Seperti apa keindahan gunung-gunung yang memiliki berbagai macam keanekaragaman hayati yang unik?

gunung indah

Beberapa negara memiliki pesona pemandangan pegunungan yang indah. Bahkan, beberapa di antaranya memiliki sistem cuacanya sendiri. Gunung-gunung tersebut memiliki berbagai macam keanekaragaman hayati yang unik. seperti apa keindahan gunung-gunung tersebut?

1. Aoraki Mount Cook di Southern Alps, New Zealand
Pada ketinggian 12.316 kaki, gunung yang luar biasa ini adalah yang tertinggi di Selandia Baru. Gunung ini memiliki tiga puncak dan gletser yang mencakup Tasman Glacier, gletser terpanjang di negara itu. Mount Cook selalu tertutup salju, yang membuatnya terlihat menonjol di perairan danau Pukaki dan Tekapo.

2. Puncak Laila di Gilgit-Baltistan, Pakistan
Gunung ini memiliki ketinggian 20.000 kaki dan puncaknya membentuk belati, tombak, dan jarum. Dengan kemiringan barat laut 45 derajat, gunung ini jarang terjamah, dan hanya berhasil didaki di musim dingin pada 2013. Dengan lanskap yang menawan dan jurang curam dari puncak gunung ke bagian paling bawahnya, tempat ini dikenal sebagai yang terindah di Pakistan.

3. Denali di Alaska, Amerika Serikat
Sangat disayangkan, jika Anda pergi ke Denali tanpa mengambil gambar puncak tertinggi di Amerika Utara ini. Denali disebut sebagai “The high one” dalam bahasa suku Athabascan. Gunung ini berdiri di ketinggian 20.310 kaki dan memiliki lima gletser besar. Ini sangat tinggi, sehingga bagian atasnya tidak pernah terlihat tanpa salju. Fakta yang harus diketahui, gunung ini sangat tinggi, sehingga menciptakan sistem cuacanya sendiri. Untungnya, Anda tidak perlu terlalu jauh keluar dari jalan untuk melihat gunung yang luar biasa ini. Pengunjung memiliki pilihan, yaitu melihat dengan helikopter, bus, Jeep.

4. Gunung Assiniboine di perbatasan Alberta – British Columbia, Kanada
Sering disebut “Matterhorn of North America” Gunung Assiniboine adalah gunung yang terlihat indah di Pegunungan Rocky Kanada. Gunung Assiniboine Provincial Park merupakan sebuah situs Warisan Dunia UNESCO. Terletak di Great Divide, puncak yang menjulang lebih dari 5.000 kaki di atas Danau Magog ini menawarkan pemandangan gletser, padang rumput alpine, danau berkilauan, dan kesunyian yang tenang.

5. Ama Dablam di Khumbu, Nepal
Berdiri di ketinggian 22.349 kaki, Ama Dablam adalah gunung pertama kali didaki pada 1961. Gunung ini terletak di kisaran Himalaya, Nepal. Punggungnya menyerupai lengan seorang ibu, ama, yang menjauhkan anaknya dari bahaya. Sementara, gletser gantungnya menyerupai kotak hiasan khusus yang digunakan oleh Sherpa Women yang disebut dablam. Makanya diberi nama Ama Dablam. Gunung yang mengesankan ini terkenal karena keindahannya yang ditandai dengan punggungnya yang terbuka, dinding vertikal yang curam dan berbentuk piramida yang unik.

Sumber:
https://www.inews.id/travel/read/97637/tercantik-di-new-zealand-aoraki-mount-indah-dilihat-dari-danau-pukaki?sub_slug=destinasi