Seperti Apa Kisah Sejarah Kerajaan Samudra Pasai?

pasai

Kerajaan Samudra Pasai adalah kerajaan Islam kedua di Indonesia atau Nusantara yang letaknya berada di Pulau Sumatera tepatnya di ujung utara pulau yakni kota Lhokseumawe, Provinsi NAD (Nanggroe Aceh Darussalam).

Seperti apa kelanjutan kisahnya?

pasai2

Raja pertama atau pendiri Kerajaan Samudra Pasai bernama Meurah Silu dengan gelar Sultan Malik As-Saleh pada tahun 1267. Sumber sejarah dan bukti mengenai keberadaan Kerajaan Samudra Pasai dapat kita lihat di Makam atau kuburan raja-raja aceh yang bisa kita lihat di Aceh Utara tepatnya kampung Gendong. Pada makam tersebut terdapat makam dari raja pertama atau bisa disebut juga dengan pendiri kerajaan ini.

pasai3

Sumber sejarah mengenai keberadaan Kerajaan Samudra Pasai yang lain yaitu ditemukannya koin dari bahan emas dan perak dengan tercantum nama rajanya. Selain itu, sumber keberadaan Kerajaan Samudra pasai juga tercantum di dalam kitab Rihlah Ila I Masyriq karya dari Abu Abdullah Ibn Batuthah pada tahun 1304-1368. Kitab tersebut merupakan kisah orang-orang atau para pedagang yang pergi mengembara ke arah timur dan menuju Nusantara. Keberadaan Kerajaan Samudra Pasai juga diperkuat dari catatan sejarawan Maroko bernama Ibn Batutah. Dalam catatannya, Samudra Pasai digunakan sebagai sebagai pusat studi Islam. Ia menyebut Samudra sebagai “sumutrah” dan kemudian sekarang menjadi Sumatra.