Shigeru Miyamoto - Bapak Video Game

Shigeru Miyamoto, seorang desainer game Nintendo Company yang terkenal dengan game nya seperti Super Mario, Legend of Zelda dan StarFox adalah seorang figur yang sangat penting dan menginspirasi di dunia gaming.

Lahir di Kyoto, Jepang pada tahun 1952, Miyamoto kecil adalah anak yang sangat aktif dan suka bertualang. Ia sering memasuki hutan dan gua di dekat rumahnya untuk mengeksplorasi. Hobinya ini yang menjadi jalannya untuk berkarir di industri digital nanti.

Miyamoto muda yang sangat terobsesi dengan manga (komik jepang) dan seni statis ingin sekali bisa bekerja sebagai animator di Jepang. Untuk itulah ia memutuskan untuk lanjut kuliah di Institut Teknologi dan Seni Kanazawa.

Meski passionnya ada di dunia gambar dan manga, Miyamoto melihat kesempatan besar dan tumbuhnya industri game yang memperlihatkan kemampuannya dalam membuat produk visual yang indah.

Nintendo yang saat itu masih menjadi perusahaan penjual kartu bermain dan permainan papan menerima Miyamoto untuk bekerja disana. Ia banyak membantu perjuangan Nintendo untuk memasuki pasar video game Jepang dan Amerika Serikat.

Banyak produk Nintendo yang gagal dipasaran hingga Miyamoto mendesain game pertamanya yaitu, Donkey Kong yang tersedia dalam sistem arcade. Game ini sukses besar karena programming dan desainnya yang kompleks melebihi game-game shooting yang saat itu populer dan mendominasi industri game.

“To create a new standard, you have to be up for that challenge and really enjoy it”
-Shigeru Miyamoto-

Kesuksesan Nintendo terus melonjak dengan dirilisnya NES (Nintendo Entertainment System) sebagai produk home consolenya.

Salah satu game yang sukses adalah Legend of Zelda, sebuah game yang terinspirasi dari petualangan Miyamoto dahulu saat kecil menelusuri hutan dan gua.

Franchise lainnya juga membuat Miyamoto sukses dengan judul game seperti Super Mario, Metroid dan Star Fox, membuat Nintendo terus memproduksi karakter dan me-merchandise karakter-karakter game tersebut.

Tentu karir Miyamoto pernah tersandung. Kerjasama lisensi Nintendo dan Phillips malah menjadi bumerang bagi dirinya dan kreasinya. Phillips yang saat itu menawarkan kerjasama dalam pembuatan konsol berbasis CD yang disebut CDi, ternyata gagal dipasaran karena visual konsol tersebut sangat jelek dan tidak sesuai ekspektasi konsumen.

Nintendo segera membatalkan kerjasama ini, akan tetapi nasi sudah menjadi bubur. Banyak fans Nintendo kecewa dengan adanya CDi ini dan mengkritik habis-habisan game seperti Adventure of Link, Adventure of Zelda maupun Hotel Mario.

Bahkan konsol dan game ini didapuk sebagai salah satu game dan konsol terburuk sepanjang masa.

Akan tetapi, insting dan kreativitas Miyamoto lagi-lagi menyelamatkan Nintendo. Sejak dirilisnya Gamecube dan game game handheld seperti Gameboy dan DS, Nintendo kembali bangkit dan siap bersaing.

Nintendo Wii yang berbasis home console untuk permainan keluarga laku keras di pasaran. Nintendo Wii banyak memberikan fitur seperti Wii Music, Mii, dll yang mendapatkan review positif baik dari kritikus game dan konsumen.

Sosok Shigeru Miyamoto dengan judul game dan desain inovatifnya tidak bisa dipungkiri adalah salah satu kontributor paling besar di Nintendo. Karirnya yang cemerlang banyak memberikan inspirasi dan ide bagi ribuan desainer game di dunia.

Tak heran jika ia disebut seorang "Bapak Video Game"

2 Likes