Sinopsis film Beauty and The Beast

Film Beauty and the Beast adalah film fantasi musikal tahun 2017 yang disutradarai oleh Bill Condon dari skenario yang ditulis oleh Stephen Chbosky dan Evan Spiliotopoulos, serta diproduksi oleh Walt Disney Pictures dan Mandeville Films. Bagaimana sinopsis film tersebut?

Di Perancis pada era Rococo, seorang penyihir yang menyamar menjadi pengemis tiba di sebuah pesta dan menawarkan kepada tuan rumah, seorang pangeran berhati dingin, setangkai mawar sebagai ganti untuk tempat berteduh. Setelah ditolak oleh sang pangeran, ia mengutuknya menjadi makhluk buruk rupa dan para pelayannya menjadi perabot rumah tangga, serta menghapus seluruh isi istana dari memori orang-orang yang mereka sayangi. Ia memberikan sang pangeran mawar yang telah disihir dan memperingatkannya bahwa jika dia tidak bisa belajar mencintai seseorang dan balas dicintai sebelum kelopak terakhir gugur, dia dan para pelayannya tidak akan bisa menjadi manusia lagi selamanya.

Beberapa tahun kemudian, di desa Villeneuve, Belle bermimpi akan petualangan dan menolak rayuan dari Gaston, seorang mantan tentara yang arogan. Ayah Belle, Maurice, tersesat di hutan dan pada akhirnya mencari perlindungan di kastil milik Beast, namun Beast menawannya karena memetik mawar tanpa ijin. Belle pergi mencarinya dan menemukannya terkurung di penjara kastil. Beast sepakat untuk mengijinkannya menggantikan Maurice.

Belle berteman dengan para pelayan kastil, yang menjamunya dengan makan malam spektakuler. Saat dia berkeluyuran ke sayap barat yang terlarang dan menemukan mawarnya, Beast yang sangat marah mengusirnya dari kastil. Saat tiba di hutan, ia disudutkan oleh sekawanan serigala. Beast datang tepat waktu untuk menyelamatkannya namun terluka sebagai akibatnya. Belle merawatnya sampai sembuh dan seiring itu mulai menjalin pertemanan dengan Beast. Beast menunjukkan ke Belle hadiah dari sang penyihir, sebuah buku yang bisa membawa pembacanya ke tempat manapun. Belle menggunakannya untuk mengunjungi rumah masa kecilnya di Paris, di mana dia menemukan masker yang digunakan dokter saat wabah. Dia menyadari bahwa ayahnya terpaksa membawanya pergi meninggalkan ibunya yang sekarat untuk mencegahnya ikut terkena wabah.

Di Villeneuve, Gaston sepakat untuk membantu Maurice menyelamatkan Belle dengan harapan Belle akan mau menikah dengannya. Saat Maurice mengetahui niatnya dan menolaknya, Gaston meninggalkannya di tengah hutan untuk dimangsa serigala. Maurice ditolong oleh seorang pengemis, Agathe, namun saat ia menceritakan apa yang terjadi ke penduduk desa, Gaston meyakinkan mereka untuk mengirimkannya ke rumah sakit jiwa.

Setelah berdansa dengan Beast, Belle mengetahui keadaan ayahnya lewat cermin ajaib. Beast membebaskannya agar bisa menyelamatkan Maurice, dan memberikan cerminnya kepada Belle agar dia selalu bisa mengingatnya. Di Villeneuve, Belle membuktikan kewarasan Maurice dengan memperlihatkan Beast lewat cermin ke para penduduk desa. Sadar bahwa Belle mencintai Beast, Gaston mengurungnya bersama ayahnya dan mengerahan penduduk desa menuju kastil untuk membunuh Beast. Maurice dan Belle meloloskan diri dan Belle segera bergegas kembali ke kastil.

Saat pertarungan berlangsung, Gaston meninggalkan Le Fou, yang akhirnya beralih pihak ke para pelayan kastil untuk melawan penduduk desa. Gaston menyerang Beast yang terlalu sedih untuk balik melawan, namun akhirnya mendapat kemauan lagi setelah melihat Belle telah kembali. Ia memutuskan melepaskan Gaston sebelum bersatu kembali dengan Belle. Tanpa disangka, Gaston menembak Beast dari sebuah jembatan yang kemudian ambruk dan membunuhnya. Beast meninggal tepat saat kelopak terakhir gugur dan para pelayan berubah menjadi benda mati. Ketika Belle mengungkapkan cintanya ke Beast, Agathe menampakkan dirinya sebagai penyihir dan membatalkan kutukannya, menghidupkan kembali Beast dan para pelayannya menjadi wujud asli mereka serta mengembalikan memori para penduduk desa. Sang pangeran dan Belle menggelar pesta perayaan, di mana mereka berdansa dengan bahagia.

Sumber: wikipedia