Siapakah Jyoti Amgre?

image
Jyoti Kisange Amge adalah seorang aktris India yang terkenal karena menjadi wanita hidup terkecil di dunia menurut Guinness World Records.

Siapakah Jyoti Amgre ?

Lahir pada 16 Desember 1993 di Nagpur, India tengah, Jyoti memiliki status rata-rata sampai ia mencapai usia lima tahun, menurut ibunya, Ranjana. Namun, pada saat itu menjadi jelas bahwa pertumbuhannya terhambat oleh semacam gangguan. Kemudian muncul bahwa dia memiliki bentuk dwarfisme yang disebut achondroplasia, dan tidak akan pernah tumbuh melebihi ketinggian tertentu.

Sejak usia empat tahun, Jyoti bersekolah bersama dengan anak-anak berukuran biasa, meskipun dia diberi meja dan kursi yang lebih sesuai untuk ukurannya yang kecil. Dia pertama kali menjadi perhatian dunia yang lebih luas pada tahun 2009, ketika dia muncul di Fuji TV Bikkuri Chojin 100 Special No.2. Diukur oleh dokter di acara itu, ia ditemukan hanya 61,95 cm (2 kaki) tinggi, membenarkan dia sebagai remaja terpendek hidup (perempuan). Hebatnya, hanya 5,4 kg (12 lb), beratnya hanya 4 kg (9 lb) lebih dari berat lahirnya.

Jyoti baru berusia 15 tahun saat itu, tetapi bahkan kepribadiannya yang ceria jelas terlihat oleh semua orang. Seperti banyak gadis remaja, dia menyukai fashion dan make-up-nya. Dan dia menyimpan ambisi untuk menjadi seorang aktris. Memang, selebriti yang baru ditemukannya itu sudah membantu membuka jalannya. Kemudian pada tahun 2009, ia muncul dalam video untuk sebuah lagu oleh bintang Bhangra Mika Singh, dan ditampilkan dalam film dokumenter Channel 4 Bodyshock, dalam sebuah episode berjudul ‘Two Foot Tall Teen’.

Tentu saja, seperti yang ditemukan oleh raksasa lembut Robert Wadlow dan Sultan Kösen, memiliki ukuran yang luar biasa dapat memiliki banyak kelemahan. Pakaian, perhiasan, dan bahkan piring serta peralatan makan Jyoti harus dibuat khusus. Tapi dia bertekad untuk membuat perawakannya yang unik berhasil baginya. Dan pengakuan dari GWR telah memainkan peran sederhana dalam menghilangkan keraguan diri yang telah dia alami sepanjang jalan: “Mendapatkan catatan ini telah membuat saya merasa lebih baik tentang diri saya sendiri,” Jyoti mengakui. “Saya merasa populer, istimewa dan penting.”

Seorang bintang telah lahir
Faktanya, kisah sukses Jyoti baru saja dimulai. Pada 16 Desember 2011, ia berusia 18 tahun - di mana ia mengambil gelar wanita hidup terpendek (ponsel). Dia diukur oleh konsultan ortopedi Dr Manoj Pahukar di Rumah Sakit Superspesialis Wockhardt di kota asalnya, Nagpur, dan adjudicator GWR Rob Molloy siap mengawasi proses.

Seperti halnya semua pemegang rekor dengan ukuran luar biasa, tinggi Jyoti diambil pada waktu yang berbeda dalam sehari, dan pembacaan rata-rata kemudian dihitung; ini karena kompresi tulang belakang menyebabkan ketinggian tubuh berfluktuasi selama 24 jam. Tingginya 62,8 cm (2 kaki 0,7 in), membuatnya sedikit lebih pendek dari pemegang rekor sebelumnya, Bridgette Jordan setinggi 69 cm (2 ft 3-in) dari Amerika Serikat.

Dalam ketenaran pertama, Jyoti berbicara tentang keinginan untuk mengunjungi negara lain. “Saya akan senang bepergian ke London dan melihat dunia yang berbeda di sana,” ungkapnya. Amerika juga ada dalam daftar keinginannya. Dia juga menegaskan, “Saya ingin sekali berakting di film.”

Syukurlah, semua aspirasi itu telah terwujud. Sekarang menjadi anggota keluarga GWR global yang mapan, Jyoti telah melakukan perjalanan ke luar negeri dan difoto pada sejumlah kesempatan dengan pemegang rekor lainnya - termasuk (pada 2012) Chandra Bahadur Dangi, pria terpendek yang pernah ada. Memang, dia menjulang tinggi di atas Chandra setinggi 54,6 cm (1-kaki 9,5-in). Keduanya disatukan untuk membantu merayakan peluncuran Guinness World Records 2013, edisi ke-57 buku terlaris tahunan kami. Peristiwa bersejarah ini menandai pertama kalinya dalam sejarah bahwa pria dan wanita terpendek di dunia telah bertemu.

Pada 2013, Jyoti terbang ke Kota New York, tempat Mike Janela dari GWR mendapat kehormatan menjadi pemandu wisata. “Dia mungkin wanita hidup terpendek,” kata Mike, “tapi Jyoti Amge adalah salah satu kepribadian terbesar yang kita miliki di dunia Guinness World Records.” Cukup benar: meskipun lebih pendek dari salah satu hidran kebakaran New York, Joyti menarik kerumunan ke mana pun dia pergi. “Sekarang semuanya ada dalam jangkauan saya,” katanya kepada Daily News kota itu. “Saya menempatkan diri saya ke dalam tantangan dan saya hanya pergi untuk itu.”

Sementara itu, Jyoti telah mengambil langkah untuk memenuhi ambisinya untuk menjadi bintang film. Selain tampil sebagai dirinya sendiri sebagai tamu di acara TV, pada tahun 2012 ia menjadi tamu di Bigg Boss - India ikut serta dalam acara reality show Big Brother. Dan pada tahun 2014, ia mendaftar untuk bagian dari Ma Petite di musim keempat dari serial TV Amerika Horror Story Amerika. “Orang-orang seperti saya mungkin bertubuh kecil, tetapi mereka juga bisa bertindak,” kata Jyoti kepada ABC News tahun itu. “Orang biasa tidak boleh meremehkan orang yang kecil.”

Satu hal yang pasti: dengan sikap yang bisa dia lakukan, optimisme yang cerah dan tekad yang tenang, tidak ada yang harus meragukan skala ambisi Jyoti Amge - atau kemampuannya untuk mencapainya.

Ringkasan

https://www.guinnessworldrecords.com/records/hall-of-fame/jyoti-kisanji-amge-shortest-woman-living