Siapa Saja Pelukis Lukisan dengan Teknik Cukil Kayu?

Seni memahat patung dengan kayu memang sudah lama dikenal. Bukan hanya itu, pada jaman purba dulu ada teknik memahat dengan kayu, yang disebut dengan woodcut atau cukil kayu. Siapa saja pelukis yang terkenal dengan teknik ini?

Salah satu karya seni yang menggunakan teknik cukil kayu ini adalah “The Fire Madonna” yang dibuat pada tahun 1400 dan saat ini berada di Cathedral of Forli di Italia. Titian, salah seorang pelukis terkenal dari Venezia di masa lalu, juga menggunakan cara ini dalam berkarya, seperti yang dapat kita lihat dalam lukisan yang berjudul “Saint Jerome in the Wilderness”.

Ada sebuah istilah dalam cara mencetak/melukis ini, yaitu “chiaroscuro” yang banyak diburu oleh para kolektor. Teknik ini ditemukan oleh Hans Burgkmair, seorang seniman dari Jerman sekitar tahun 1509. Dan mahakarya yang dibuat dengan teknik ini salah satunya adalah “Scene of Witchcraft”, karya Hans Baldung Grien. Seniman lainnya yang menggunakan teknik ini adalah Urgo da Carpi yang dikenal dengan karyanya yang berjudul “Diogenes”.