Siapakah Bill Murray?

Bill
William James “Bill” Murray merupakan seorang aktor berkebangsaan Amerika Serikat yang memenangkan nominasi Academy Award dan Emmy Award. Dia dilahirkan di Wilmette, Illinois. Dia berkarier di dunia film sejak tahun 1976.

Siapakah Bill Murray ?

Aktor Bill Murray adalah ikon komedi yang terkenal karena karakter ‘Saturday Night Live’ yang populer dan film klasik seperti ‘Bakso,’ ‘Caddyshack’ dan ‘Ghostbusters.’ Dia dinominasikan untuk Oscar untuk peran seriokomiknya dalam ‘Lost in Translation.’

Siapakah Bill Murray?

Dilahirkan pada tahun 1950 di Illinois, Bill Murray akhirnya pindah ke New York City, di mana ia membawa bakat komedi ke Jam Lampoon Nasional radio. Pada tahun 1975, ia berada dalam putaran off-Broadway dari acara radio komedi ketika Howard Cosell merekrutnya untuk sebuah pertunjukan yang disebut Saturday Night Live . Sementara itu, Lorne Michaels menjalankan Saturday Night Live- nya sendiri secara bersamaan, dan ketika Murray bergabung dengan para pemain pada tahun 1976, ia mulai menyusun persona komedi yang menjadi kartu panggilnya untuk banyak film yang akan datang, dari Stripes ke Caddyshack . Dalam karirnya kemudian, Murray mengambil peran yang lebih seriokomik dalam banyak film sutradara Wes Anderson Lost in Translation (2003), yang membuatnya mendapatkan nominasi Oscar untuk aktor terbaik.

Masa muda

Aktor dan komedian Bill Murray lahir William J. Murray pada 21 September 1950, di Wilmette, Illinois. Anak kelima dari sembilan anak, Murray adalah pembuat onar yang diproklamirkan sendiri, apakah dikeluarkan dari Little League atau ditangkap pada usia 20 karena berusaha menyelundupkan hampir sembilan pon ganja melalui Bandara O’Hare Chicago. Dalam upaya untuk menemukan arah dalam hidupnya, ia bergabung dengan kakak laki-lakinya, Brian Doyle-Murray, dalam pemeran rombongan komedi improvisasi Kota Kedua Chicago.

‘Saturday Night Live’

Murray akhirnya pindah ke New York City, di mana ia membawa bakat komedi di udara di acara radio National Lampoon Hour (1973-74) bersama Dan Aykroyd, Gilda Radner dan John Belushi. Pada tahun 1975, kedua Murray bersaudara berada di spin-off Broadway dari acara radio ketika Bill terlihat oleh olahragawan Howard Cosell, yang merekrutnya untuk para pemeran program variety ABC Saturday Live Live With Howard Cosell (1975-76) . Di NBC, sebuah program yang juga bernama Saturday Night Live (1975-) menciptakan sensasi yang jauh lebih besar. Setahun kemudian, produser Lorne Michaels mengetuk Murray untuk menggantikan Chevy Chase, yang telah pindah untuk mengejar karir film. Itu di set Saturday Night Live bahwa Murray menciptakan karakter komedi busuk, tidak tulus yang menjadi kartu panggilnya untuk banyak film yang akan datang. Dia juga mendapatkan penghargaan Emmy untuk Outstanding Writing untuk karyanya di acara itu.

Film

‘Bakso’

Tidak butuh waktu lama bagi Murray untuk beralih dari layar kecil ke layar besar, dan peran film pertamanya yang pertama adalah di film box office 1979 yang menghantam Meatballs . Ini diikuti oleh kegagalan biografi Where the Buffalo Roam (1980), di mana Murray membintangi sebagai jurnalis gonzo Hunter S. Thompson.

‘Caddyshack,’ ‘Stripes,’ Tootsie, ‘’ Ghostbusters ’

Murray menebus dirinya tahun itu dengan kembali ke akar komedi dengan Caddyshack klasik yang sesat. Dia melanjutkan dengan serangkaian keberhasilan dalam film, termasuk Army Farce Stripes (1981), Tootsie (1982) dan Ghostbusters (1984), yang terakhir di antaranya membintangi Aykroyd dan Harold Ramis. Komedi ini adalah salah satu hit terbesar dalam dekade ini, menghasilkan hampir $ 300 juta di seluruh dunia dan menelurkan sekuel, serial kartun, tokoh aksi dan bahkan lagu tema top-chart.

‘The Razor’s Edge,’ ‘Little Shop of Horror’

Langkah selanjutnya Murray membuat penggemar setia lengah. Dia membintangi dan ikut menulis sebuah adaptasi dari novel Somerset Maugham The Razor’s Edge pada tahun 1984, yang telah menjadi mimpi seumur hidup. Pergantian jepit rambut dari sandiwara ke drama sastra terbukti terlalu tajam, dan film itu gagal. Murray menghabiskan beberapa tahun berikutnya dari Hollywood, hanya membuat penampilan cameo di film komedi musik 1986 Little Shop of Horrors .

‘Gober,’ ‘Groundhog Day’

Murray akhirnya kembali pada tahun 1988 dengan Scrooged , versi komedi yang gelap dari karya Charles Christmas karya Charles Dickens. Meskipun kinerjanya cukup baik, itu bukan pukulan yang diprediksi banyak orang — Ghostbusters II tahun 1989 juga tidak. Tapi Scrooged kemudian berubah menjadi klasik liburan, dan tampaknya berjalan sepanjang waktu di Christmastime. Pada 1991, Murray membintangi What About Bob? , yang merupakan hit yang tidak berkualitas, dan diikuti dengan Groundhog Day yang sama-sama diakui pada tahun 1993 dan Ed Wood pada tahun 1994.

