Softskill DEVELOPING OTHERS

Yang dimaksud dengan softskill Developing Others atau kemampuan mengembangkan orang lain adalah keinginan tulus dari manajer untuk mendorong proses belajar dan pengembangan orang lain untuk rencana jangka panjang sesuai dengan kebutuhan sehingga rencana tersebut menjadi efektif dan efisien. Tujuan utama dalam mengembangkan orang lain ini harus jelas, bukan hanya sekedar pelatihan formal. Hal ini perlu ditegaskan, khususnya untuk mengembangkan orang lain pada tingkat yang rendah, yang mungkin bisa rancu dengan kompetensi pengarahan pada tingkat yang rendah. Yang membedakan kompetensi tersebut adalah maksud atau tujuannya yang berfokus pada keinginan untuk mengembangkan orang lain.

Pada tahap pertama, kemampuan untuk mengembangkan orang lain dimulai dari pandangan positif atas potensi orang lain. Kita percaya bahwa pada dasarnya orang lain memiliki keinginan dan kemampuan untuk belajar dan berusaha untuk meningkatkan kinerja mereka. Tidak hanya itu, Meningkatkan taraf hidup mereka, meningkatkan potensi mereka untuk berhasil, meningkatkan kapasitas mereka untuk tumbuh, meningkatkan potensi organisasi juga merupakan langkah awal untuk mengembangkan orang lain. Sedangkan pada tahap berikutnya, Pimpinan memberikan instruksi yang lebih rinci, memberi contoh pada pekerjaan sehari-hari, dan menjelaskan bagaimana mengerjakan suatu pekerjaan serta memberi saran yang spesifik dan bermanfaat bagi karyawannya. Manajer sudah selayaknya mempunyai kompetensi Mengembangkan Orang Lain pada kedalaman yang lebih tinggi, seperti memberi pengarahan dan contoh nyata berikut alasan sebagai bagian dari pelatihan, memberi dukungan atau bantuan praktis untuk mempermudah karyawannya melakukan pekerjaaannya dan  mengajukan pertanyaan atau melakukan pengujian untuk memastikan apakah orang lain telah memahami penjelasan dan pengarahan tersebut. 
Pelatihan dalam pekerjaan sehari-hari sangat penting, karena atasan dapat berinteraksi langsung dan melihat hasilnya. Pada saat masih karyawan baru, penugasan lebih sederhana, instruksi lebih rinci, dan dimonitor secara langsung pada jangka tertentu. Orang yang berhasil mengembangkan orang lain akan mengevaluasi potensi orang lain dan menempatkan mereka dalam posisi keberhasilan.
Salah satu tokoh dunia yang sangat kuat dalam softskill developing others adalah Steve Jobs. Steve Jobs adalah seorang tokoh bisnis dan penemu dari Amerika Serikat. Ia adalah pendiri pendamping, ketua, dan mantan CEO Apple Inc. Dengan gaya kepemimpinan yang sangat luar biasa, Steve Jobs dikenal dengan egomaniak yang sangat tinggi, namun memiliki karakter disiplin yang sangat luar biasa dan secara otomatis bisa mempengaruhi pekerja-pekerjanya dan secara tidak langsung beliau menerapkan softskill Developing Others. 

Referensi :

  1. https://edratna.wordpress.com/2008/08/28/kemampuan-mengembangkan-orang-lain/
  2. https://gladiol84.wordpress.com/goresan-pena/penyejuk-jiwa/menjadi-orang-yang-berpengaruh/
  3. https://id.wikipedia.org/wiki/Steve_Jobs