Siapa Saja Tokoh pelukis Aliran Neoklasikisme ?

lukisan aliran Neo Klasikisme

Salah satu aliran dalam seni rupa adalah neo-klasikisme. Aliran Neo Klasikisme adalah gerakan untuk mempertegas kembali (neo) kepada aliran klasikisme. Menurut anda siapa saja tokoh yang berpengaruh dalam perkembangan aliran seni ini?

Jacques-Louis David (1748-1825)

David merupakan pelopor aliran Neo-Klasikisme di Perancis pada akhir abad ke-18. Ia bekerja pada Raja Louis XVI, namun karya-karyanya mencerminkan pandangan republikanisme. Ketika terjadi Revolusi Perancis David berperan aktif sekaligus dalam seni rupa dan politik. Setelah Napoleon mengubah pemerintahan republik menjadi kerajaan, David bekerja pada Napoleon dan mengembangkan gaya Neo-Klasik. Setelah Napoleon dikalahkan dan terjadi restorasi monarkhi di Perancis, David hidup dalam pengasingan di Brussels.

Salah satu karya David yang terkenal berjudul Oath of Horatii (1774). Meskipun dikerjakan untuk Louis XVI, karya ini telah mengantisipasi pemikiran republikanisme. Lukisan ini berisi cerita tentang tiga pemuda bersaudara yang akan berangkat berperang demi kerajaan Romawi. Tampak mereka mengangkat sumpah dengan pedang yang dipegang oleh ayahnya, berjanji untuk mengabdikan diri pada nilai-nilai luhur dan kaidah- kaidah moral. Tema itu menggambarkan ajaran Neo-Klasikisme bahwa pikiran lebih utama dari pada perasaan. Lukisan dalam beberapa hal bertentangan dengan gaya Rokoko. Warnanya kusam, figur-figur statis (kaku, seperti patung), dan perspektif dirancang secara rasional. Komposisi disusun secara geometrik dan objek utama merupakan latar depan. Pencahayaan yang tajam dan langsung menunjukkan ciri khas gaya Baroq, bukan Neo- Klasikisme.

Lukisan Oath of Horatii (1774), Jacques-Louis David.
Gambar Oath of Horatii (1774), Jacques-Louis David.

Karya David yang lain misalnya The Death of Socrates (1787). Dalam lukis ini figur Sokrates mengulurkan tangan kanannya untuk menerima mangkuk yang berisi racun dan mengangkat tangan kirinya, sebagai pernyataan keteguhannya pada pendirian yang luhur. Sokrates yang secara tidak adil dihukum mati mengungkapkan keyakinannya untuk menegakkan hukum. Sesuai dengan prinsip Neo-Klasikisme, bentuk-bentuk horisontal dan vertikal membuat komposisi lukisan itu menjadi stabil. Di latar depan figur Sokrates dan murid-muridnya digambarkan dengan arah tegak dan mendatar, dengan sikap kaku seperti patung.

The Death of Socrates (1787), Jacques-Louis David.
Gambar The Death of Socrates (1787), Jacques-Louis David.

Jean-Auguste-Dominique Ingres /(1780-1867)

Ingres adalah murid David, yang menjadi tokoh Neo-Klasikisme di Perancis sampai pertengahan abad ke-19. Tidak seperti David, Ingres tidak mengabdikan diri pada pemerintahan Napoleon ataupun pemikiran republikanisme Revolusi Perancis.

Prinsip seni lukis Ingres lebih tegas dari pada David, bahwa garis kontur merupakan unsur utama dalam seni lukis. Meskipun memiliki kepekaan yang mendalam terhadap unsur warna, Ingres menentang tradisi seni lukis Rubens yang menggunakan warna secara emotif. Ingres mengingatkan kembali pertentangan antara ajaran seni lukis Poussin yang menggunakan pendekatan intelektual dan seni lukis Rubens yang menggunakan pendekatan emosional.

–Lukisan ini dihapus karena mengandung unsur pornografi–
Gambar Grande Odalisque. (1814), Jean-Auguste-Dominique Ingres.

Salah satu karya Ingres yang terkenal berjudul Grande Odalisque (1814). Lukisan ini mengambil tema dari Timur Dekat, menggambaran wanita simpanan raja, tetapi menggunakan gaya Neo-Klasik. Seperti karya David pada umumnya, lukisan ini memiliki tekstur permukaan yang halus dan penggambaran figur yang kaku, seperti patung. Berbeda dengan David, Ingres menggunakan bentuk figur yang dipanjangkan (elongated) dan diabstraksikan, seperti dalam lukisan Manneris pada abad ke-16 (misalnya lukisan El Greco). Objek wanita itu tampak menonjol ke depan, memberikan kesan seperti relief.

Angelica Kauffman (1741-1807)

Kauffman adalah pelukis wanita kelahiran Swiss yang belajar di Itali dan kemudian menetap di London. Kauffman bersama-sama dengan Sir Jushua Reynolds mendirikan Royal Academy di Inggris. Kauffman banyak mengerjakan dekorasi untuk menghiasi interior Neo-Klasik yang didesain oleh Robert Adams. Ia dikenal dengan lukisannya yang bertema sejarah dan potret. Karya Kauffman misalnya Painting: Color (1780), yang merupakan lukisan kanvas untuk langit-langit ruang kuliah di Royal Academy.

lukisan Painting: Color (1780), Angelica Kauffman.
Gambar Painting: Color (1780), Angelica Kauffman.

Thomas Jefferson (1743-1826)

Thomas Jefferson adalah presiden Amerika Serikat yang ketiga dan sekaligus arsitek. Jefferson merancang bangunan dengan gaya Neo-Klasik. Selama menjabat menteri untuk Perancis pada tahun 1784 sampai 1789, ia belajar tentang seni bangun Eropa moderen dan seni bangun Romawi kuno. Ia merancang beberapa gedung pemerintah di Amerika, di antaranya gedung pemerintah pusat negara bagian Virginia (Virginia State Capitol) dan gedung Universitas Virginia.

Thomas Jefferson juga merancang bangunan rumah kediamannya yang diberi nama Monticello. Bangunan ini didasarkan pada bangunan abad ke-16, Palladio Villa Rotunda. Bangunan ini pernah dimodifikasi pada tahun 1796 sampai 1806, dengan mengurangi unsur yang berasal dari Palladio tersebut. Ciri-ciri bangunan ini di antaranya kubah yang dibangun di atas dinding berbentuk oktagonal serta portiko (teras depan) yang menggunakan susunan Dorik.

Bangunan Karya Thomas Jefferson
Gambar Bangunan Karya Thomas Jefferson

Sumber : Bambang Prihadi, Sejarah seni rupa barat II, Universitas Negeri Yogyakarta