Stasiun kereta bawah tanah Stockholm Metro

Sama hal nya seperti bandara, stasiun kadang juga bisa menjadi tempat wisata sendiri. Itulah mengapa, bangunannya dipercantik dengan berbagai pernak-pernik. Seperti yang nampak pada stasiun kereta bawah tanah Stockholm Metro berikut ini. Saat memasukinya kamu akan dibuat terpana dan enggan pulang. Saking takjubnya, bisa-bisa kamu terlambat masuk kereta.

Galeri Seni Terpanjang di Dunia

Namanya adalah Stockholm Metro, salah satu stasiun paling populer di dunia karena atap dan dinding-dindingnya dibuat unik. Kamu akan melihat lukisan warna-warni yang menggambarkan berbagai bentuk unik. Seolah-olah kamu tidak sedang berada di sebuah fasilitas transportasi, melainkan gua-gua negeri dongeng nun fantastis.

Penelitian yang dilakukan di Paris menunjukkan bahwa orang-orang yang tinggal di kota menghabiskan sebagian besar hidup mereka di alat transportasi, termasuk kereta api. Dari sini Siri Derkert, dan Vera Nilsson, seniman kreatif memiliki ide untuk menjadikan stasiun sebagai ruang seni publik.

Jaringan stasiun Stockholm, Swedia memang keren. Salah satu yang terbesar adalah stasiun Kungsträdgården. Dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai taman raja. Di stasiun lainnya menampilkan sebuah jejak penggalian arkeologis yang akan mengingatkanmu pada era kerajaan-kerajaan zaman dulu. Setidaknya ada 90 dari 100 stasiun yang mendapat sentuhan seni. Indah sekali bukan?