila iya, berarti kemungkinan besar ada faktor keturunan atau genetik.

  2. Tidak mengenali jenis kulit
    Mengenali jenis kulit sangatlah penting karena kulit setiap manusia berbeda-beda. Ada empat jenis kulit yang umum yaitu kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, dan kulit kombinasi. Cara mengenali jenis kulit bisa dengan memperhatikan kulit wajah kita sendiri di cermin atau berkonsultasi ke dokter kecantikan.

  3. Salah memakai skin care
    Untuk menjaga kesehatan kulit salah satu kegiatan rutin yang paling penting adalah memakai skin care. Biasakan untuk memakai skin care yang cocok dengan jenis kulit. Biasakan juga untuk tidak sembarangan membeli skin care.

  4. Tidak menjaga kebersihan dan kebiasaan
    Penyebab lainnya adalah kebersihan. Jerawat bisa timbul karena tidak menjaga kebersihan diri ataupun lainnya. Contohnya kebersihan sponge, brush, towel, dan lainnya. Ada satu yang sering dilupakan yaitu kebersihan bantal tidur. Jangan lupa juga untuk tidut teratur, hindari polusi. membersihkan wajah dua kali sehari, dan pengatura pola hidup.

  5. Kenali Jenis Jerawat Anda
    Untuk mengetahui alasan mengapa jerawat tidak kunjung sembuh, sebaiknya mengenali berbagai jenis jerawat. Jerawat batu, jerawat karena hormon, jerawat karena debu harus ditangani dengan cara berbeda.