Seperti apa keindahan Gua Waitomo Glowworm di Selandia Baru?

Apa yang Anda pikirkan ketika memasuki sebuah gua, mungkin sebagian besar akan menjawab gelap dan hanya diisi dengan keindahan stalaktit dan stalakmit sepanjang gua tersebut. Berbeda dengan yang lain, Gua Waitomo Glowworm di Selandia Baru tak hanya diisi dengan keindahan stalaktit dan stalakmit. Ada apa saja?

Yang pertama yaitu berkeliling gua dengan menggunakan perahu. Gua ini sendiri merupakan sebuah kompleks dari gua lainnya, yakni Gua Ruakuri dan Gua Aranuri.

Dengan menjelajah gua yang gelap, namun diisi dengan keindahan cahaya dari spesies glowworms kecil di langit gua.

Banyak hewan lain yang bisa Anda temukan selama menjelajahi Gua Waitomo Glowworm, mulai dari serangga hingga semut albino. Dan yang paling terkenal ialah glowworm Arachnocampa Luminosa.

Selama jelajah di gua ini, kita diajak ke 3 tingkat berbeda dari setiap gua. Setiap tingkat dihubungkan poros vertikal sepanjang 16 meter yang terbuat dari batu kapur. Tingkat kedua disebut Banquet Chamber. Tingkat ini adalah di mana pengunjung awal dapat beristirahat untuk sekadar makan atau berfoto. Ada tingkat terakhir, namun jarang dibuka jika pengunjung padat. Hal ini dilakukan karena khawatir dengan banyaknya kandungan gas karbon monoksida di dalamnya.

Di sana lah kita dapat melihat cahaya yang berasal dari glowworms.

Sumber:
https://www.goldenrama.com/goldenstories/detail/beda-dari-yang-lain-ini-indahnya-gua-waitomo-glowworm