Seperti apa daya tarik situs di mata search engine?

Tuntutan bagi pemilik situs adalah menampilkan web yang menarik di mata calon pengunjung. Lebih dari itu, situs web pun harus memiliki daya tarik yang menjadi magnet bagi spider dari search engine . Berikut adalah beberapa hal yang mempengaruhi penilaian search engine terhadap sebuah situs :

  • Konten dan tema utama situs web.
    Hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan metode SEO adalah:

    • Situs web harus memiliki isi yang aktual dan informatif.

    • Berhati-hati dalam penggunaan animasi flash pada halaman depan. Spider dari search engine tidak dapat mengenalinya. Karena spider hanya membaca teks yang terdapat pada halaman web dan tidak dapat melihat gambar flash dan aplikasi animasi lainnya.

    • Memiliki teks yang cukup pada seluruh halaman, sehingga dapat dengan mudah diindeks oleh search engine.

  • Jumlah keyword pada masing-masing halaman
    Search engine menggunakan algoritma matematis yang mengkalkulasi pentingnya suatu kata yang terdapat pada setiap halaman web. Jumlah keselu- ruhan kata-kata dibagi dengan frekuensi kemunculan keyword tersebut. Hal ini disebut keyword density dan keyword weight.

  • Penempatan keyword
    Kata-kata pada bagian tertentu pada situs web akan terlihat lebih penting dibandingkan dengan kata-kata yang lain. Hal ini disebut juga keyword prominence, yang antara lain mencakup title dan meta tag, tag heading, teks hyperlink, teks URL, dan kata-kata pada bagian atas (top) dari sebuah situs web.

  • Click popularity
    Terdapat dua faktor utama yang mempengaruhi click popularity dari suatu situs web, yaitu:

    • Situs web mana yang diklik oleh pengguna internet di antara beberapa situs web yang ditampilkan pada bagian hasil pencarian.

    • Seberapa banyak waktu yang digunakan oleh pencari informasi tersebut di situs-situs web yang telah di klik dan dikunjungi.

Logika di balik hal ini adalah bahwa jika pencari informasi mengklik suatu situs web tertentu berarti terdapat relevansi antara pencari informasi dan keyword yang digunakan pada situs web tersebut. Dengan demikian, click popularity untuk keyword tersebut akan meningkat begitu pula urutan posisinya pada search engine untuk keyword tersebut.

  • Link popularity
    Search engine akan menganggap suatu situs web yang memiliki banyak link yang masuk (incoming links) dan berasal dari situs web lain adalah situs web penting atau situs web dengan kualitas isi yang baik.

Tidak semua link bernilai sama. Link yang berasal dari sebuah situs web dengan peringkat yang tinggi pada search engine akan bernilai lebih besar untuk penghitungan posisi pemeringkatan situs web dibandingkan dengan link yang berasal dari situs web yang berperingkat lebih rendah.