Sharing Tips Travel Packing Koper yang Aman dong ?

image

Sharing Tips Travel Packing Koper yang Aman dong ?

  1. Buatlah catatan/list isi koper

image

Ini dia hal yang sering kita sepelekan, tidakan kecil ini sangat bermanfaat untuk memeriksa kembali barang apa saja yang telah kita bawa atau kita beli. Minimal kita bisa memotret barang-barang kita, saat seperti ini cukup berguna untuk memeriksa kembali barang kita, jika ada yang hilang atau rusak bisa kita gunakan untuk klaim ke pihak bandara yang bersangkutan.

  1. Masukan barang-barang penting ke dalam Tas/Backpack

Pastikan barang-barang penting kita seperti laptop, hp, dokumen dan uang/dompet dan barang yang menurut kita penting, masukan ke dalam daypack atau mini koper yang akan kita bawa di pesawat selama perjalanan agar kita bisa langsung menjaga barang bawaan kita. Usahakan hanya barang-barang primer yang ditaruh di koper bagasi, seperti pakaian, sepatu alat mandi bahkan oleh-oleh.

  1. Gunakan Gembok yang aman.

image

Untungnya kita tinggal di zaman modern yang serba ada dan sekarang sudah banyak koper yang menawarkan sistem keamanan yang bagus, jika dulu koper hanya dilengkapi dengan sabuk pengaman atau gembok saja, saat ini sudah banyak koper yang sudah dilengkapi sistem keamanan canngih dengan gembok langsung yang menggunakan sistem kode angka. Hindari mengunakan gembok eksternal karena gembok ini masih gampang untuk dijebol/dirusak secara paksa. Akan lebih baik lagi jika kita memilih koper yang tidak memiliki zipper (sekarang sudah banyak di jula di toko atau mall di Indonesia) sudah banyak koper yang tidak memakai zipper lagi karena zipper mudah di robek. Bisa juga kita tambahkan dengan kunci kombinasi yang lebih sulit.

  1. Gunakan Wrap Plastick.

Layanan plastic wrap sudah tersedia ada di bandara. Walaupun cara ini akan menambah biaya, cara ini cukup efektif mengurangi resiko kehilangan barang karena koper kita akan sulit dibongkar oleh para penjahat. Walaupun jika sampai ada yang nekat membongkar, bekas wrap plastic akan meninggalkan bekas yang gampang dilihat, kita juga bisa mengajukan protes ke pihak bandara.

  1. Gunakan cover khusus untuk tas/koper.

Selain menggunakan wrap plastick kita juga bisa menggunakan cover case, fungsinya sama dengan wrap plastick dan saat ini sudah banyak cover case yang dijual. Harga cover ini memang lebih mahal dibanding wrap plastic, namun dengan cover ini kita bisa lebih ekonomis karena bisa dipakai berkali-kali tidak seperti wrap plastick yang hanya sekali pakai. Dengan cover ini pencuri sedikit kesulitan untuk membobol koper/tas.