Siapa saja pembuat bahasa pemrograman yang ada saat ini?

Bahasa pemrograman merupakan untaian kata-kata berupa instruksi atau perintah-perintah yang biasanya terdiri dari banyak baris yang bisa dimengerti oleh komputer. Bahasa pemrograman ini wajib dikuasai oleh seorang developer agar dapat membangun sebuah aplikasi atau software. Dan untuk membuat aplikasi tertentu maka digunakan juga bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang akan dibuat tersebut.

Siapa saja tokoh yang telah membuat bahasa-bahasa pemrograman yang ada saat ini?

Bahasa Pemrograman dan Pendirinya

  1. Java
    Bahasa pemrograman ini awalnya dikembangkan pada The Green Project pada tahun 1991 oleh Sun Microsystem yang kemudian dilepas pada Oracle. Nama Java sendiri dipilih karena salah seorang pendiri Java, James Gosling, sangat menyukai kopi murni yang langsung digiling dari mesin giling (kopi tubruk) dimana kopi jenis ini berasal dari pulau Jawa di Indonesia.

  2. C
    Bahasa C ini termasuk bahasa pemrograman tertua yang pernah ada. Bahasa pemrograman C ini dikembangkan dari sekitar tahun 70-an. Pembuat bahasa C adalah Dennis Ritchie.

  3. PHP
    PHP Hypertext Pre-processor) merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di Indonesia. PHP pertama kali dikembangkan oleh Rasmus Lerdrorf.

  4. Visual Basic
    Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. Bahasa pemrograman ini menawarkan IDE visual dalam pembuatan software, dan bahasa pemrograman ini dikembangkan untuk membuat software-software berbasis sistem operasi Windows. VisualBasic sendiri adalah keturunan dari bahasa pemrograman BASIC.

  5. Phyton
    Dalam tingkatan bahasa pemrograman, Python termasuk bahasa tingkat tinggi. Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang dapat membangun aplikasi, baik itu berbasis web ataupun berbasis mobile dikembangkan oleh Guido van Rossum

  6. C++
    C++ merupakan bahasa pemrograman pengembangan dari bahasa C. C++ dan C memiliki sintaks penulisan yang hampir sama, meski begitu kedua bahasa pemrograman ini memiliki perbedaan pada penyelesaian masalahnya. C++ pertama kali dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup.

  7. JavaScript
    JavaScript adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Netscape. Penggunaan JavaScript saat ini kebanyakan terdapat pada pengembangan web.

  8. C#
    C# adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. C# ini menggabungkan prinsip dari C dan C++. C# ini banyak digunakan untuk mengembangkan software yang menggunakan platform Windows.

https://www.codepolitan.com/10-bahasa-pemrograman-populer-di-indonesia

Bahasa pemrograman yang ada saat ini sudah banyak sekali. Dalam pengembangan aplikasi sendiri, beragam developer menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda-beda.

Berdasarkan hasil dari PYPL PopularitY of Programming Language Index pada bulan September 2015 menyatakan bahwa Java masih menjadi raja bahasa pemrograman populer yang digunakan oleh developer di seluruh dunia. Setelah itu disusul oleh PHP, Python, C#, dan C++ yang menempati 5 besar.

  1. Java
    Java adalah bahasa pemrograman yang paling populer digunakan di dunia untuk saat ini. Awalnya Java dikembangkan pada tahun 1991 dalam proyek Green yang dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling saat masih di Sun Microsystem.
    Kini bahasa pemrograman Java sudah resmi dimiliki oleh perusahaan Oracle setelah Sun Microsystem melepasnya. Java ini merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bertenaga untuk mengembangkan aplikasi desktop, web, bahkan mobile…

  2. PHP
    Awalnya PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page dan seiring berjalannya waktu singkatan PHP menjadi PHP : Hypertext Propocesor. Bahasa pemrograman ini sendiri dikembangkan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994.
    PHP ini merupakan bahasa pemrograman yang populer digunakan untuk membangun website dinamis karena teknologinya yang server side scripting

  3. Python
    Bahasa pemrograman yang satu ini menjadi populer karena mudah dipelajari dan bertenaga. Python sendiri awalnya dirancang oleh Guido Van Rossum pada tahun 1991. Nama Python sendiri berawal dari acara komedi Monty Python yang hit di tahun 70-an.

