Siapakah tokoh-tokoh menggambar ilustrasi yang terkenal pada masa pendudukan Jepang di Indonesia?

Istilah ilustrasi berasal dari bahasa Latin Ilustrare yang berarti menjelaskan. Penjelasan ini berhubungan dengan buku penjelasan, buku ilmiah, buku cerita, karya sastra, majalah, dan surat kabar. Siapakah tokoh-tokoh menggambar ilustrasi yang terkenal pada masa pendudukan Jepang di Indonesia?

Tokoh ilustrator pada masa pendudukan Jepang

Seni ilustrasi di Indonesia sudah dikenal sejak lama, hanya tidak dipopulerkan seperti saat ini. Sedangkan seni ilustrasi modern seperti yang kita kenal sekarang baru berkembang sejak masa penjajahan Belanda.

Setelah masa penajajahan Belanda berakhir, maka muncul penjajah baru dari Jepang. Pada masa pendudukan Jepang, kemajuan Pemuda Indonesia pada bidang penerbitan dan penulisan memuat pemerintahan Jepang merasa khawatir dan curiga akan terjadinya pemberontakan sehingga dibentuklah badan sensor. Tujuannya agar setiap hasil karya para pemuda yang keluar sesuai dengan keinginan pemerintah Jepang. Pada masa inilah muncul Ilustrator-ilustrator yang terkenal seperti : Karyono, Norman Camil, dan Surono yang bekerja pada majalah Asia Raya.