Siapa tokoh pencetus istilah fotografi?

penemu fotografi

Munculnya fotografi tidak ditemukan begitu saja namun sudah mengalami fase
perintisan yang cukup panjang oleh para tokoh-tokoh perintisnya.Siapa penemu istilah fotografi?

Hércule Romuald Florence adalah penemu yang lahir di Nice, Prancis, pada 1804. Sejak umur 20 tahun, Hércule menetap di kota Campinas, Sao Paulo, Brazil. Semula bekerja menjadi pegawai toko, ia kemudian pindah dari satu toko ke toko lainnya hingga akhirnya menyadari bakatnya sebagai pendesain. Bergelut di dunia seni sejak kecil, ia lalu bergabung dengan ekspedisi ke Brazil, termasuk ke Amazon. Hércule bertanggung jawab untuk merekam gambar-gambar selama perjalanan. Ekspedisi yang diketuai Georg Heinrich von Langsdorff ini sangat penting artinya bagi penemuan-penemuan fotografi Hercule, ekspedisi tersebut memaksa penemu muda ini untuk menghabiskan waktu selama kurun 1825–1829 untuk terus merekam tanpa kenal lelah lanskap Brazil beserta semua makhluk hidupnya.

Sumber: Mariana Rezende, “Original Creators: Hércules Florence, The Forgotten Father of Photography,” thecreatorsproject.vice.com, 19 September 2011.

Berikut adalah beberapa penemu yang mendirikan dunia fotografi dan dalam prosesnya, mengubah dunia seperti yang kita kenal:

  • Nicéphore Niépce
    Joseph Nicephore Niepce lahir pada tanggal 7 Maret 1765. Niepce menemukan teknik yang disebut Heliografi (matahari tertulis), yaitu teknik yang digunakan untuk mencetak foto dengan menggunakan sebuah lempengan pewter (logam lunak campuran) dengan kamera obsura. Niepce mencoba mengambil gambar Paus Pius VII, tapi hasil itu hancur ketika mulai ditiru. Kemudian Niepce berhasil untuk mengambil gambar dengan bantuan bitumen (semacam aspal) yang di campur dengan lautan perak klorida yang bersifat menggelap saat terkena cahaya. Cara ini merupakan penemuan yang pertama dalam mencetak hasil fotografi walaupun dengan waktu lebih dari 8 jam. Kemudian, cara ini dikoreksi oleh sepupunya yang bernama Saint Victor dengan menggunakan albumen yang menggunakan kertas. Dipertengahan kariernya, Niepce bekerja sama dengan Louis Dagueree untuk menciptakan sebuah proses yang menggunakan minyak lavender. Namun, Niepce meninggal pada tahun 1833. Kemudian, Daguerre bereksperimen sendiri, dan akhirnya menciptakan sebuah kamera yang dinamakan “Daguereetype” berkat bantuan Niepce

  • Thomas Wedgwood
    Pada tahun 1802 di Inggris Thomas Wedgwood menemukan suatu metoda untuk memindahkan gambar atau lukisan yang terdapat pada sebidang kaca dengan cahaya keatas atau kulit yang dibuatnya peka lebih dahulu dengan perak nitrat atau perak chloride. Juga gambar – gambar silhuet dapat dibuatnya dengan cara yang sama. Tetaapi ketika gambar – gambar itu terkena cahaya , gambar tersebut lenyap kembali. Dia hanya dapat melihat eksperimennya itu dengan cahaya lilin saja. Wedgwood belum dapat membuat gambar – gambar itu menjadi permanent, walau teman – temannya mungkin sudah megetahui tentang percobaan yang dilakukan oleh Scheele untuk menetapkan gambar dengan amoniak.