  4. C#
    C# sendiri dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisatif kerangka .NET Framework yang menggunakan gabungan prinsi dari C dan C++.
    C# juga populer untuk mengembangkan aplikasi yang berbasis Windows maupun Windows Phone.

  5. C++
    C++ merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Bjarne Stroust pada tahun 1980-an yang merupakan pengembangan dari bahasa C. Salah satu hal paling mendasar yang membedakan C++ dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek atau Object Oriented Programming.

  6. C
    Biasanya bahasa pemrograman yang satu ini diajarkan pada tingkat awal pada jurusan TI perguruan tinggi di Indonesia sebagai penunjang mata kuliah algoritma dan dasar pemrograman. Bisa dibilang C merupakan bahasa pemrograman yang sudah tua dikembangkan pada tahun 1970-an oleh Dennis Ritchie.

  7. JavaScript
    JavaScript ini awalnya JavaScript ini dikembangkan oleh _Brendan Eic_h dari Netscape. Bahasa pemrograman ini biasa banyak digunakan untuk pengembangan web karena dapat membuat web yang dihasilkannya menjadi menarik dan interaktif.

  8. Objective-C
    Objective-C ini sendiri dikembangkan oleh Brad Cox and Tom Love yang dirilis pada tahun 1983 dan merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek.

  9. R
    Awalnya R muncul pada tahun 1993 yang dikembangkan oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman. Bahasa R ini ditujukan untuk analisis statistika dan grafik. Selain itu, bahasa R merupakan bagian dari proyek GNU.

Bahasa terpopuler saat ini dan sejarah singkatnya

  1. Java - James Gosling
    Java adalah salah satu Bahasa pemrograman yang terpopuler dan tersukses. Dr. James Arthur Gosling yang menciptakan Java dan lebih dikenal sebagai bapak dari permrograman Bahasa java. Pada awalnya, Java dikembangkan dan di support oleh Sun Microsystem namun setelah Sun Microsystem diakuisisi oleh Oracle pada tahun 2010, java dikembangkan oleh mereka. Java diciptakan dengan tujuan untuk membuat Bahasa pemrograman WORA, “Write Once Run Anywhere” dan fitur inilah yang merupakan salah satu pillar yang menjadikan java sebagai Bahasa terpopuler diklangan perusahaan. Hingga sekarang java merupakan Bahasa terpopuler sebagai pembuatan aplikasi.

  2. Python - Guido van Rossum
    Python adalah Bahasa pemrograman tingkat tinggi yang tidak terkhususkan untuk bidang tertentu, dimana filosofi dari desain Python menekankan mengenai keterbacaan sebuah kode. Syntax nya dikatakan bersih dan expresif. Python didesain oleh Guido van Rossum dari CWI. Di Amerika Serikat, Python telah menggantikan Java pada segmen pendidikan, siswa sekarang telah belajar memprogram menggunakan Python daripada Java ataupun C. Python digunakan secara ekstensif di bidang pembuatan aplikasi web, disana ada banyak framework aplikasi web berbasis python, pembuatan software dan informasi keamanan. Python juga sering digunakan oleh raksaksa teknologi seperti Google, Yahoo dan Spotify.

  3. JavaScript - Brendan Eich
    Jika Anda bertanya kepada saya, bahasa mana yang menjadi pemenang dalam 5 sampai 10 tahun terakhir, saya akan mengatakan JavaScript. JavaScript telah jelas mendominasi bidang scripting client – side di masa lalu dengan perpustakaan seperti jQuery dan sekarang beralih ke pengembangan sisi server dengan pustaka seperti node.js. JavaScript adalah bahasa scripting berbasis prototipe yang dinamis, weakly-typed dan memiliki fungsi kelas satu, dirancang oleh Brendan Eich dan dikembangkan oleh Netscape Communications Corporation. JavaScript digunakan secara luas untuk skripting sisi klien, validasi, animasi, event capturing, form submission dan tugas umum lainnya. Javascript berjalan di dalam browser dan digunakan oleh hampir semua situs web misalnya saja Gmail, Mozila Firefox dll.

