Sikat Gigi Teratur Bantu Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Selain menyikat gigi baik untuk kebersihan mulut ternyata menyikat gigi dengan teratur mengurangi resiko penyakit lainnya termasuk jantung loh!

Gigi dan gusi bersih, senyum indah, dan terhindar dari bau mulut bisa didapat dengan teratur menyikat gigi. Selain itu, nyatanya teratur menyikat gigi juga berhubungan dengan peradangan akibat penyakti kardiovaskular, seperti penyakit jantung.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Trends in Endocrinology and Metabolism menemukan bahwa infeksi mulut yang disebabkan perkembangan bakteri di mulut dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan peradangan. Infeksi mulut seperti gigi berlubang dan penyakit periodontal misalnya gingivitis dan periodontitis adalah penyakit yang paling umum dan kronis.

Penelitian sebelumnya telah menyoroti hubungan antara kesehatan mulut yang buruk dan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, bakteri dalam mulut juga dikaitkan dengan peningkatan risiko seseorang terkena stroke, terutama di kalangan laki-laki. Ketika terjadi infeksi pada mulut, akan terbuka peluang bakteri bermigrasi ke jantung dan arteri melalui aliran darah. Akibatnya, timbulah peradangan.

http://klinikjoydental.com/sikat-gigi-teratur-bantu-kurangi-risiko-penyakit-jantung/