Setujukah Kalian Jika Hewan Peliharaan Dapat Menggantikan Seorang Teman?

image
Masa Pandemi seperti sekarang ini, mungkin masih ada beberapa orang yang masih tetap tinggal dirumah tanpa keluar untuk berpergian bersama teman. Namun, pastinya dirumah terus menerus tanpa teman ataupun tanpa kegiatan akan menyebabkan kebosanan. dengan adanya kebosanan ini, ada beberapa orang yang mulai memelihara hewan peliharaan dan menjadikan mereka teman selama pandemi. Namun, beberapa orang kemudian lebih nyaman berteman dengan hewan daripada seseorang. Menurut kalian, setujukah kalian jika hewan dapat menggantikan seorang teman?

Saya rasa tidak bisa ya, meskipun dengan cara memelihara peliharaan seseorang bisa mengatasi rasa kesepian ketika tidak bertemu teman. Bukan berarti dengan adanya hewan peliharaan manusia tidak membutuhkan interaksi dengan manusia lain. Teman manusia masih dibutuhkan karena meskipun hubungan dengan hewan peliharaan dapat menjadi pelengkap dukungan sosial pemiliknya tapi tetap tidak bisa menggantikan dukungan sosial yang diberikan oleh manusia atau dukungaan sosial akan lebih berarti dan erat ketika dukungan sosial dari manusia berkurang. Jadi, jika kalian memelihara hewan untuk mengatasi bosan, tetap penting ya untuk terus berhubungan dengan teman sesama manusia.

Pada beberapa orang mungkin bisa. Bahkan hewan peliharaan dianggap lebih bisa memahami seseorang dibanding dengan orang-orang pada umumnya. Bagi seseorang yang memiliki kesulitan dalam bergaul dengan orang lain, tidak heran bahwa hewan peliharaan menjadi teman yang dianggap paling pengertian. Namun, seperti yang dikatakan oleh kak @sanysabrin bahwa kita sebagai manusia tetap membutuhkan interaksi dengan orang nyata. Hewan peliharaan cukup dijadikan sebagai salah satu media hiburan kita kala sedang bosan juga sebagai teman saat merasa bahwa keadaan lingkungan sedang tidak mendukung.

bagi beberapa orang menurut saya bisa, karena dengan adanya hewan peliharaan di rumah ia akan merasa ada yang menemani. tetapi bukan berarti itu menggantikan sosok “teman” di hidupnya, menurut saya peranan antara teman dan hewan peliharaan dalam hidup itu berbeda.

karena hewan mungkin akan selalu ada untuk kita, dan selalu menemani kita bahkan kucing atau anjing bila dilepaskan di dalam rumah sering sekali mengikuti majikannya kesana kemari. tetapi untuk teman berdiskusi, ngobrol atau menanyakan saran tertentu tidak mungkin dilakukan oleh hewan peliharaan, untuk itu kita tetap membutuhkan sosok teman dalam hidup kita.

Hal tersebut juga dikarenakan kita adalah makhluk sosial.

Menurut saya tidak bisa dikatakan sebagai pengganti akan tetapi sebagai alternatif guna menghilangkan rasa kesepian. Karena kebutuhan manusia sendiri dengan memiliki teman bukan hanya dari segi social need. Tapi juga segi fisiologis, keamanan, penghargaan dan pengakuan.

Apalagi jika hewan-hewan tersebut merupakan hewan peliharaan yang cuek, liar, atau rumit. Dimana malah memberikan beban atau pekerjaan kepada kita.

Sebagai pengganti tidak, tetapi sebagai alternatif lain bisa. Peranan mereka pun berbeda juga menurut saya. Teman, mungkin tidak ada setiap saat untuk kita tetapi dengan teman kita bisa curhat, bersenda gurau, liburan bersama, dll. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan dengan manusia yang tidak bisa digantikan dengan hewan peliharaan.