  4. C++ - Bjarne Stroustrup
    Bjarne Stroustrup, lahir 30 Desember 1950 di Aarhus, Denmark adalah ilmuwan komputer Denmark, yang sangat dikenal dengan penciptaan dan pengembangan bahasa pemrograman C ++ yang kini digunakan secara luas. C ++, seperti namanya , adalah bahasa generasi berikutnya dari C . Muncul dengan fitur pemrograman berorientasi objek yang dianggap fenomenal dibandingkan dengan cara struktural pemrograman bahasa C. C ++ masih menjadi salah satu bahasa yang sangat populer dan digunakan secara luas di dunia perdagangan frekuensi tinggi karena kedekatannya dengan Sistem native dan fitur berorientasi objek yang populer.

  5. PHP - Rasmus Lerdorf
    Tidak peduli seberapa benci anda dengan PHP, anda tidak bisa mengabaikan fakta bahwa setengah dari internet menggunakan bahasa pemrograman yang luar biasa ini. PHP aslinya dibuat oleh Rasmuf Lerdorf pada tahun 1995. Implementasi utama dari PHP sekarang di kelola oleh PHP Group yang juga sebagai tempat referensi formal dari Bahasa PHP. Pada awal dikeluarkannya, PHP merupakan competitor dari Microsoft’s Active Server Pages (ASP) server-side script engine dan Bahasa yang persis lainnya seperti Java Server Pages (JSP), tetapi secara berharap mendapatkan sambutan yang lebih baik dan sekarang telah di pasang di lebih dari 20 milyar website dan 1 milyar server web. PHP juga berbasis open source dan digunakan oleh raksaksa internet seperti Facebook, Wikipedia, Wordpress dan Joomla. PHP sering digunakan untuk membuat laman web yang dinamis dan pengembangan pada sisi server.

Sumber :
https://www.linkedin.com/pulse/top-10-programming-language-inventors-nilanjan-dasgupta

Macam-macam bahasa Pemrograman yang populer sampai sekarang:

  1. Java
    Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995 Java merupakan merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek, digunakan untuk membuat aplikasi server-side, video game, dan aplikasi mobile. Java merupakan elemen inti dari aplikasi android native. Java tetap menjadi popularitas besar dan pilihan bagi para pengembangan dan sampai sekarang aja Java bergitu populernya di tahun 2017.

  2. Pyton
    Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna. Tidak seperti bahasa lain yang susah untuk dibaca dan dipahami, python lebih dominan pada keterbacaan kode agar lebih mudah untuk memahami sintaks. Bahasa ini muncul pertama kali pada tahun 1991, dirancang oleh seorang bernama Guido van Rossum. Karena sintaksnya sederhana, python juga dianjurkan sebagai bahasa pemrograman pertama yang dapat dicoba untuk pengembang pemula. Tanpa diragukan, python merupakan salah satu bahasa yang di rekomendasikan pada tahun 2017 ini. Sampai saat ini Python masih dikembangkan oleh Python Software Foundation.

  3. Java Script
    JavaScript adalah bahasa pemograman yang sangat matang dan dapat digabungkan dengan dokumen HTML dan digunakan untuk membuat website yang interaktif. Bahasa pemrograman yang hampir semua didukung oleh semua web browser modern. Hal ini memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi berbasis web dan menambahkan elemen interaktif ke situs-situs. Jika teman-teman coder tertarik untuk belajar javascript, teman-teman dapat melihat .JavaScript diciptakan oleh Brendan Eich yang juga co-founder dari Mozilla project, Mozilla Foundation dan Mozilla Corporation.

  4. C#
    Bahasa C# adalah sebuah bahasa pemrograman yang bersifat general-purpose, ‎berorientasi objek, yang dapat digunakan untuk membuat program di atas arsitektur Microsoft . C# merupakan bahasa pemrograman yang dirancang oleh Microsoft . C# (dibaca C-sharp) merupakan bahasa modern dan merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek. Bahasa yang relatif baru ini mendorong ke dalam berbagai aplikasi Microsoft yang didukung oleh .NET Framework. Pemrograman di C# sangat mirip dengan C dan C++. Jadi apa bila udh pernah belajar C dan C++, belajar C# tidak akan mengalami kesulitan yang banyak.