  • Joseph Nicephore Niepce
    Di Prancis Joseph Nicephore Niepce melakukan berbagai percobaan dengan kamera yang dilengkapi dengan lensa. Begitu pula dengan macam – macam bahan kimia. Dalam tahun 1816 dia berhasil membuat gambar negatif dengan cahaya diatas kertas yang dibuatnya peka lebih dahulu dengan perak chloride. Kemudian dalam tahun 1822 dia melumarkan larutan aspal dalam minyak lavendar ke keatas sebidang plat yang terbuat dari campuran timah hitam dan timah putih. Sesudah itu menyinarinya dalam kamera berjam – jam lamanya pada terik panas matahari. Plat yang telah disinari itu diolahnya dalam campuran 1 bagian minyak lavender dengan 10 bagian minyak tanah. Campuran minyak lavender dan minyak tanah itu dengan lambat melarutkan bagian aspal yang tidak kena cahaya, sedangkan aspal yang kena cahaya tidak dapat larut. Dengan demikian dia langsung mendapat gambar yang positif.
    Pada tahun 1829 Niepce menukar plat timah dengan plat yang disepuh dengan perak. Mungkin penemuannya inilah yang membawa Daguerre kemudian bekerjasama dengannya dalam penemuan berupa plat yang dibuat peka dengan perak kemudian diberi uap iodina. Niepce meninggal sebelum kerjasamanya menxapai hasil yang didambakannaya, kerjasamanya itu dilanjutkan oleh putranya bernama Isidore.

  • Louis Daguerre
    Terpisah dari Niepce, mula–mula Deguerre membuat percobaan-perxobaan pula untuk membuat permanen hasil pemotretannya. Pada tahun 1826 Deguerre berkenalan dengan Niepce. Tiga tahun kemudian meraka membuat persetujuan untuk saling menukar pengalaman. Sebelum tercapai suatu hasil bersama, Joseph meninggal.
    Deguerre melumarkan selapis perak ke atas sebidang tembaga yang dipoles licin, kemudian diuapinya dengan iodina dalam kamar gelap. Perak yang diuapi dengan uap iodonia inilah yang seteleh kering menjadi peka akan cahaya. Tembaga dengan bahan peka inilah yang disinarinya dalam kamera selama 30 menit. Tembaga yang telah disinari itu diuapinya dengan uap air raksa dalam tabung yang dapat dipanaskan. Dari kaca yang berwarna dia dapat melihat perkembangan reaksi yang terjadi sampai gambar yang tadinya laten cukup muncul. Gambar ini ditetapkannya dengan hipo. Proses yang ditemukan Deguerre ini terkenal dengan nama Dsguerreotipi. Penemuan Deguerre ini dibeli oleh pemerintah Prancis dan pada tanggal 15 Juni 1839 Raja Louis Phillipe mengukuhkan pembelian penemuan baru itu sebagai hadiah untuk seluruh dunia.

  • William Hendry Fox Talbot
    Pada zaman Deguerre, di Inggris William Hendry Fox Talbot giat pula melakukan percobaan sehingga akhirnya menemuan suatu proses untuk membuat foto dengan pinhole kamera. Sehingga bahan peka dia menggunakan perak nitrat kemudian perak chloride. Dengan bahan peka tersebut yang di lumarkannya diatas selembar kertas pada tahaun 1855 dia berhasil memotret rumahnya. Tidak lama kemudian dia menemukan perak bromida yang jauh leih peka. Talbotla yang mula – mula menggunakan obat pengembang untuk menimbulkan bayangan laten dari hasil pemotretannya dan kemudian menetapkan gambar yang sudah timbul itu dengan natrium thiosulfat atau hipo yang ditemukan oleh John Hershel dalam tahun 1819. sampai sekarang ternyata hipo itumasih digunakan untuk menetapkan. Kemudian negativf kertas itu dibuatnya tembus cahaya dengan lilin. Dari negatif kertas ini dicetaknya gambar positif pada kertas pula yang sebelumnya dilumarinya dengan perak chlorida sehingga merupakan sebuah foto. Bahan pengembangan yang digunakan cuka gallik, proses ini terkenal dengan nama kalotipi yang kemudian disebut juga Talbottipi. Dengan adanya urutan tahap-tahap pengolahan yang dilakukan oleh Talbot dalam menciptakan sebuah foto yaitu memotret, mengembangkan bayangan laten, menetapkannya kemudian mencetak foto dari negatif pada selambar kertas yang peka, maka lengkaplah tahap-tahap pembuatan foto seperti yang dilakukan sekarang. Itulah sebabnya orang sering menyebut Talbot sebagai bapak fotografi moderen, walaupun hasil penemuan Talbot pada waktu itu tidak mengimbangi antusiasme orang-orang di Eropa daratan dengan Daguerreotipi.

