Siapa Pihak yang Berhak Membuat Job Description dan Standard Operating Procedure di Perusahaan?

56876_75838_hakim

Siapakah yang berwenang dalam membuat Job Description dan SOP dalam sebuah perusahaan? Apa sebenarnya fungsi dari Compliance dalam sebuah perusahaan?

Biasanya job description dan Standard Operating Procedure (“SOP”) dalam sebuah perusahaan disusun oleh tim khusus yang terdiri dari tenaga-tenaga yang kompeten dari tiap divisi perusahaan, seperti marketing manager, financial manager, HRD manager, QMR (Quality Management Representative) manager, atau bahkan dengan menggunakan jasa konsultan SOP.

Selanjutnya mengenai compliance (kepatuhan), hal ini berfungsi untuk melaksanakan pengembangan, pembinaan, penerapan, dan penegakan prinsip-prinsip GCG dalam SOP perusahaan. Compliance juga berfungsi untuk memastikan bahwa kontrol internal dan prosedur kepatuhan yang mencakup semua kegiatan perusahaan berjalan dengan baik sehingga dapat mendukung bagi pertumbuhan perusahaan, melindungi reputasi perusahaan, serta meminimalkan risiko kerugian dan penipuan dalam lingkungan kerja yang efektif dan efisien.

sumber: www.hukumonline.com