Siapa saja band yang menganut aliran Reggae Rock dalam musiknya?

Band reagge rock terbaik - Rebelution

Reggae rock adalah salah satu perpaduan genre musik, yang terdiri dari reggae dan rock. Banyak band dan musisi yang menganut aliran musik ini. Siapa saja ya mereka?

Berikut adalah list band yang memiliki aliran reggae rock :

  1. Sublime
    Sublime adalah Band Rock asal Amerika tepatnya di Long Beach, California. Band ini didirikan tahun 1988 dan memiliki tiga personil. Bradley Nowwel sebagai vokalis, Eric Wilson sebagai pemain Bass gitar, dan Bud Gaugh sebagai pemain drum dan perkusi. Salah satu album mereka yang terkenal adalah “Robin Hood” tahun 1994. Sayangnya pada tahun 1996, Nowwel meninggal karena overdosis heroin dan ini merupakan cikal bakal band Sublime runtuh. Eric Wilson dan Bud Gaugh tetap berjalan dengan band ini sampai akhirnya pada tahun 2011 di Roma, mereka mengumumkan bahwa itu adalah kali terakhir mereka tampil sebagai band rock reggae.

  2. Rebelution
    Band Reggae rock terbaik paling keren sepanjang masa selanjutnya adalah Rebelution. Band ini sama seperti Sublime yang berasal dari California, Amerika. Mereka melaunching album full pertama pada tahun 2007 yang bertajuk “Courage to Grow”, dengan lirik yang begitu sosialis mampu menjadikan lagu ini laku di pasaran. Album ini menduduki peringkat ke empat di tangga lagu Billboard dan diikuti album selanjutnya yaitu “Bright Side of Life” yang meraih posisi pertama di tangga lagu Billboard. Band yang digawangi oleh Eric, Rory, Wesley, Marley, dan Khris ini pernah tampil di Indonesia pada tahun 2015 lalu, tepatnya di kota Jakarta dan Bali. Dan jumlah penontonnya? Fantastis.

  3. 311
    Band 311 ini atau three-eleven ini berasal dari Amerika dan didirikan tahun 1988. Sampai saat ini, 311 sudah merilis sebelas album studio, dua album langsung, empat album kompilasi, dan empat DVD. Pada tahun 1995, mereka sukses mengguncang dunia permusikan dengan lagu yang berjudul “Down” and “All Mixed Up” dan mencapai tangga lagu no.12 di Billboard. Sampai saat ini, band ini masih berdiri dan mereka terakhir kali mengeluarkan album Stereolithic pada tahun 2014 dan sukses terjual lebih dari 8.5 copy di United States.

  4. The Expendables
    Band Reggae rock terbaik paling keren sepanjang masa berikutnya adalah The Expendables. Band ini didirikan di Santa Cruz, California, Amerika Serikat pada tahun 1997 dan masih terus berkarya hingga sekarang. Lagu yang terkenal dari Band The Expendables ini antara lain “Bowl of Two”, “Down, down, down” dan “Sacrifice”.

  5. Slightly Stoopid
    Band berkebangsaan Amerika ini berasal dari Ocean Beach, San Diego, California. Di sepanjang kariernya, mereka sudah merilis sebanyak 10 album. Tiga diantaranya merupakan “live albums”. Banyak yang mengagumi karya mereka lantaran dianggap begitu kaya dan berwarna. Mereka seperti grup yang mampu memadukan reggae, rock, hip hop, blues, metal dan funk sekaligus.

  6. Iration
    Mereka berasal dari Santa Barbara, California, Amerika Serikat. Mereka bermusik dari lingkungan sederhana dulu. Di tahun 2006, mereka bisa merilis mini album. Penampilan langsung mereka juga terus menerus menggaet reputasi dan popularitas. Album demi album launching dan ikut menyesakki posisi-posisi atas di tangga lagu. Demikian juga dengan penjualannya yang merangkak naik. Di tahun 2013, kabar mengejutkan datang dari Kai Rediske, vokalis yang keluar dari band. Namun Iration tetap melanjutkan karier dan memproduksi karya.

  7. Pepper
    Triple yang satu ini berasal dari Kailua, Hawaii, Amerika Serikat. Namun kini markas besar mereka ada di San Diego. Mereka merilis album perdana di tahun 2001. Karya mereka selanjutnya belum menarik minat publik. Selain isu penyalahgunaan obat, mereka juga dianggap hanya pengin menyamai Sublime. Namun upaya mereka tak terhenti. Pepper semakin produktif dan perlahan bisa meraih massa. Di tahun 2013 kemarin, mereka merilis album ke-6 yang bertajuk “Pepper”.

  8. The Police
    Band yang sangat nge-rock. Pastinya kita sudah tidak asing. Sting dkk ini memang sangat berkarakter. Mereka mamadukan reggae, rock, punk dan jazz. Debut album mereka saja sudah mencapai posisi 6 di Inggris. Begitu juga dengan album-album selanjutnya. Tak heran kalau berbagai penghargaan berhasil diraih. Entah itu 6 Grammy Awards, 2 Brit Awards, MTV Video Music Awards, dsb. Nama mereka ada dalam daftar “100 Artist Terkeren Sepanjang Masa”, baik itu versi Majalah Rolling Stone maupun VH1.

  9. SOJA (Soldiers of Jah Army)
    Band yang sempat masuk nominasi ajang Grammy Award ini berasal dari Arlington, Virginia. Mereka sudah mendirikan band dari tahun 1997. Sampai sekarang pun mereka masih aktif bermusik, termasuk tur atau rekaman. Album ketiganya, “Born in Babylon” ada di posisi 11 dalam tangga lagu “Hot Heatseekers”. Sementara album lainnya,”Strength to Survive” bertahta di tangga lagu reggae Billboard.

  10. Ballyhoo!
    Ballyhoo! adalah band beraliran reggae, rock, pop dan punk yang berasal dari Aberdeen, Maryland, Amerika Serikat. Howi Spangler dkk aktif dalam berbagai tur dan siap mendampingi musisi-musisi besar seperti 311, SLightly Stoopid, Dirty Heads, dsb. Mereka kemudian bisa merilis album secara mandiri. Beberapa karyanya bahkan menjadi backsong dalam film, misalnya seperti “Beach Kings” dan “Road Trip: Beer Pong”.