Strategi apa saja yang tepat untuk risiko positif dalam Risk Response Planning?

Di dalam Risk Response Planning terdapat 2 jenis risiko yaitu Risiko Negatif yang merupakan ancaman dan Risiko Positif yang merupakan peluang

Strategi untuk Risiko Positif yang tepat adalah :

  • Exploit the opportunity,
    Pastikan bahwa peristiwa risiko terjadi dengan menghilangkan ketidakpastian. untuk memanfaatkan peluang. Contoh: tetapkan personel yang berkualifikasi, pilih pengiriman proyek yang tepat, berikan kualitas yang lebih baik

  • Share the risk,
    Membagikan kepemilikan kepada pihak ketiga yang memiliki peluang lebih besar untuk mencapai hasil yang dibutuhkan. Contoh: usaha patungan, kemitraan, penghargaan.

  • Enhance,
    Meningkatkan kemungkinan terjadinya atau dampak dari peristiwa tersebut.
    Meningkatkan peluang agar acara terjadi sehingga peluang menjadi lebih pasti.
    Mempertimbangkan bagaimana dampaknya dapat ditingkatkan dan pilih tindakan yang berdampak meningkat.

Berikut beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk merespon risiko positif:

  • Exploit
    Respons yang mencoba menghilangkan ketidakpastian apa pun sehingga peluang itu pasti akan terjadi.

  • Share
    Respons yang mengidentifikasi bahwa peluang akan lebih mungkin terjadi jika bentuk kemitraan dibentuk dengan pihak ketiga. Jenis tanggapan ini sering digunakan ketika bernegosiasi untuk memenangkan kontrak dan bermitra dapat meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan penghargaan kontrak.

  • Enhance
    Peningkatan respons berfokus pada penyebab peluang, dan terus mempengaruhi pemicu ini untuk meningkatkan kemungkinan peluang yang terjadi. Jika menambahkan fitur tambahan untuk suatu produk akan memberikan keuntungan pasar, maka ini akan menjadi contoh dari respons yang ditingkatkan sehingga lebih banyak dari produk ini akan dijual dan karenanya aliran pendapatan meningkat.

  • Accept
    Respons yang menerima risiko tanpa ada tindakan pencegahan atau apapun karena tindakan yang akan diambil dengan kemungkinan terjadinya peluang tersebut tidak sebanding.

Referensi:

  • Exploit. Strategi untuk memastikan bahwa kesempatan (risiko positif) dapat terealisasi. Contoh: menugaskan SDM yang lebih berbakat untuk mengurangi waktu penyelesaian atau menyediakan mutu lebih baik dari yang direncankan.

  • Share. Alokasi kepemilikan kepada pihak ke tiga yang memiliki kemampuan terbaik menangkap peluang manfaat proyek. Contoh: special purposes company, joint venture

  • Enhance. Memodifikasi “ukuran” kesempatan dengan meningkatkan peluang dan atau dampak positif dengan mengidentifikasi dan memaksimalkan pengendali kunci dari risiko berdampak positif.

Sumber: http://web.ipb.ac.id/~erizal/manpro/manajemen-risiko-proyek.pdf