Siapakah Dorami dalam film kartun Doraemon?

Dorami

Doraemon, salah satu manga dan anime yang sukses di dunia, dikarang oleh Fujiko F. Fujio yang menceritakan robot kucing bernama Doraemon yang berasal dari abad ke-22 yang kembali ke masa lalu di abad ke-20 dengan menggunakan mesin waktu untuk menolong Nobita. Versi manganya pertama kali diterbitkan pada bulan Desember 1969, sementara versi animenya pertama kali disiarkan pada April 1973.

Dorami adalah robot kucing dari abad ke-22 seperti halnya Doraemon. Ia merupakan adik kandung dari Doraemon, karena faktanya bahwa Dorami dibuat dengan menggunakan minyak dari kaleng yang sama dengan Doraemon.

Dorami lebih muda 2 tahun dari Doraemon, serta lebih pintar darinya. Tubuhnya berwarna kuning dan memiliki telinga seperti Doraemon di awal pembuatannya. Dorami merupakan robot pengasuh tambahan yang dibeli oleh keluarga Sewashi, cucu Nobita. Ia bertemu Doraemon ketika Doraemon putus asa dan menyendiri karena hilang telinganya (seperti dikisahkan dalam film “2112: Kelahiran Doraemon”). Dorami adalah robot yang lebih maju dibandingkan dengan Doraemon. Ia mampu menghasilkan 10.000 tenaga kuda dibandingkan dengan Doraemon yang hanya memiliki 129,3 tenaga kuda. Dorami sering mengunjungi Nobita dan Doraemon di abad ke-20 ketika Doraemon sedang berlibur atau sedang memerlukan bantuan. Pacarnya adalah Dora-the-Kid salah satu anggota The Doraemons.