Siapakah Daniel Radcliffe?


Daniel Jacob Radcliffe adalah seorang aktor dan produser Inggris yang terkenal berkat perannya sebagai Harry Potter dalam film seri berjudul sama, yang diadaptasi dari novel karangan J. K. Rowling.
Siapakah Daniel Radcliffe ?

Daniel Jacob Radcliffe lahir pada 23 Juli 1989 di Fulham, London, Inggris, dari agen casting Marcia Gresham (née Jacobson) dan agen sastra Alan Radcliffe. Ayahnya berasal dari latar belakang Protestan Irlandia Utara, sedangkan ibunya lahir di Afrika Selatan, dari keluarga Yahudi (dari Lithuania, Polandia, Rusia, dan Jerman). Daniel mulai tampil di produksi sekolah kecil ketika masih kecil. Tak lama kemudian, ia mendapatkan peran dalam David Copperfield (1999), sebagai David Copperfield muda. Beberapa tahun kemudian, ia mendapat peran sebagai Mark Pendel di The Tailor of Panama (2001), putra Harry dan Louisa Pendel (Geoffrey Rush dan Jamie Lee Curtis). Curtis memang menunjukkan kepada ibu Daniel bahwa dia bisa menjadi Harry Potter sendiri. Segera setelah itu, Daniel berperan sebagai Harry Potter oleh sutradara, Chris Columbus dalam film yang melanda bioskop pada 16 November 2001, Harry Potter and the Sorcerer’s Stone (2001). Dia diakui di seluruh dunia setelah film ini dirilis. Hadirin yang menyenangkan dan kritik di mana-mana, membuat film tentang sekuelnya, Harry Potter dan Kamar Rahasia (2002), dimulai tak lama setelah itu.

Dia muncul lagi sebagai Harry dalam Harry Potter dan Prisoner of Azkaban (2004) yang disutradarai oleh Alfonso Cuarón, dan kemudian muncul dalam Harry Potter dan Piala Api (2005) yang disutradarai oleh Mike Newell. Tak lama setelah itu, ia selesai syuting December Boys (2007) di Adelaide, Australia, Kangaroo Island, dan Geelong, Australia yang dimulai pada 14 November 2005 dan berakhir pada Desember. Pada 27 Januari 2006, ia menghadiri South Bank Awards Show untuk mempersembahkan penghargaan untuk “Artis Terobosan Tahun Ini” kepada Billie Piper. Daniel mengulangi karakternya yang terkenal sekali lagi untuk angsuran berikutnya dari seri Harry Potter, Harry Potter dan Order of the Phoenix (2007). Pada bulan Februari 2007, ia mengambil peran panggung pertamanya di West End bermain Equus, untuk pujian di seluruh dunia dari para penggemar dan kritikus. Juga pada tahun itu, ia membintangi film televisi My Boy Jack (2007), yang ditayangkan pada 11 November 2007 di Inggris.

Setelah menyuarakan karakter dalam episode serial televisi animasi The Simpsons pada akhir 2010, Radcliffe memulai debutnya sebagai J. Pierrepont Finch dalam kebangkitan Broadway 2011 Bagaimana Sukses dalam Bisnis Tanpa Benar-Benar Berusaha, peran yang sebelumnya dipegang oleh veteran Broadway Robert Morse dan Matthew Broderick. Anggota pemeran lainnya termasuk John Larroquette, Rose Hemingway dan Mary Faber. Baik aktor dan produksinya menerima ulasan yang baik, dengan USA Today berkomentar: “Radcliffe akhirnya berhasil bukan dengan menaungi sesama anggota pemerannya, tetapi dengan bekerja dalam keharmonisan hati nurani dengan mereka - dan bersenang-senang dalam prosesnya.” Penampilan Radcliffe dalam pertunjukan membuatnya mendapatkan Drama Desk Award, Drama League Award dan nominasi Circle Critics Circle Award. Produksi itu sendiri kemudian menerima sembilan nominasi Tony Award. Radcliffe meninggalkan pertunjukan pada 1 Januari 2012. Proyek pasca-Harry Potter pertamanya adalah film horor 2012 The Woman in Black, diadaptasi dari novel 1983 oleh Susan Hill. Film ini dirilis pada 3 Februari 2012 di Amerika Serikat dan Kanada, dan dirilis pada 10 Februari di Inggris. Radcliffe menggambarkan seorang pria yang dikirim untuk berurusan dengan masalah hukum seorang wanita misterius yang baru saja meninggal, dan segera setelah ia mulai mengalami peristiwa aneh dari hantu seorang wanita berpakaian hitam. Dia mengatakan dia “sangat bersemangat” untuk menjadi bagian dari film dan menggambarkan skrip sebagai “ditulis dengan indah”.

Pada 2013, ia memerankan penyair Amerika Allen Ginsberg dalam drama thriller Kill Your Darlings (2013), disutradarai oleh John Krokidas. Dia juga membintangi film komedi romantis Irlandia-Kanada The F Word yang disutradarai oleh Michael Dowseand yang ditulis oleh Elan Mastai, berdasarkan pada drama TJ Dawe dan Michael Rinaldi yang berjudul Toothpaste and Cigars dan kemudian dia membintangi film horor fantasi gelap Amerika yang disutradarai oleh Alexandre Aja Horns . Kedua film perdana di Festival Film Internasional Toronto ke-38. Radcliffe juga tampil di Noël Coward Theatre dalam drama panggung untuk menghidupkan kembali komedi gelap Martin McDonagh The Cripple of Inishmaan sebagai pemimpin, Billy Claven, di mana ia memenangkan Penghargaan WhatsOnStage untuk Aktor Terbaik dalam sebuah Permainan. Pada 2015, Radcliffe membintangi sebagai Igor dalam film horor fiksi ilmiah Victor Frankenstein (2015), disutradarai oleh Paul McGuigan dan ditulis oleh Max Landis, yang didasarkan pada adaptasi kontemporer novel 1818 karya Mary Shelley Frankenstein. Pada tahun 2016, ia tampil sebagai penjahat kaya dalam film misteri / aksi Now You See Me 2 (2016), dan sebagai mayat seluler yang sering dalam fantasi indie Swiss Army Man (2016).

Sekarang menjadi salah satu orang yang paling dikenal di dunia, Daniel menjalani kehidupan yang agak normal. Dia telah membuat teman-teman bekerja di film Harry Potter, yang termasuk rekan-bintangnya Rupert Grint dan Emma Watson.

Ringkasan

https://www.imdb.com/name/nm0705356/bio?ref_=nm_ov_bio_sm