‘Rushmore’

Pada tahun 1998, Murray memainkan apa yang diyakini banyak orang sebagai salah satu peran terbaiknya di Rushmore karya Wes Anderson. Sebagai taipan bisnis yang bersaing dengan seorang anak berusia 15 tahun yang eksentrik untuk mendapatkan kasih sayang dari seorang guru kelas satu, Murray memenangkan aktor pendukung terbaik dari Lingkaran Kritikus Film New York dan Masyarakat Nasional Kritikus Film. Kesuksesan film ini membantu mengembalikannya ke posisi terdepan, dan Murray ditambahkan ke kandang aktor Anderson. Dia menarik paparan lebih lanjut tahun itu dari penampilannya sebagai pengacara busuk di Wild Things yang kontroversial.

‘The Royal Tenenbaums,’ Nominasi Oscar untuk ‘Lost in Translation’

Pada tahun 1999, Murray muncul di Cradle Will Rock Tim Robbins, dan pada tahun berikutnya ia memainkan Bosley yang cukup lincah dalam pembuatan ulang Charlie’s Angels . Aktor itu kembali mendapatkan pujian kritis atas penampilannya dalam The Royal Tenenbaums (2001) karya Anderson, tetapi itu adalah perannya sebagai bintang film yang sudah tua, Bob Harris dalam film Lost In Translation karya Sofia Coppola (2003), berlawanan dengan Scarlett Johannson, yang menyebabkan beberapa yang terkuat ulasan tentang karirnya dan nominasi Academy Award pertamanya.

‘The Life Aquatic,’ ‘The Darjeeling Limited’

Pada tahun 2004, Murray menyuarakan Garfield dalam adaptasi live-action kucing komik strip dan bergabung lagi dengan sutradara Anderson untuk komedi offbeat The Life Aquatic With Steve Zissou . Murray kemudian membuat cameo dalam film Anderson The Darjeeling Limited (2007), diikuti dengan membintangi giliran dalam film komedi Get Smart (2008) dan film petualangan anak-anak City of Ember (2008). Pada tahun 2009, melanjutkan karyanya di ranah drama, ia membintangi film The Limits of Control karya Jim Jarmusch.

‘Taman Hyde di Hudson,’ ‘The Grand Budapest Hotel’

Murray mendapat sambutan hangat untuk perannya sebagai Franklin D. Roosevelt di Hyde Park on Hudson (2012), tentang hubungan Roosevelt dengan sepupu jauh dan kepercayaannya Margaret Stuckley (Laura Linney). Dia kemudian bersatu kembali dengan Anderson untuk Moonrise Kingdom pada tahun yang sama dan untuk The Grand Budapest Hotel (2014), yang menampilkan Jude Law dan Ralph Fiennes di antara para pemain ansambel.

'St. Vincent, ‘’ Olive Kitteridge ’

Juga di tahun 2014, Murray muncul di The Monuments Men , bersama George Clooney , Matt Damon, dan mendapatkan nominasi aktor utama Golden Globe untuk perannya dalam komedi St. Vincent , yang turut membintangi Melissa McCarthy dan Naomi Watts. Pada tahun yang sama ia membintangi sebagai Jack Kennison di miniseri HBO yang terkenal, Olive Kitteridge , di mana ia mendapatkan Emmy Award keduanya. Pada 2015, Murray terlihat dalam komedi Rock the Kasbah yang menggambarkan seorang manajer musik yang mulai menangani karier seorang remaja Afghan.

Reboot dan Sekuel Ghostbusters

Pada tahun 2016, Murray memberikan pekerjaan suara untuk The Jungle Book dan muncul dalam reboot Ghostbusters yang semuanya perempuan, sebagai skeptis supernatural Martin Heiss. Setelah bergabung dengan kolaborator lama Anderson lagi, sebagai suara salah satu anjing utama dalam film stop-motion Isle of Dogs (2018), Murray muncul dalam sepasang film zombie 2019, The Dead Don’t Die dan Zombieland: Double Ketuk . Selanjutnya adalah kembali ke salah satu peran pembuatan ketenaran di awal karirnya dengan kedatangan Ghostbusters Juli 2020 yang dijadwalkan : Afterlife .

Kehidupan pribadi

Murray menikah dengan Margaret “Mickey” Kelley dari 1981 hingga 1994. Mereka memiliki dua putra, Homer dan Luke. Pada tahun 1997, dia menikah dengan Jennifer Butler, dengan siapa dia memiliki empat putra: Jackson, Cal, Cooper dan Lincoln. Mereka bercerai pada 2008. Pada 2016, Murray menikmati salah satu penghargaan terbesar dalam karirnya sebagai penerima Mark Twain Prize untuk American Humor. Di luar akting, Murray telah terlibat dalam bisnis restoran dengan saudara-saudaranya. Restoran Caddyshack Murray Bros dibuka di St. Augustine, Florida, pada tahun 2001, dan pada tahun 2018 para kru memperkenalkan lokasi kedua di Crowne Plaza Hotel di Rosemont, Illinois.

Video

Bill Murray - The Guys

Bill Murray - The Guys (TV-14; 2:03)

Bill Murray - Improvisasi

Bill Murray - Improvisation (TV-14; 1:48)

Bill Murray - Suara Generasi

Bill Murray - Suara Generasi (TV-14; 1:52)

Referensi

https://www.biography.com/actor/bill-murray