Seperti apa keindahan pegunungan terindah di dunia?

gunung terindah

Beberapa negara di dunia, juga memiliki berbagai macam gunung yang menakjubkan. Gunung-gunung ini selalu memikat wisatawan. Seperti apa keindahan pegunungan terindah di dunia?

1. El Capitan di California, Amerika Serikat
Formasi batuan ikonik ini terletak 7.569 kaki di atas permukaan laut di Taman Nasional Yosemite California. Ini adalah gunung yang sangat populer bagi pemanjat tebing yang berusaha menskalakan wajah granitnya yang masif. Dibentuk oleh gletser selama sejarahnya, gunung ini dianggap sebagai bagian terbesar dari granit di dunia dan diperkirakan berusia lebih dari 103 juta tahun. Gunung lain yang harus dilihat di Yosemite? Satu-satunya, Half Dome, yang berdiri 8.800 meter di atas permukaan laut.

2. Gunung Fuji di Pulau Honshu, Jepang
Simbol terkenal Jepang ini memiliki tinggi 12.389 kaki. Ini membuat Gunung Fuji menjadi gunung tertinggi di Jepang. Selain menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO, gunung ini merupakan salah satu dari “tiga gunung suci” di Jepang. Gunung ini dihormati sebagai tempat ibadah dan telah diperingati dalam karya seni Jepang yang tak terhitung jumlahnya. Meskipun belum pernah meletus sejak 1707, namun Gunung Fuji berstatus aktif. Gunung ini dikelilingi oleh lima danau dan sering terlihat dengan awan lentikuler aneh melayang di atas bagian atasnya seperti topi. Ini menajdi pemandangan yang indah untuk dilihat secara langsung.

3. Gunung Meja di Afrika Selatan
Dengan pertemuan puncak yang mudah diakses dengan jalur kabel, pemandangan yang menghadap Cape Town dari Table Mountain sangatlah fantastis. Dari jauh, pemandangan Table Mountain terlihat memesona, sama dengan Devil’s Peak dan Lion’s Head, yang sama-sama mengesankan. Terpilih sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Baru pada 2011, gunung ini ditemukan di dalam Taman Nasional Gunung Table. Gunung ini memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa banyaknya. Gunung ini memiliki banyak jalur hiking, sehingga banyak traveller yang berpetualang hingga mendakinya.

4. Amphitheater di Drakensberg, Afrika Selatan
Untuk menempatkan kemegahan Amphitheater ke dalam perspektif, wajah tebingnya memiliki kira-kira 10 kali lebih besar dari wajah barat selatan El Capitan yang terkenal, dan enam kali lipat dari Wajah Utara Matterhorn. Terletak di dalam Drakensberg, Mountain Range memiliki panjang lebih dari tiga mil dan tinggi menara tebingnya lebih dari 4.000 kaki. Formasi batu yang menakjubkan ini sangat besar dan sering dianggap sebagai tempat perjalanan spiritual.

5. Gunung Damavand di Iran
Gunung Damavand adalah simbol penting dalam budaya Iran yang sering dicatat dalam mitologi Persia. Ini adalah stratovolcano tertutup salju yang dapat dilihat dari Teheran, Ibu Kota Iran. Dengan ketinggian 18.403 kaki, gunung berapi ini merupakan tertinggi di Asia. Di pangkalan gunung, terdapat mata air panas. Menurut penduduk setempat, air ini memiliki kemampuan untuk menyembuhkan.

Sumber:
https://www.inews.id/travel/read/98609/berusia-103-juta-tahun-el-capitan-tebing-granit-terbesar-di-dunia?sub_slug=destinasi