Soft skill apa sajakah yang harus dimiliki seorang mahasiswa sistem informasi?


(Mohammad Afan Setyadi) #1

Sebelumnya, perkenalkan saya maba yang mana masih belum mengenal skill apa sajakah yg wajib dimiliki oleh seorang mahasiswa prodi sistem informasi yg dapat menunjang perkuliahan saya dan untuk persiapan memasuki dunia kerja. Menurut pendapat teman - teman, skill apa sajakah yg wajib dimiliki oleh seorang mahasiswa sistem informasi?


(Karla Amanda) #2

Halo @AfanSetyadi sedikit memberikan opini, sebagai seorang maba dengan jurusan Sistem Informasi nantinya Anda akan banyak menganalisis sebuah sistem yang akan digunakan oleh user. Tidak hanya menganalisis, tetapi juga ahli dalam penelitian, perencanaan, pengkoordinasian dan lain nya yang berkaitan dengan Sistem Informasi itu sendiri.

Menurut sumber Wikipedia yang pernah saya baca, (sumber tidak mutlak dan harus ditelaah lebih jauh) ada beberapa hal yang harus dipahami oleh seorang Analisis Sistem:

  • Berinteraksi dengan pelanggan untuk memahami kebutuhan sistem yang akan di gunakan
  • Berinteraksi dengan desainer untuk mengemukakan antarmuka yang diinginkan atas suatu perangkat lunak
  • Berinteraksi ataupun memandu programer dalam proses pengembangan sistem agar tetap berada pada jalurnya
  • Melakukan pengujian sistem baik dengan data sampel atau data sesungguhnya untuk membantu para penguji
  • Mengimplementasikan sistem baru/sistem usulan yang akan digunakan perusahaan
  • Menyiapkan dokumentasi berkualitas

Itulah beberapa point yang perlu dipelajari dan dikuasai sebagai seorang Sistem Analis. Semoaga bermanfaat ya.

*Jika ada informasi yang kurang benar mohon untuk dimaklumi dan berikan komentar Anda. Terimakasih :grinning:


(Diana Raden Ayu ) #3

Berdasarkan World Economy Forum, 10 Soft Skills yang harus dimiliki oleh seseorang pada tahun 2020 adalah sebagai berikut :

Kemampuan yang paling signifikan perubahannya adalah kemampuan untuk berkreasi (creativity skills). Hal itu terjadi mengingat persaingan di era informasi yang sedemikian ketatnya.

Di era informasi saat ini saja, salah satu senjata utama perusahaan adalah kreativitas, yang itu tercermin dari team yang ada di balik perusahaan tersebut.

Kasus terbaru yang sangat mengagetkan terkait hal itu adalah hancurnya perusahaan besar seperti Nokia, Blackberry dan Yahoo.


(Mohammad Afan Setyadi) #4

Sebelumnya terima kasih atas tanggapannya. Menurut @Karla, apakah skill coding juga merupakan skill wajib bagi prodi SI? Karena skill coding pada umumnya banyak dikuasai oleh mahasiswa teknik informatika.


(Mohammad Afan Setyadi) #5

Terima kasih untuk tanggapan yang telah @dianawonder berikan. Jadi, skill yang dibutuhkan di tiap tahun berbeda (?). Berdasarkan faktor apakah penetapan skill yg dibutuhkan pada 2020 diperoleh?


(Karla Amanda) #6

Menurut pengalaman yg saya ketahui, skill coding memang tidak mutlak harus dikuasai sepenuhnya oleh prodi Sistem Informasi, karena saya memiliki beberapa teman dari prodi SI yg tgs nya lebih banyak menganalisis sebuah sistem atau merancang sistem.

Untuk lebih jelasnya lebih baik @AfanSetyadi menanyakan hal ini ketika dalam perkuliahan. Tetapi saran saya, belajarlah coding walau tidak harus menjadi seorang expert agar sedikit banyak mengetahui alur kerja sebuah sistem/aplikasi.

Semoga bermanfaat @AfanSetyadi.


(Diana Raden Ayu ) #7

Skill yang dibutuhkan tiap tahun berbeda diakibatkan karena tantangan tiap tahun juga berbeda.

Tantangan pada Era ekonomi agraris pasti berbeda dengan tantangan pada era industrialisasi. Begitu juga tantangan pada era informasi juga akan sangat berbeda dibanding dengan era industrialisasi

Permasalahan yang ada sekarang, terutama di masa yang akan datang, akan menjadi jauh lebih kompleks dibandingkan permasalahan di masa lalu. Oleh karena itu dibutuhkan orang-orang dengan kemampuan yang berbeda untuk menyelesaikannya.

Complex problem solving, critical thinking dan creativity merupakan kemampuan soft yg harus dimiliki untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di masa yang akan datang