  • George Easman
    Bukan di Eropa saja orang giat dalam bidang fotografi yang baru ditemukan itu, akan tetapi juga di Amerika Serikat. Salah seorang diantaranya ialah George Easman. Dia memulai karirnya dalam bidang fotografi sebagai tukang membuat plat yaitu kaca yang dilumuri dengan gelatin dimana terdapat ahan peka. Mula – mula dia hanya dapat membuatnya dalam jumlah yang terbatas saja. Dalam tahun 1879 dia berhasil membuat sebuah alat yang dapat membuat peka banyak sekali. Ketika tahun 1888 dia memasarkan kamera Box dengan merk Kodak yang mudah cara menggunakannya, terjadilah suatu revolusi dalam bidang fotografi. Apalagi setelah dia menjual gulungan film dengan alas seluloid pada tahun 1891 yang dapat dimasukan ke dalam kamera pada cahaya terang sehingga lebih memudahkan lagi pekerjaan si pemotret.
    Hanya kamera dan film yang terjangkau oleh kantong rakyat Indonesia waktu itu, maka pada tahun 30-an fotografi sempat menyentuh perhatian beriu-ribu penggemar dinegri kita ini. Demikian populernya fotografi waktu itu sehingga dapat menambah perbendaharaan kata-kata dalam bahasa Indonesia. Kamera disebut “Kodak” dan berpotret dakatakan “Berkodak”. Tidak percuma Easman memilih perkataan Kodak yang tidak ada artinya kecuali maksudnya supaya mudah diingat dan diucapkan oleh semua orang dimuka bumi ini. Suskses yang dicapai Easman lebih-lebih karana waktu itu dibanyak Negara dan tempat terdapat perwakilannya atau cabang perusahaannya. Disitu orang dapat memproses film yang telah disinari, kemudian membuat fotonya dengan ongkos yang tidak mahal. Dengan semboyan “ You push the button we do rest “ yang artinya “ Anda menekan tomol, kami melakukan selebihmya “, Kodak menjelajahi dunia dengan jayanya.

Mengenai Tokoh Fotografi Indonesia

Kassian Cephas dapat dianggap sebagai pelopor fotografi Indonesia. Ia adalah seorang pribumi yang kemudian diangkat anak oleh pasangan Adrianus Schalk dan Eta Philipina Kreeft. Nama Kassian Cephas mulai terlacak dengan karya fotografi tertuanya buatan tahun 1875.
Cephas lahir dari pasangan Kartodrono dan Minah. Ada juga yang mengatakan bahwa ia adalah anak angkat dari orang Belanda yang bernama Frederik Bernard Fr. Schalk. Cephas banyak menghabiskan masa kanak-kanaknya di rumah Christina Petronella Steven. Cephas mulai belajar menjadi fotografer profesional pada tahun 1860-an. Ia sempat magang pada Isidore van Kinsbergen, fotografer yang bekerja di Jawa Tengah sekitar tahun 1863-1875. Tapi berita kematian Cephas di tahun 1912 menyebutkan bahwa ia belajar fotografi kepada seseorang yang bernama Simon Willem Camerik.

