Setujukah kamu jika overproud itu tidak baik?

istockphoto-1086368600-170667a

Hallo Youdics!
Overproud atau bangga yang berlebihan, karena adanya media sosial pastinya kita sering kali sih menemuka orang orang yang overproud apalagi orang Indonesia suka membanggakan sesuatu atau seseorang secara berlebihan biasanya kalau sudah overproud seperti ini mereka akan mengeshare segala bentuk pencapaian ke seluruh media sosial yang dipunya, bahkan bakal dishare berkali kali dan terus meneur membicarakannya sehingga malah terkesan norak dan menghilangkan nilainya, Overproud sering terjadi kepada diri sendiri dan juga orang lain. Nah menurut kamu bagaimana tentang orang yang terlalu overproud? Setujukah kamu bahwa terlalu overproud itu juga tidak baik?

setuju karena aku menganut paham “sesuatu yang berlebihan akan menimbulkan hal yang tidak baik” berperilaku lah sewajarnya karena apa yang kita dapatkan bukanlah sepenuhnya kerja keras kita, namun juga hasil dari ibadah kita ataupun restu orang tua dan tuhan. banyak hal yang terlibat akan kesuksesan ini, bukan hanya diri sendiri.

pendapatku akan orang yang oveproud ya jika bisa janganlah berbuat seperti itu. aku paham semua orang akan merasakan sangat senang dan bangga jika mencapai sesuatu yang belum pernah didapat. namun, oveproud ini akan menimbulkan kebencian hingga akan berakhir bullying. tak jarang hal yang kita dapatkan diinginkan oleh orang lain. bahkan orang yang tidak overproud saja mendapatkan kebencian akan keberhasilannya hingga mendapatkan ancaman bahkan dibunuh oleh orang terdekat. jadi, lebih bijaklah dalam bertindak.

Bangga dengan suatu pencapaian kita merupakan hal yang wajar. Begitu pula dengan membagikan momen yang membuat kita bangga ke media sosial juga bukanlah masalah. Namun, apabila kita terlalu membanggakan apa yang telah kita capai dengan terua-terusan membicarakan pencapaian kita kepada orang lain baik secara langsung ataupun melalui media sosial tentu saja menjadi tidak baik dan menimbulkan efek buruk, seperti perasaan sombong, perasaan ingin terus disanjung, bahkan juga dapat memunculkan sikap merendahkan orang lain yang dianggap berada dibawahnya.

Sikap overproud ini ternyata juga telah mendarah daging di dalam budaya masyarakat Indonesia, contohnya saja ketika ada orang luar negeri/bule (youtuber, artis, dll) membuat konten mengenai Indonesia, mencoba makanan khas Indonesia, atau lancar dalam berbahasa Indonesia, masyarakat kita menjadi terus-terusan membahas hal tersebut sampai menjadi berita. Bahkan masyarakat kita juga akan mengikuti akun sosial media, terus-terusan melihat konten, dan membanjiri akun sosial media orang luar negeri tersebut.

Hal tersebut tentu saja akan memberikan efek buruk bagi kita yang melakukan overproud, karena akan dipanjang jelek oleh orang lain. Oleh karena itu, sebaiknya kita menyikapi dengan wajar apapun yang kita peroleh. Bangga boleh, asalkan tidak berlebihan.

Setuju banget! Menurut saya, sesuatu yang dilakukan secara berlebihan memang tidak baik. Jika dilakukan secara terus menerus, kebanggaan yang awalnya bertujuan mengapresiasi diri sendiri malah menjadi menimbulkan perasaan sombong. Tidak jarang, orang yang melakukan overproud berimbas merendahkan orang lain. Jadi, cukup bangga dalam hal yang sewajarnya saja.

Menurut saya pribadi, setuju! tidak apa-apa membanggakan suatu hal, tapi jangan terlalu berlebihan. Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik nantinya. Mengshare seluruh bentuk pencapaian agar orang lain termotivasi itu bagus, tetapi jika terlalu berlebihan itu akan terkesan bahwa kita sombong.

Saya pribadi cukup setuju dengan pernyataan tersebut, bahwa terlalu overproud itu tidak baik. Seperti kalimat yang sudah sering kita dengar, “sesuatu yang berlebihan itu tidak baik”. Walaupun dengan tujuan baik, ingin menunjukan sesuatu kebanggan tersendiri yang ia rasakan tetapi janganlah terlalu berlebihan karena bisa memicu sifat iri dan dengki. Oleh karena itu, jangan terlalu berlebihan dalam mengungkapkan rasa bangga tersebut.

Menurut saya, sesuatu yang berlebihan tidak baik, termasuk diantaranya overproud atau rasa bangga yang berlebihan. Membanggakan pencapaian atau prestasi dapat menjadi motivasi bagi diri sendiri maupun orang lain untuk bekerja lebih keras dan menjadi lebih baik. Namun apabila sudah sampai ke tahap overproud dan haus akan pujian, saya rasa orang yang mendengarkan akan merasa sebal, muak atau bahkan tidak mau berteman lagi dengan kita. Meskipun media sosial memang diperuntukkan untuk “memamerkan” kebahagiaan dan pencapaian, namun alangkah lebih baik jika tetap menjadi orang yang humble karena hidup tidak selalu berada di atas.

Overproud atau terlalu bangga akan diri sendiri merupakan perilaku seseorang yang telah mencapai sesuatu dan menganggap dirinya sudah melebihi orang lain. Hal ini merupakan bagian dari self-appreciation terhadap diri sendiri karena telah mencapai suatu hal. Tetapi apabila telah masuk ke dalam hal yang berlebihan, tentu saja tidak baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Orang lain menjadi risih dengan kita dan juga kita menjadi terkesan terlalu berlebihan. Overproud merupakan salah satu hal yang timbul karena kebanggaan akan suatu yang dicapai oleh diri sendiri.

setuju, karena seperti yang kita tahu sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. kita bisa saja bangga dengan hal yang telah kita/orang lain capai namun jangan terlalun berlebihan karena dapat memberikan dampak buruk, misalnya kita menjadi sombong, haus akan pujian, dan bisa saja merendahkan orang lain karena tidak sehebat kita

Menjadi overproud itu tidak baik. Ya, saya melihat perilaku yang disebut “netizen Indonesia” ini sejak internet seluler menjadi layak di Indonesia beberapa tahun yang lalu. Punya video Youtube asing yang menyebutkan Indonesia, aktor Indonesia, makanan Indonesia, apa saja yang berhubungan dengan Indonesia? Punya konten populer yang menyebut Indonesia? Seorang tokoh terkenal menyebut Indonesia? Barrack Obama kuliah di Indonesia? Michelle Branch memiliki keturunan Indonesia? Radja Nainggolan? Oh wow!

saya setuju dengan statement ini. memberikan apresiasi kepada karya orang lain sangat baik. meberikan apresiasi terhadap diri sendiri juga sangatlah baik. namun apabila kita terlalu berlebihan dalam mengapresiasi, maka tindakan tersebut saya rasa tidak baik. karena hasil dari pemberian apresiasi yang berlebihan ini dapat mengubah seseorang atau diri sendiri menjadi memiliki sifat yang angkuh dll