Sikap-sikap seperti apa yang dapat memudahkan kita untuk diterima kerja?

Sikap adalah evaluasi kepercayaan (belief) atau perasaan positif atau negatif dari seseorang jika harus melakukan perilaku yang akan ditentukan.

Sikap-sikap seperti apa yang dapat memudahkan kita untuk diterima kerja?

Dikarenakan pekerjaan yang sering berubah-ubah maka timbul rasa khawatir dimana akan sulit mendapatkan posisi yang diinginkan. Pertahanan diri seperti “Itu bukan untuk saya” atau “saya bosan” tidak akan membantu sama sekali, Maka dari itu checkthem.com memberikan lima penjelasan yang valid yang dapat digunakan saat melamar kerja , yaitu:

1 Punya banyak keterampilan?

Kebanyakan pengusaha khawatir tentang pelamar pekerja yang hanya melamar posisi pekerjaan yang sama.Buatlah pewanwancara anda berpikir bahwa berpindah-pindah pekerjaan adalah sebuah bentuk refleksi diri dari kemajuan karir dan siap untuk mencoba bidang baru.Hal ini akan membuat manajer memperkerjakan anda , terlibih apabila anda bisa menunjukkan bahwa anda memiliki berbagai keterampilan dari pengalaman sebelumnya.

2 Kejujuran adalah hal yang penting

Jika pada catatan riwayat pekerjaan anda penuh dengan masa jabatan yang pendek tentunya anda tidak bisa menghindari pertanyaan dari pewawancara tentang alasan apa yang menyebabkan anda seperti itu,Tentunya anda harus dengan jujur mengatakan mengapa anda meninggalkan pekerjaan anda di masa lalu.

3 Berpindah di lokasi yang baru

Tentunya memerlukan alasan mengapa anda berpinda-pindah dari satu lokasi ke lokasi lainya dalam beberapa bulan, ini bisa menjadi salah satu alasan yang valid , sebagai contoh:
Anda mempunyai pekerjaan saat kuliah kemudian harus pindah ke DC karena sudah lulus dan itu menjadi pekerjaan kedua dalam hidup anda, namun ternyata orang tua anda sakit dan menyebabkan anda harus kembali ke San diego untuk membantu mereka, yang tentunya anda punya pekerjaan juga di san diego.Meskipun berganti 3 kali dalam satu tahun tentunya penjelasan ini akan membuat pewawancara anda menaikkan alis namun hal diatas tidak akan menunjukkan bahwa anda kurang kompetitif.

4 Susah mencari pekerjaan yang cocok

Tentunya penjelasan seperti ini dapat memberikan kesan plin-plan pada diri anda namun jika benar and aharus siap memberikan penjelasan yang membuat pewawancara anda percaya dan terkesan.Meskipun mencari pekerjaan yang pas adalah sesuatu yang tidak berguna namun itu bisa dijelaskan juga bahwa anda mencari pekerjaan yang menantang dan bahwa pada pekerjaan sebelumnya tidak memaksimalkan potensi diri anda. Kuncinya adalah, anda dapat menjelaskan dengan matang.

5 Tunjukkan komitmen

Sebagai seorang pelamar anda harus dengan percaya diri memberikan alasan mengapa anda menginginkan pekerjaan ini dan tidak berpindah-pindah pekerjaan lagi.Apabila pewawancara anda menginginkan anda tidak meninggalkan pekerjaan ini selama 6 bulan anda harus meyakinkan mereka dan mendapatkan kepercayaan dari mereka.

Terakhir,jangan lupa menunjukkan bahwa anda benar-benar ingin pekerjaan ini dan posisi yang anda inginkan dengan komitmen.Jika mungkin , tunjukkan ekspresi bahwa anda ingin disini untuk watu yang lama.

1 Like

1. Percaya diri

Kesan pertama sangat penting saat Anda melamar kerja di sebuah perusahaan. Kemunculan pertama Anda di hadapan manajer harus menunjukkan sikap percaya diri yang kuat.

2. Profesional

Berpakaian dengan sopan, berbicara penuh wibawa dan menunjukkan rasa hormat pada orang lain dapat menunjukkan sisi profesional Anda di perusahaan yang diminati.

3. Suka tantangan

keterbukaan pada tantangan dan pengalaman baru merupakan salah satu sikap kandidat yang dibutuhkan perusahaan. Sikap tersebut dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi seseorang hingga berdampak positif bagi perusahaan. biasanya tidak akan membatasi dirinya saat menerima tugas. Akan sangat bersemangat untuk melakukan apapun yang membuat dirinya berkembang.

4. Semangat belajar

Sikap semangat mengejar pengetahuan dapat dilihat dari caranya menyelesaikan masalah dan kehausannya untuk belajar. Dia selalu senantiasa berusaha mempelajari berbagai hal baru di perusahaan. sikap seperti ini cenderung handal dalam menyelesaikan masalah dan selalu mampu membawa sudut pandang baru di tempat kerja.

5. Berpikiran terbuka

Orang yang terbuka terhadap pandangan orang lain, bisa dipercaya dan mau mengorbankan diri sendiri sangat dibutuhkan para manajer di berbagai perusahaan. Sikap tersebut menuntunnya untuk senantiasa membantu orang lain dan memenuhi kebutuhan profesional di kantor. mampu menyebarkan aura positif pada rekan-rekan kerjanya di kantor.

6. Mampu beradaptasi dengan cepat

Alasan para atasan mencari karyawan seperti ini adalah sikapnya yang dapat membuat dia tanggap pada setiap tugas. Bahkan dia mampu menyelesaikan seluruh tugasnya tanpa diminta. Orang seperti ini cenderung efisien dan mandiri dalam bekerja.