Siapakah Ivan Pavlov?

Ivan Pavlov adalah seorang ilmuwan Rusia yang banyak berjasa di bidang fisiologi dan kimia.

Ivan Pavlov dilahirkan pada 14 September 1849, di Ryazan, Rusia. Ia meninggalkan sekolah teologis awalnya untuk belajar sains. Sebagai kepala Departemen Fisiologi di Institute of Experimental Medicine, karya inovatifnya pada sistem pencernaan anjing membuatnya mendapatkan Hadiah Nobel untuk Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1904. Pavlov tetap menjadi peneliti aktif hingga kematiannya pada 27 Februari 1936.

Kehidupan Awal dan Pendidikan

Ivan Petrovich Pavlov lahir pada 14 September 1849 di Ryazan, Rusia. Sebagai putra seorang pendeta, ia bersekolah di sekolah gereja dan seminari teologis. Namun, ia terinspirasi oleh ide-ide Charles Darwin dan I.M Sechenov, bapak fisiologi Rusia, dan melepaskan studi teologisnya demi mengejar pencarian ilmiah.

Pavlov belajar kimia dan fisiologi di Universitas St. Petersburg dan menerima gelar Kandidat Ilmu Pengetahuan Alam pada tahun 1875. Dia kemudian mendaftar di Imperial Medical Academy di St. Petersburg, menyelesaikan disertasi pascasarjananya pada saraf sentrifugal jantung pada tahun 1883

Penemuan Pijakan Fisiologis

Setelah lulus, Pavlov belajar di bawah fisiologi kardiovaskular Carl Ludwig di Leipzig, Jerman, dan fisiologis gastrointestinal Rudolf Heidenhain di Breslau, Polandia. Dengan Heidenhain, ia menyusun operasi di mana ia menciptakan “kantong” luar pada perut anjing dan mempertahankan pasokan saraf untuk mempelajari dengan benar sekresi gastrointestinal. Dia kemudian menghabiskan dua tahun di laboratorium di St. Petersburg, tempat dia meneliti fisiologi jantung dan pengaturan tekanan darah.

Pada tahun 1890, Pavlov mengambil alih Departemen Fisiologi di Institute of Experimental Medicine yang baru dibuat. Dia juga diangkat sebagai Profesor Farmakologi di Imperial Medical Academy, dan lima tahun kemudian diangkat menjadi Ketua Fisiologi yang kosong. Selama periode ini, Pavlov fokus pada aktivitas sekresi pencernaan pada anjing, menanamkan fistula dalam saluran air liur mereka untuk merekam efek yang tidak terputus dari sistem saraf pada proses pencernaan.

Pengamatan Pavlov membawanya untuk merumuskan konsep refleks yang dikondisikan. Dalam eksperimennya yang paling terkenal, dia membunyikan nada sesaat sebelum memberi makan anjing, memberi mereka syarat untuk mulai mengeluarkan air liur setiap kali dia membunyikan nada. Pavlov menerbitkan hasilnya pada tahun 1903, dan menyampaikan presentasi tentang “Psikologi Eksperimental dan Psikopatologi Hewan” di Kongres Medis Internasional ke-14 di Madrid, Spanyol, kemudian pada tahun itu.

Penghargaan dan pencapaian

Untuk karyanya yang inovatif, Pavlov dinobatkan sebagai pemenang Hadiah Nobel 1904 untuk Fisiologi atau Kedokteran. Lebih banyak penghargaan diikuti selama bertahun-tahun. Dia terpilih sebagai Akademisi Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia pada tahun 1907, dan pada tahun 1912 dia diberi gelar doktor kehormatan di Universitas Cambridge. Mengikuti rekomendasi oleh Akademi Medis Paris, ia dianugerahi Ordo Legiun Kehormatan pada tahun 1915.

Tahun-tahun kemudian

Di kemudian hari, Pavlov menerapkan hukumnya pada studi psikosis, dengan alasan bahwa beberapa orang menarik diri dari interaksi sehari-hari dengan orang lain karena asosiasi rangsangan eksternal dengan peristiwa berbahaya. Meskipun ia secara khusus menolak psikologi sebagai pseudo-sains, penelitiannya membantu meletakkan dasar beberapa konsep penting dalam disiplin yang baru lahir.

Pavlov secara terbuka mengutuk kondisi negaranya yang tercabik-cabik perang setelah Revolusi Rusia tahun 1917. Ia berselisih dengan kritiknya terhadap Komunisme setelah kunjungan ke Amerika Serikat pada 1920-an, meskipun ia lolos dari tuntutan karena kedudukannya sebagai salah satu dari ilmuwan terkemuka Rusia. Pavlov melunakkan nadanya di tahun-tahun terakhir hidupnya, mungkin karena dukungan pemerintah yang meningkat terhadap penelitian ilmiah. Dia tetap mengabdikan diri untuk pekerjaan laboratoriumnya sampai kematiannya akibat pneumonia ganda pada 27 Februari 1936, di Leningrad.

Kehidupan pribadi

Pada tahun 1881, Pavlov menikah dengan siswa pedagogis Seraphima Vasilievna Karchevskaya. Pasangan itu sebenarnya tidak punya uang di tahun-tahun awal mereka bersama, dan sering hidup terpisah sampai keuangan mereka stabil. Putra pertama mereka meninggal secara mendadak ketika masih kecil, tetapi mereka melanjutkan untuk memiliki tiga putra dan putri.