  5. C++
    C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh Bjarne Stroustrup, yang merupakan
    perkembangan dari bahasa C. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek. Tidak jarang mulai dari aplikasi sehari-hari, perangkat lunak, driver, firmware dan lain-lainnya yang digunakan ditulis menggunakan C++. Ini dianggap sebagai bahasa tingkat menengah yang memiliki kualitas tingkat tinggi dan bahasa pemrograman tingkat rendah.

  6. PHP
    PHP adalah singkatan dari Hypertext Prepocessor, yaitu yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML. PHP merupakan bahasa pemrograman yang digunakan dalam pengembangan situs populer seperti WordPress dan Facebook. Jika ingin belajar menjadi seorang pengembangan web, PHP adalah bahasa penting yang anda butuhkan untuk belajar. PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun 1994.

  7. C
    Bahasa C ini termasuk bahasa pemrograman tertua yang pernah ada. Pembuat bahasa C adalah Dennis Ritchie. Bahasa C menjadi bahasa pemrograman yang populer di Indonesia karena hampir sebagian besar perguruan tinggi jurusan IT ataupun lembaga kursus pemrograman menggunakan bahasa ini untuk dipelajari pertama kali sebelum mempelajari bahasa pemrograman yang lain. Bukan tanpa sebab bahasa C ini menjadi dasar untuk mempelajari bahasa pemrograman yang lain, karena memang bahasa C ini merupakan “bapak” dari bahasa pemrograman lain seperi C#, Java, C++. C diciptakan dan dikembangkan oleh Brian Kernighan dan Denis Ritchie di Bell Research Labs. Bahasa Pemrograman C secara khusus diciptakan dengan tujuan agar para programmer dapat mengakses seluruh internal register, I/O slots, dan absolute address dari sebuah komputer.

  8. Ruby
    Ruby adalah pemasok utama untuk web apps yang dibuat oleh Yukihiro Matsumoto pada awal tahun 1993 dan diresmikan di akhir tahun 1994. Ruby populer karena merupakan bahasa pemrograman open source dinamis, mudah dimengerti dan produktif. Saat ini programmer Ruby banyak dibutuhkan di seluruh dunia. Ruby dapat digunakan di berbagai sistem operasi Linux, MacOs, dan Windows, dikembangkan secara open source. Tujuan utama dari dibuat dan dirilisnya Bahasa Pemrograman Ruby ini adalah untuk menyatukan semua kelebihan-kelebihan

Referensi:


https://www.jagoanhosting.com/blog/10-bahasa-pemrograman-paling-populer-di-tahun-2017/

  1. Java
    Pada bulan juni tahun 1991 James Gosling, Mike Sheridan, and Patrick Naughton memulai projek bahasa pemrograman java bersama dengan para engineers sun bernama Green team. Java sendiri adalah nama dari salah satu pulau di Idonesia dimana kopi pertama kali di prouksi. Mereka memilih bahasa ini karena ingin sesuatu yang mencerminkan esensi dari teknologi, unik dan juga mudah diucapkan dan dipilihlah nama java. Java sendiri termasuk bahasa yang paling banyak digunakan pada saat ini.

  2. C
    Bahasa C dirancang dan dibuat oleh Dennis M. Ritchie seorang karyawan dari Bell labs(AT&T) pada tahun 1967-1973. C masih populer sampai saat ini dikalangan programmer meskipun lebih tua dari java. Dennis Ritchie juga dikenal atas sistem operasi UNIX buatannya.

  3. C++
    Bjarne Stroustrup adalah pembuat bahasa C++, dia lahir pada tanggal 30 desember 1950 di Aarhus, Denmark.Beliau mendapat gelar S2 nya di Aarhus University dan gelar Ph.D di University of Cambridge.

  4. Guido van Rossum
    Guido van Rossum lahir pada tanggal 31 januari . Ia adalah seorang programmer asal belanda yang dikenal sebagai pembuat bahasa pemrograman phyton. Phyton adalah bahasa pemrograman favorit para hacker dan security researchers.

  5. PHP
    Rasmus Lerdorf lahir pada tanggal 22 november 1968. Dia menciptakan bahasa PHP pada tahun 1995. PHP berbasis open source dan digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti facebook dan wikipedia .

sumber :https://www.techworm.net/2016/10/top-10-programming-languages-inventors.html