Publikasi luas foto-foto Cephas dimulai pada tahun 1888 ketika ia membantu membuat foto-foto untuk buku karya Isaäc Groneman, seorang dokter yang banyak membuat buku-buku tentang budaya Jawa, yang berjudul: In den Kedaton te Jogjakarta. Pada buku karya Groneman yang lain: De Garebeg’s te Ngajogjakarta, karya-karya foto Cephas juga ada disitu.
Dengan kamera barunya yang bisa dipakai untuk membuat “photographe instanee”, Cephas mulai menjual karya-karya fotonya. Sejak itu karya-karyanya mulai dikenal dan dipakai sebagai suvenir atau oleh-oleh bagi para masyarakat elit Belanda ketika mereka akan pergi ke luar kota atau ke Eropa. Misalnya ketika JM. Pijnaker Hordijk, pemilik sewa dan seorang Vrijmetselaar terkemuka akan meninggalkan Yogyakarta, ia diberi hadiah album indah berisi kompilasi karya-karya foto Cephas dengan cover indah yang dilukis oleh Cephas sendiri dan bertuliskan “Souvenir von Jogjakarta”. Album-album semacam itu yang berisi foto-foto sultan dan keluarganya juga kerap diberikan sebagai hadiah untuk pejabat pemerintahan seperti residen dan asisten residen. Keadaan seperti ini tentunya membuat Cephas dikenal luas masyarakat kelas tinggi, dan memberinya keleluasaan bergaul di lingkungan mereka.

Cephas mulai bekerja sebagai fotografer kraton pada masa kekuasaan Sultan Hamengkubuwono VII. Karena kedekatannya dengan pihak kraton maka ia bisa memotret momen-momen khusus yang hanya diadakan di kraton semisal tari-tarian untuk kepentingan buku karya Groneman.
Cephas juga membantu pemotretan untuk penelitian monumen kuno peninggalan zaman Hindu-Jawa yaitu kompleks Candi Loro Jonggrang di Prambanan yang dilakukan oleh Archaeologische Vereeniging di Yogyakarta. Proyek ini berlangsung tahun 1889-1890. Dalam bekerja, Kassian Cephas banyak dibantu Sem, anak laki-lakinya yang paling tertarik pada dunia fotografi seperti ayahnya. Kassian Cephas memotret sementara Sem menggambar profil bangunannya.

Ia juga membantu memotret untuk lembaga yang sama ketika dasar tersembunyi Candi Borobudur mulai ditemukan. Ada sekitar 300 foto yang dibuat Cephas untuk penggalian ini. Pemerintah Belanda mengalokasikan dana 9000 gulden untuk penelitian ini. Cephas dibayar 10 gulden per lembar fotonya. Cephas mengantongi 3000 gulden (sepertiga dari seluruh uang penelitian). Jumlah yang sangat besar untuk ukuran waktu itu.

Cephas adalah pribumi satu-satunya yang berhasil menguasai alat peradaban modern, itu juga yang membuatnya diakui di kalangan golongan masyarakat kelas tinggi. Buktinya ia bisa menjadi anggota istimewa Perkumpulan Batavia yang terkenal itu. Tahun 1896 ia dinominasikan menjadi anggota KITLV (Lembaga Linguistik dan Antropologi Kerajaan) atas dedikasinya memotret untuk penelitian Archaeologiche Vereeniging. Ia benar-benar diterima menjadi anggota KITLV pada tanggal 15 Juni 1896. Ketika Raja Chulalongkorn dari Thailand berkunjung ke Yogyakarta tahun 1896, ia mendapat hadiah berupa tiga buah kancing permata. Bahkan Ratu Wilhelmina dari Belanda memberi penghargaan berupa medali emas Oranje-Nassau kepada Cephas pada tahun 1901.
Cephas sendiri sudah sejak tahun 1888 memulai prosedur untuk mendapatkan status “gelijkgesteld met Europeanen” atau “disetarakan dengan kaum Eropa” untuk dirinya sendiri dan anak-anak laki-lakinya: Sem dan Fares; suatu prosedur yang dimungkinkan oleh UU Kewarganegaraan Hindia Belanda pada masa itu.

Sumber :